Terbit: 9 December 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Autis atau gangguan spektrum autisme (ASD) adalah gangguan yang mencakup masalah komunikasi dan perilaku. Meski begitu, tidak sedikit anak penderita autisme lebih pintar daripada anak pada umumnya. Kenapa anak dengan kondisi tersebut bisa lebih pintar? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Mengapa Anak dengan Autisme Umumnya Pintar? Ini Alasannya

Kepintaran dan Kaitannya dengan Anak Autis

Sebelum menjelaskan kenapa anak autis bisa lebih pintar, perlu dipahami bahwa autis dan kecerdasan adalah dua karakteristik yang terpisah. Anak bisa menjadi autis dengan tingkat kecerdasan apa pun. Tetapi jika anak berbakat dan autis, sepertinya keduanya terkait.

Berikut ini alasan mengapa anak autis cenderung pintar, di antaranya:

1. Berpikir Logis

Menurut penelitian, penderita autis merasa pemikiran logis itu adalah salah satu kekuatan. Hal inilah yang membuat seseorang dengan kondisi ini memiliki keterampilan logika dan pertimbangan yang lebih baik

Selain itu, kondisi ini membantu mengimbangi berkurangnya dorongan bisikin hati dan pengambilan keputusan secara spontan. Anak dengan autisme cenderung lebih logis dan kurang emosional dalam membuat keputusan.

2. Pemikiran dari Bawah ke Atas

Orang non autis cenderung menilai konsep sebelum detail, atau dikenal sebagai pendekatan top-down. Sedangkan orang autis mengambil pendekatan sebaliknya dengan pemikiran dari bawah ke atas dan menggunakan detail untuk membangun konsep.

Mungkin perlu waktu lebih lama untuk memfilter detail sensorik dengan pendekatan ini, tetapi kecil kemungkinan untuk melewatkan informasi penting.

3. Fokus yang Intens pada Topik

Anak dengan autisme biasanya selalu fokus pada hal-hal detail sehingga membuat ingatannya sangat kuat. Fokus pada anak autis membuat dirinya semakin peka terhadap apa yang tidak diperhatikan oleh sebagian besar orang. Efek baiknya, anak menjadi mahir terhadap segala sesuatu yang bersifat visual.

Baca Juga: 11 Ciri-Ciri Anak Autis yang Wajib Diketahui Orang Tua 

4. Daya Ingat yang Kuat

Sebagian besar anak autis mudah mengingat apa yang dilihatnya. Misalnya, pelajaran yang diterima dari gurunya akan tersimpan dengan baik dalam ingatannya. Suatu saat, memori tersebut dapat diceritakan dengan detail saat ditanya oleh guru, orang tua, atau lewat ujian.

5. Memiliki Konsentrasi yang Tinggi

Alasan lain mengapa anak autis pintar adalah karena memiliki konsentrasi dan fokus yang tinggi pada satu objek yang diperhatikannya. Hal ini karena anak autis tidak memiliki kemampuan dalam membagi konsentrasi.

Dengan fokus yang tinggi, anak dengan autisme biasanya akan begitu cepat dalam menguasai materi atau pelajaran.

6. Memiliki Imajinasi yang Luas

Karena memiliki imajinasi yang luas, kondisi ini bisa membuatnya menjadi kreatif dalam bidang tertentu. Misalnya, imajinasi yang luas bisa dituangkan dalam sebuah gambar atau lukisan.

Oleh karena itu, autisme tidak menghalangi dirinya untuk berimajinasi dan berkreativitas dalam bidang tertentu.

Baca Juga: 10 Jenis Terapi Anak Autis (Aman dan Efektif)

7. Mampu Memahami Pola dengan Baik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, anak autis bisa fokus dalam memperhatikan suatu objek yang menurutnya menarik. Berkat kemampuan ini, anak autis menjadi bisa memahami pola dengan sangat bagus.

Sebagai contoh, ketika melihat anak lain memainkan puzzle, ia akan cepat memahami dan dengan cepat mempraktikannya.

Nah, itulah berbagai hal yang menjelaskan kenapa anak autis pintar dibanding anak lainnya.

 

  1. Anonim. 2021. What Is Autism?. https://www.webmd.com/brain/autism/understanding-autism-basics. (Diakses pada 8 Desember 2022)
  2. Lovering, Nancy. 2022. Are Autistic People Better at Logical Thinking?. https://psychcentral.com/autism/why-people-with-autism-are-more-logical#autism-thinking-styles. (Diakses pada 8 Desember 2022)
  3. Lovering, Nancy. 2021. Autistic and Gifted: How to Support a Twice-Exceptional Child. https://psychcentral.com/autism/autistic-and-gifted-supporting-the-twice-exceptional-child. (Diakses pada 8 Desember 2022)
  4. HamilTon, Jon. 2012. What’s Different About The Brains Of People With Autism?. https://www.npr.org/sections/health-shots/2012/06/04/154175007/whats-different-about-the-brains-of-people-with-autism. (Diakses pada 8 Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi