Terbit: 5 March 2018 | Diperbarui: 8 February 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Semua orangtua pasti ingin anaknya mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Nah, salah satu zat penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang Si Kecil adalah kalsium.

Apa Pentingnya Kalsium bagi Tubuh Anak?

Segudang Manfaat Kalsium

Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang diperlukan oleh tubuh, baik bagi bayi maupun dewasa. Bagi bayi, kalsium bukan hanya berguna untuk pertumbuhan tulang namun juga diperlukan untuk menjaga fungsi jantung, saraf, dan organ tubuh lainnya agar dapat berfungsi dengan baik.

Photo Credit: Flickr/ Markus Reinhardt

 

Kebutuhan Kalsium pada Bayi 

Kebutuhan kalsium pada bayi berbeda-beda sesuai dengan usianya. Bayi berusia 0-5 bulan kebutuhan kalsium hariannya sebesar 400 mg. Sedangkan pada bayi berusia 6 bulan hingag 1 tahun kebutuhan kalsiumnya sebesar 600 mg per hari, dan bagi anak usia 1 tahun ke atas kebutuhan kalsiumnya sebesar 800 mg.

Bila Bayi Kurang Kalsium

Bayi dikatakan mengalami kurang kalsium atau hipokalsemia jika total kalsium di serum kurang dari 8mg/dL. Pada bayi prematur, hipokalsemia dapat terjadi bila kadar total kalsium kurang ari 7 mg/dL.

Sayangnya sulit untuk mendeteksi dini apakah bayi mengalami kekurangan kalsium atau tidak karena gejala kekurangan kalsium baru akan muncul ketika kadar kalsium yang terionisasi turun jauh dari angka normal.

Gejala Anak Kurang Kalsium

Beberapa gejala bayi kekurangan kalsium antara lain rewel, sering kedutan, kram otot, gemetar, tidak mau makan atau menyusui, lemas, hingga kejang. Untuk memastikannya, segera bawa ke dokter jika anak Anda mengalami gejala tersebut.

Cara Menangani Anak Kurang Kalsium

Penanganan pertama untuk bayi yang kurang kalsium antara lain Anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari untuk mendapat vitamin D alami. Menjemur bayi akan membantu meningkatkan kadar vitamin D di tubuhnya dan meningkatkan penyerapan kalsium.

Kemudian berikan ASI sebaik mungkin. ASI merupakan sumber makanan terbaik dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Jika bayi memiliki riwayat hipokalsemia asimtomatik bawaan, ibu mungkin memerlukan susu formula berbasis kalsium khusus. Namun selalu konsultasikan dengan dokter untuk pemberian suplemen tambahan kalsium ini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi