Terbit: 29 September 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Manfaat vitamin C untuk anak berbagai macam, mulai dari meningkatkan kesehatan sel hingga sistem saraf. Simak penjelasan mengenai pentingnya memenuhi kebutuhan vitamin C bagi anak, selengkapnya di bawah ini.

6 Manfaat Vitamin C untuk Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Mengapa Vitamin C Penting bagi Anak?

Vitamin C membantu membentuk dan memperbaiki sel darah merah, tulang, dan jaringan. Dampak positifnya, vitamin yang larut dalam air ini akan membuat gusi dan pembuluh darah sehat, meminimalkan memar, membantu penyembuhan luka, hingga mencegah infeksi.

Berikut adalah berbagai manfaat vitamin C untuk anak, di antaranya:

1. Mencegah Rusaknya Sel-sel Tubuh

Sebagai antioksidan, vitamin C mengurangi radikal bebas yang terbentuk di dalam tubuh dan membantu mencegahnya merusak sel-sel tubuh yang sehat pada anak.

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada membran sel dan struktur lainnya, sedangkan antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas dengan membantu melawan efek yang ditimbulkannya.

2. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat vitamin C untuk anak berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah perannya dalam mendukung pertumbuhan tulang yang sehat. Selain tulang, vitamin ini juga membantu pertumbuhan gigi.

Oleh karena itu, pastikan anak mendapatkan asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup terutama selama periode emas pertumbuhan dan perkembangan anak.

Pada masa emas anak, pola perilaku, perkembangan kepribadian, ekspresi emosi, dan sikapnya akan terbentuk. Apabila kebutuhan nutrisi anak tidak dipenuhi, seorang anak dikhawatirkan mengalami tumbuh kembang yang kurang optimal.

Baca Juga: 13 Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C berperan penting dalam menjaga pembentukan kolagen serta mendukung kesehatan jaringan ikat. Selain itu, vitamin ini juga dipercaya membantu pembuluh darah, tulang rawan, dan otot. Bahkan, vitamin C juga dipercaya meningkatkan perbaikan jaringan ikat dan penyembuhan luka.

4. Mendukung Penyerapan Zat Besi

Vitamin C mendukung penyerapan zat besi makanan, nutrisi lain yang penting untuk mendukung kesehatan dan perkembangan anak.

5. Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Salah satu fungsi vitamin C yang paling terkenal adalah perannya dalam mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh yang sehat. Selain itu, vitamin ini juga dapat mengurangi batuk pilek dan meringankan keparahan gejala.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Sistem saraf memiliki peran penting karena membantu anak dalam berjalan, berbicara, menelan, dan belajar. Vitamin C  adalah salah satu zat yang berperan dalam menjaga kesehatan dan fungsi sistem saraf anak tetap sehat.

Vitamin ini berperan penting dalam membentuk neurotransmitter, yaitu senyawa kimia dalam sistem saraf yang bertugas menyampaikan pesan antara satu sel saraf ke sel saraf target.

Nah, itulah berbagai manfaat vitamin C untuk anak yang harus diketahui oleh orang tua.

Baca Juga: 19 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi (Tidak Kalah Dengan Jeruk)

Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Anak?

Kebutuhan setiap anak berbeda-beda tergantung usianya. Usia 1 hingga 3 tahun adalah 15 mg/hari, sedangkan usia 4 hingga 8 tahun adalah 25 mg/hari.

Seorang anak yang sangat pemilih makanan dan tidak banyak mengonsumsi buah atau sayur mungkin tidak mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Selain itu, seorang anak yang sering terpapar asap rokok membutuhkan lebih banyak vitamin C untuk memperbaiki kerusakan sel yang terjadi akibat menghirup asap rokok.

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang tidak disimpan di dalam tubuh, jadi penting bagi anak untuk mendapatkan asupan vitamin ini setiap hari. Jika Anda khawatir anak tidak mendapatkan cukup vitamin C, tanyakan pada dokter anak apakah Anda perlu meningkatkan asupannya.

 

  1. Anonim. 2020. The Benefits of Vitamin C: Why Your Child Needs It. https://health.clevelandclinic.org/the-benefits-of-vitamin-c-why-your-child-needs-it/. (Diakses pada 29 September 2021).
  2. Anonim. 2020. Vitamin C For Kids: The 6 Best Benefits. https://www.brauer.com.au/health-library/vitamin-c-the-6-best-benefits-for-kids/. (Diakses pada 29 September 2021).
  3. Montgomery, Nancy. 2019. Vitamin C in your child’s diet. https://www.babycenter.com/toddler/feeding/vitamin-c-in-your-childs-diet_10324695. (Diakses pada 29 September 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi