Terbit: 7 March 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Memasuki musim penghujan umumnya udara akan menjadi lebih dingin, terutama di malam hari. Bagi para orang tua yang memiliki bayi, kondisi ini merupakan tantangan tersendiri, karena harus membuat si Kecil tetap hangat dan nyaman. Lantas, bagaimana cara membuat bayi tetap hangat di musim hujan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

10 Tips Menjaga Bayi Tetap Hangat di Musim Hujan

Cara Agar Badan Bayi Hangat di Musim Hujan

Menjaga tubuh bayi tetap hangat selama musim hujan adalah sesuatu yang penting dilakukan oleh orang tua. Berikut ini beberapa tips menjaga bayi tetap hangat di musim hujan yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Memakaikan baju berlapis

Ketika musim hujan tiba, cara menjaga agar tubuh bayi tetap hangat adalah dengan memberikan pakaian berlapis padanya. Hindari memberikan pakaian yang terlalu tebal karena akan membuatnya sulit bernapas. Anda bisa memakaikan dua hingga tiga lapis pakaian berbahan katun untuknya, terutama di malam hari.

2. Mengatur suhu kamar

Menjaga suhu ruangan tetap sejuk adalah sesuatu yang penting agar bayi tidak merasa kedinginan atau kepanasan. Suhu yang tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas dapat membuatnya nyaman, yang pada akhirnya membuat bayi tidak mudah rewel dan tidur dengan tenang. 

3. Memberikan sleeping bag untuk bayi

Cara membuat bayi hangat di musim hujan berikutnya adalah dengan memberikan pakaian one piece saat cuaca lebih dingin dari biasanya. Baju model one piece menutup tubuh bayi dengan lebih sempurna, sehingga ia akan tetap merasa hangat. Bila perlu, selimuti bayi dengan bahan selimut yang hangat agar tidurnya nyenyak.

4. Menggendong bayi dalam pelukan

Untuk bayi yang berusia di bawah 12 bulan, disarankan agar orang tua menggendongnya dalam pelukan. Saat digendong, bayi akan merasa lebih nyaman seperti saat berada di dalam kandungan. Si Kecil pun akan jauh lebih hangat dan lebih mudah tidur.

Namun, pastikan alat gendongan yang Anda gunakan tidak membuat bayi merasa sesak dan tidak nyaman. Bayi harus tetap bisa bernapas dengan normal dan bergerak dengan cukup leluasa.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Leher Bayi Merah serta Lecet

5. Jauhkan bayi dari jendela

Posisi ayunan atau tempat tidur bayi juga sangat penting untuk menjaganya tetap hangat selama musim hujan yang dingin. Pastikan ayunan bayi berada cukup jauh dari jendela atau ventilasi keluar masuknya udara. Selain itu, tutup rapat semua pintu dan jendela saat cuaca mulai dingin untuk menjaga agar tubuh bayi tidak ikut kedinginan.

6. Gunakan kasur yang empuk

Menjaga kehangatan tubuh bayi juga bisa dilakukan dengan memberikan lapisan kasur yang empuk dan ukurannya pas dengan ayunan atau tempat tidur bayi. Hindari kasur yang bahannya terlalu empuk atau lembut karena lebih rawan untuk dimasuki udara dari luar.

7. Tutupi kepala dan tangan bayi

Tahukah Anda bahwa bayi mudah kehilangan kehangatan melalui kepala dan tangannya? Oleh karena itu, salah satu cara menghangatkan bayi yang kedinginan saat musim hujan adalah dengan menutupi kedua tangannya dengan sarung tangan, serta menutupi kepala bayi dengan topi.

Pilih bahan yang ringan dan bisa menyerap keringat dengan baik. Selain itu, pastikan kaki si Kecil juga tertutup dengan  kaos kaki.

8. Hangatkan ayunan sebelum bayi ditidurkan

Jika Anda merasa cuaca lebih dingin dari biasanya, maka cara agar badan bayi hangat di musim hujan yang bisa dilakukan adalah menghangatkan ayunan sebelum menidurkan bayi. Hangatkan ayunan setidaknya 30 menit sebelum Anda meletakkan bayi ke dalam ayunan.

Namun, jangan lupa cek dulu suhu kasur bayi, jangan sampai kepanasan dan justru membuat si Kecil merasa tidak nyaman.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

9. Pasang penutup pada stroller

Buat Anda yang sedang mengajak bayi keluar rumah di saat cuaca dingin, pasang penutup stroller agar ia tetap hangat. Pilih penutup stroller yang bisa memberikan sirkulasi udara. Saat Anda sudah memasang penutup, ada baiknya untuk melepaskan satu lapisan baju bayi agar si Kecil tidak merasa kegerahan.  

10. Jaga kulit bayi tetap lembap

Cuaca yang dingin biasanya dibarengi dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Kondisi ini bisa membuat kulit bayi menjadi kering, mudah gatal, dan bersisik.

Saat memandikan bayi, gunakan air yang hangat lalu oleskan lotion khusus bayi untuk menjaga kulitnya agar tetap lembap. Jika bayi mengalami iritasi pada kulitnya, segera konsultasikan pada dokter anak.

Awasi Tanda-Tanda Bahaya pada Bayi di Musim Hujan

Meskipun Anda sudah melakukan semua cara membuat bayi tetap hangat di musim hujan, Anda tetap harus waspada pada tanda-tanda atau gejala yang ditunjukkan bayi. Misalnya, tubuhnya menggigil, muncul kemerahan pada kulitnya, atau menjadi pucat.

Gunakan kain lap yang sudah dicelup ke dalam air hangat untuk mengembalikan suhu normal pada bayi, lalu ganti pakaiannya dengan pakaian baru yang kering. 

Menjaga dan memastikan bayi tetap hangat saat musim hujan memang merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Oleh karena itu, para orang tua harus banyak belajar tentang tips menjaga bayi tetap hangat di musim hujan agar si Kecil tetap sehat dan nyaman.

 

  1. Anonim. 2022. 8 Tips to Keep Your Baby Warm on Cold Winter Nights. https://www.nwphysicians.com/8-tips-keep-baby-warm-cold-winter-nights/. (Diakses pada 3 Maret 2022).
  2. Pevzner, Holly dan Tina Donvito. 2020. Baby’s First Winter: How to Protect Newborns in Cold Weather. https://www.parents.com/baby/health/babys-first-winter-a-survival-guide/. (Diakses pada 3 Maret 2022).
  3. Raina, Kanksha. 2019. How to Keep Baby Warm in Winter – Tips and Tricks. https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-keep-baby-warm-in-winter-tips-and-tricks/. (Diakses pada 3 Maret 2022).
  4. Wisner, Wendy. 2021. How to Keep Your Baby Warm at Night. https://www.verywellfamily.com/how-to-keep-your-baby-warm-at-night-5090146. (Diakses pada 3 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi