Terbit: 12 April 2018 | Diperbarui: 21 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Anak Anda akan berolahraga? Kira-kira apa saja ya zat gizi yang perlu diperhatikan untuk anak saat akan menjalani kegiatan berolahraga?

Zat Gizi Untuk Anak Saat Akan Berolahraga

Fase pertumbuhan pada usia anak-anak merupakan fase yang penting untuk tumbuh kembangnya. Hal ini juga diiringi dengan keinginan anak untuk mengeksplorasi diri yang bisa ditunjukkan dengan mengikuti berbagai kegiatan olahraga.

Untuk itu Anda tentu harus membekali gizi anak dengan baik agar, kebutuhan gizi tumbuh kembang dan gizi saat olahraga anak sama-sama bisa terpenuhi.

Menurut dietitian dari Academy of Nutrition and Dietetics, Dayle Hayes, beberapa hal terkait gizi yang perlu diperhatikan sebelum anak berolahraga, adalah:

1. Energi yang cukup saat sarapan

Kebutuhan energi yang cukup untuk anak dipenuhi sejak saat awal hari. Hal ini tentu saja dilakukan dengan memberikan sarapan yang tinggi energi untuk anak, misalnya makanan berkarbohidrat seperti nasi atau roti. Lengkapi kebutuhan energi lainnya dari asupan protein melalui konsumsi susu atau telur saat sarapan.

2. Asupan protein dari bekal makanan

Siapkan bekal untuk dibawa anak saat berolahraga. Pilih makanan yang tinggi protein serta vitamin. Misalnya kotak bekal berisi olahan keju, selai kacang dan jus buah. Pilihan makanan yang praktis dan bergizi tentu akan mengganti energi anak yang telah digunakan setelah berolahraga.

3. Perhatikan asupan cairan

Minuman saat anak berolahraga tentu menjadi hal yang harus diperhatikan untuk menggantikan cairan tubuh dan elektrolit tubuh anak. Pastikan anak memenuhi kebutuhan cairan hariannya. Bawakan pula minuman tambahan saat anak akan berolahraga. Jika ingin mengonsumsi asupan cairan selain air putih, maka pastikan minuman tersebut rendah lemak.

Tiga zat gizi dan pengaturan makan anak saat akan berolahraga diatas sebaiknya dilakukan untuk mendukung aktivitas anak dan pemenuhan gizi yang cukup.

Sehingga anak akan menjadi aktif dan sehat, kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi