Terbit: 15 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Seiring dengan berkembangnya kesadaran akan gaya hidup sehat, semakin banyak orang yang ingin berubah untuk menerapkan pola makan sehat bahkan jika mungkin diterapkan sedini mungkin. Diet vegetarian adalah diet yang memiliki manfaat positif untuk kesehatan tubuh adalah diet vegetarian. Kira-kira apakah diet vegetarian bisa diterapkan untuk anak-anak?

Diet Vegetarian, Bolehkah Diterapkan Pada Anak-anak?

Diet vegetarian termasuk dalam salah satu diet, yang diteliti oleh Yale University of Public Health, yang terbukti membawa manfaat untuk mendukung kondisi kesehatan tubuh. Sehingga diet ini kini makin banyak diterapkan oleh banyak orang. Tidak hanya untuk dewasa namun juga anak-anak dimulai untuk membiasakan diri dengan diet vegetarian.

Menurut Academy Nutrition and Dietetic, diet vegetarian boleh-boleh saja diterapkan pada anak-anak. Bahkan diet ini sudah boleh diterapkan untuk anak diatas usia 8 bulan. Namun tentu dengan perhatian ekstra agar kebutuhan gizinya tetap terpenuhi.

Banyak orang yang beranggapan bahwa penerapan diet vegetarian dapat menganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Padahal diet vegetarian yang dilakukan dengan jumlah dan jenis yang tepat akan mendukung pembetukan komposisi tubuh anak dengan lebih baik dan tidak memengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.

Akan tetapi, penerapan diet vegetarian pada anak harus dilakukan dengan cermat agar semua kebutuhan gizinya terpenuhi. Beberapa jenis zat gizi yang menjadi perhatian dalam penerapan diet vegetarian adalah:

 

  • Protein

 

    • Protein merupakan zat pembangun pada tubuh sehingga asupannya pada anak-anak harus selalu terpenuhi. Meskipun tidak diperoleh dari bahan makanan hewani, protein dari bahan makanan nabati tetap mampu mendukung tumbuh kembang anak yang baik
  • Vitamin

 

    • Beberapa jenis vitamin yang perlu diperhatikan ekstra adalah vitamin D dan vitamin B12.
  • Mineral

 

    Mineral yang penting dalam diet vegetarian anak adalah kalsium, zat besi dan zink.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka kita harus melakukan pemilihan bahan makanan yang tepat. Zat gizi tersebut bisa diperoleh dari bahan makanan seperti kacang-kacangan, buah, sayur dan produk susu yang difortifikasi.

Penerapan diet vegetarian akan membuat anak terbiasa untuk menerapkan pola makan sehat sejak dini. Bagaimana apakah Anda tertarik menerapkan diet vegetarian untuk anak Anda?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi