Terbit: 25 August 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Cara mengatasi anak susah makan saat sakit penting diketahui oleh orang tua agar kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi. Simak penjelasan mengenai cara agar anak mau makan saat sakit, selengkapnya di bawah ini.

10 Cara Mengatasi Anak Susah Makan saat Sakit

Berbagai Cara Mengatasi Anak Susah Makan saat Sakit

Berurusan dengan anak yang pemilih makanan bisa membuat orang tua frustrasi, bahkan ketika anak tidak sedang sakit. Hal inilah yang membuat menyuapi anak saat sedang sakit menjadi tantangan tersendiri.

Meski begitu, orang tua tidak perlu khawatir menghadapi keadaan ini. Terdapat beragam cara mengatasi anak susah makan pada saat sakit yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Memahami Selera Makan Anak

Jika anak tidak lapar, jangan memaksakan memberinya makan atau camilan. Menyuapi anak dengan paksaan dapat membuat anak mengasosiasikan waktu makan dengan kecemasan dan frustrasi. Hal ini bisa membuatnya kurang sensitif terhadap isyarat lapar dan kenyangnya sendiri.

Sajikan porsi kecil untuk menghindari anak kekenyangan dan beri dia kesempatan untuk meminta lebih banyak secara mandiri.

2. Memiliki Rutinitas yang Tetap

Sajikan makanan dan camilan pada waktu yang hampir sama setiap hari. Jika anak Anda memilih untuk tidak makan, Anda bisa memberinya camilan bergizi untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Anda bisa memberikan susu atau jus di antara waktu makan dan camilan. Meski begitu, jika Anda membiarkan anak mengonsumsi susu, jus, atau camilan sepanjang hari, hal tersebut justru akan mengurangi nafsu makannya.

3. Jaga Anak untuk Tetap Tenang

Menyiapkan makanan lain untuk anak setelah dia menolak masakan yang ada di rumah dapat menyebabkannya menjadi pemilih makanan. Arahkan anak untuk tetap berada di ruang makan, bahkan jika dia tidak ikut makan seperti anggota keluarga yang lain.

Disarankan agar orang tua menawarkan makanan yang sama untuk seluruh keluarga dan tidak membuat hidangan yang berbeda khusus untuk anak.

4. Buatlah Menyenangkan

Cara mengatasi anak susah makan pada saat sakit ini sering kali dilewatkan, terutama karena rasa frustrasi yang lebih dulu menyerang orang tua.

Buatlah aktivitas makan menjadi sesuatu yang menyenangkan, Anda bisa menyajikan makanan atau minuman favoritnya. Seorang anak biasanya menyukai makanan-makanan yang memiliki warna cerah. Menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan bebas tekanan saat makan adalah kunci ketika berhadapan dengan anak pemilih makanan.

Pada beberapa kasus, anak-anak mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan untuk menghabiskan makanan. Namun, para ahli menyarankan agar waktu makan tidak lebih dari 30 menit.

5. Melibatkan Anak

Saat Anda berbelanja bahan untuk kebutuhan sehari-hari, mintalah anak untuk membantu Anda memilih buah, sayuran, dan makanan sehat lainnya. Jangan membeli apa pun yang anak enggan untuk memakannya.

Saat di rumah, biarkan anak membantu Anda mengumpulkan makanan dan camilan dengan memintanya menyelesaikan tugas-tugas aman yang sesuai dengan usia, seperti mencuci, mengaduk adonan, atau menata makanan di atas piring.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam persiapan makan lebih cenderung mengonsumsi sayuran dan kalori secara umum daripada mereka yang tidak.

6. Minimalkan Gangguan

Matikan televisi dan perangkat elektronik lainnya saat makan. Cara ini akan membantu anak fokus pada makan. Ingatlah bahwa iklan televisi mungkin juga mendorong anak untuk menginginkan makanan yang manis atau kurang bergizi.

Membuat anak menjadi sadar dan memperhatikan perasaan lapar dan kenyang dapat menyebabkan perubahan positif pada pemilih makanan.

Hal ini memungkinkan anak untuk menjadi lebih selaras dengan perasaan lapar dan kenyang. Hormati bahwa anak memiliki titik kenyang dan jangan mendorongnya untuk makan melewati titik tersebut.

7. Mengapresiasi Anak

Sering kali, orang tua menggoda anak untuk mencoba makanan baru dengan menjanjikan hadiah makanan penutup atau camilan. Namun, cara ini mungkin bukan langkah terbaik untuk meningkatkan nafsu makanan.

Menggunakan makanan dan minuman yang tidak sehat seperti es krim, kerupuk, atau soda sebagai hadiah dapat menyebabkan anak mengonsumsi kalori dalam jumlah berlebihan dan makan meski belum lapar.

Para ahli menyarankan menggunakan hadiah non-makanan untuk mengatasi anak susah makan. Misalnya dengan pujian verbal, pemberian stiker, pensil, atau mainan lainnya adalah contoh hadiah yang tidak terkait dengan makanan

8. Mulai dengan Porsi Kecil

Setiap orang tua ingin memberi makan anaknya dengan porsi yang tepat guna memastikan agar asupan kalori dan nutrisinya terpenuhi.

Memberi makan anak dengan porsi yang besar dapat membuatnya kewalahan dan menyebabkannya menolak makan hanya karena porsinya terlalu besar.

Saat mencoba makanan baru, mulailah dengan jumlah kecil dan sajikan sebelum makanan lain yang lebih disukai. Jika anak melakukannya dengan baik dengan porsi yang lebih kecil, perlahan-lahan tingkatkan jumlah makanan baru pada makanan berikutnya sampai ukuran porsi normal tercapai.

9. Menjadi Contoh yang Baik untuk Anak

Meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya, perilaku makan anak dipengaruhi oleh pilihan makanan orang tua. Anak-anak belajar tentang makanan dan preferensi makanan dengan mengamati perilaku makan orang lain.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa seorang anak lebih cenderung menerima makanan baru ketika orang lain di sekitarnya juga memakan makanan tersebut.

Cobalah untuk meningkatkan konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan menikmatinya saat makan dan sebagai camilan di depan anak Anda.

Menjadikan makan sehat sebagai rutinitas dalam rumah tangga dapat membantu anak mendapatkan kepercayaan diri untuk mencobanya juga.

10. Makan Bersama Teman

Mengajak anak makan bersama anak seusianya yang lebih suka bertualang dapat membantunya lebih termotivasi untuk mencoba makanan baru.

Penelitian menunjukkan bahwa anak lebih cenderung makan lebih banyak kalori dan mencoba lebih banyak makanan saat makan bersama anak lain. Cobalah menambahkan beberapa makanan baru bersama dengan makanan yang disukai anak.

Nah, itulah berbagai cara mengatasi anak susah makan pada saat sakit yang bisa Anda coba.

 

  1. Anonim. Children’s nutrition: 10 tips for picky eaters. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/childrens-health/art-20044948. (Diakses pada 25 Agustus 2021).
  2. Kubala, Jillian. 2018. 16 Helpful Tips for Picky Eaters. https://www.healthline.com/nutrition/tips-for-picky-eaters. (Diakses pada 25 Agustus 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi