Terbit: 10 March 2018 | Diperbarui: 8 February 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Apa susu yang Anda berikan pada anak Anda jika ia mengalami alergi susu sapi? Penentuan jenis susu pengganti saat anak alergi harus dilakukan dengan tepat agar asupan zat gizi anak tetap terpenuhi. Apa saja jenis susu yang bisa dijadikan pengganti susu sapi?

Pilihan Jenis Susu untuk Anak yang Alergi Susu Sapi

Susu merupakan sumber protein untuk anak. Selain protein hewani dari susu sapi sumber protein bisa diganti dengan jenis protein yang non hewani. Seperti beberapa jenis protein hewani atau bentuk turunan protein lain.

Beberapa jenis susu pengganti untuk anak yang mengalami alergi susu sapi menurut British Dietitian Association adalah:

    1. Susu formula terhidrolasi (extensively hydrolysed formula)

Susu formula ini terbuat dari bentuk turunan protein. Protein dari susu sapi telah di pecah dan diubah menjadi jenis turunan protein yang tidak menyebabkan alergi. Ada dua jenis susu formula terhidrolasi yaitu yang berbahan dasar protein jenis casein dan protein jenis whey. Pada susu jenis ini beberapa diantaranya mengandung prebiotik yang bermanfaat untuk perkembangan bakteri baik di pencernaan anak.

    1. Susu formula berprotein (amino acid formula)

Susu jenis ini terbuat dari jenis protein yang mampu mencegah timbulnya reaksi alergi. Hal tersebut dilakukan dengan mencegah/melindungi penyerapan protein penyebab alergi di usus. Susu jenis ini kerap dipilih ketika anak tidak bisa menerima susu formula terhidrolasi dan menjadi susu yang bisa diterima oleh banyak anak.

    1. Susu formula soya

Susu soya atau kedelai sering kita dengar menjadi pilihan jika anak mengalami alergi susu sapi. Namun penting untuk diingat susu soya tidak direkomendasikan sebagai pilihan pertama bagi bayi dibawah usia 6 bulan.

Beberapa jenis susu diatas menjadi alternatif susu untuk anak yang mengalami alergi susu sapi. Susu kambing, susu domba atau susu dari hewan lain tidak direkomendasikan sebagai jenis susu pengganti, karena anak yang mengalami alergi pada protein hewani dari sapi umumnya akan memiliki reaksi alergi yang sama dengan protein hewani lain.

Jadi jika ingin mencoba memilih jenis susu untuk anak alergi susu sapi, pilih dari jenis susu diatas ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi