Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 26 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Anak sedang mengalami susah buang air besar? Konstipasi memang sangat mengganggu. Namun pada anak-anak konstipasi harus mendapatkan perhatian khusus agar tidak memengaruhi proses tumbuh kembang anak.

Anak Sedang Susah Buang Air Besar? Ini Makanan Yang Harus Diperhatikan

Penyebab konstipasi pada anak umumnya beragam. Tidak hanya karena makanan, pengaruh psikologis anak juga dapat berpengaruh, misalnya anak sedang berada di tempat yang baru pertama kali didatanginya.

Untuk itu penting bagi kita mengetahui apa saja makanan yang harus diperhatikan saat anak mengalami konstipasi.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, beberapa hal terkait makanan yang harus kita perhatikan saat anak mengalami konstipasi adalah:

1. Makanan berserat

Pastikan anak mengonsumsi asupan serat yang cukup. Hal ini bisa diusahakan dengan memilih makanan tinggi serat dari semua golongan bahan makanan. Misalnya memilih makanan berkarbohidrat whole grain, memberikan asupan protein dari kacang-kacangan dan meningkatkan asupan sayur dan buah. Asupan serat yang cukup akan membuat sisa bahan makanan menjadi lebih lunak.

2. Pastikan asupan cairan tercukupi

Asupan cairan yang tercukupi akan melancarkan pembuangan sisa bahan makanan. Untuk itu pastikan asupan air minum anak tercukupi saat mengalami konstipasi. Selain itu, kebutuhan cairan anak yang terpenuhi akan mendukung tubuh anak terhidrasi dengan baik.

3. Memberikan makanan dan minuman dalam suhu hangat

Dietitian Susan Moores, menyebutkan bahwa makanan yang disajikan dalam suhu hangat, utamanya pada pagi hari, mampu menstimulasi pergerakan usus dengan lebih baik. Hal ini patut dicoba saat anak mengalami konstipasi. Memberikan air putih hangat atau sereal dengan susu hangat bisa dikonsumsi anak untuk mengatasi konstipasi.

Nah, itu dia makanan yang perlu diperhatikan saat anak mengalami konstipasi. Selain dari pengobatan medis, pilihan makanan yang tepat tentu akan membantu mengatasi konstipasi anak, kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi