Terbit: 19 March 2018 | Diperbarui: 21 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Keamanan makanan ibu saat hamil tentu harus diperhatikan dengan benar. Salah satu yang menjadikan makanan menjadi aman untuk bumil adalah disajikan dengan suhu kematangan yang tepat. Meskipun dianggap mudah dilakukan, namun ternyata ada beberapa makanan yang kerap disajikan tidak matang sempurna yang harus ibu hamil waspadai.

Bumil Waspadai, Makanan Ini Berisiko Disajikan Mentah Namun Sering Tidak Disadari

Makanan yang tidak matang, utamanya dari bahan makanan protein hewani, berisiko mengandung bakteri salmonela. Berdasarkan data dari Organization of Teratology Information Specialists, dalam setiap kehamilan ibu memiliki risiko sebesar 3-5% melahirkan bayi dengan gangguan pertumbuhan. Adanya bakteri salmonela pada tubuh ibu meningkatkan risiko tersebut.

Maka dari itu ibu harus benar-benar memerhatikan bahwa asupan makannya benar-benar telah matang.

Beberapa makanan yang kerap disajikan dengan bahan yang tidak matang sering tidak disadari oleh ibu hamil. Untuk itu penting bagi ibu hamil memahami makanan apa saja yang kerap menggunakan bahan makanan yang tidak matang.

Menurut Departement of Primary Industrie New South Wales, beberapa makanan yang harus diperhatikan tingkat kematangannya oleh ibu hamil, adalah:

 

  • Daging sapi, unggas dan seafood

 

 

 

    1. Daging merah, ayam dan

seafood

    1. yang umumnya diolah setengah matang misalnya untuk campuran jajanan, barbekyu, atau olahan cumi mentah, sebaiknya tidak dikonsumsi karena berpotensi masih mengandung bakteri.

 

  • Keju

 

 

 

    1. Keju yang belum atau tidak terfrementasi sempurna, seperti

fetta

    1. ,

bocconcini

    1. atau

blue chesese

    1. , sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil. Keju yang disarankan adalah keju

hard chesse

    1. seperti

cheddar

    1. dengan penyimpanan yang tepat.

 

  • Telur

 

 

 

    1. Selalu konsumsi telur yang matang sempurna, bukan setengah matang. Waspadai pula penggunaan telur mentah dalam mayones atau olahan saus lain yang harus dihindari.

 

  • Sushi

 

 

 

    1. Beberapa bahan makanan pada sushi kerap disajikan mentah, misalnya ikan, telur ikan atau cumi atau ikan. Untuk itu ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi yang dijual di pasaran. Jika ingin mengonsumsi sushi, sebaiknya ibu membuat sendiri dan dari bahan yang benar-benar matang.

 

  • Sandwich

 

 

 

    1. Sama dengan sushi, beberapa bahan makanan yang ada pada

sandwich

    yang dijual di pasaran tidak terjamin penggunaan bahannya matang sempurna, misalnya daging atau telur yang setengah matang atau penggunaan telur mentah pada saus.

Ibu hamil tetap boleh mengonsumi bahan makanan yang disebutkan diatas. Akan tetapi, apapun jenis metode pemasakannya selalu pastikan bahwa makanannya telah matang sempurna ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi