Terbit: 17 February 2018 | Diperbarui: 22 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda mungkin sering bertanya-tanya, apakah anak Anda dapat tumbuh tinggi jika Anda dan pasangan bukanlah pasangan dengan tinggi badan yang ideal. Faktor keturunan memang merupakan hal yang memengaruhi tinggi badan anak, namun hal tersebut bukan satu-satunya faktor yang membuat anak Anda dapat tumbuh tinggi. Masih ada beberapa faktor lain yang tak kalah penting dalam kaitannya dengan tinggi badan anak.

Selain Keturunan, Hal Ini Juga Memengaruhi Tinggi Badan Anak

Anak tidur cukup atau tidak
Jangan sepelekan tidur siang pada anak. Tidur merupakan salah satu faktor pertumbuhan anak. Ketika anak kurang tidur, hal ini dapat menyebabkan ia kesulitan menambah tinggi badan. Jika anak sering tidur di atas jam 9 malam, maka sebaiknya Anda atur kembali jadwal tidurnya. Pada anak yang kurang tidur akan memiliki hormon pertumbuhan lebih sedikit daripada anak yang cukup tidur.

Nutrisi yang baik

Selain faktor keturunan, proses tumbuh kembang si kecil juga bergantung pada asupan nutrisi yang diberikan. Selama masa pertumbuhannya, anak harus mendapat gizi yang cukup dan banyak mengandung kalsium dan zat besi. Beberapa makanan yang disarankan untuk menambah tinggi badan adalah makanan yang kaya akan protein, vitamin D, vitamin K seperti lobak, telur, susu bayam dan brokoli.

Aktivitas fisik
Aktivitas fisik dan motorik juga dapat membantu pertumbuhan anak. Kegiatan ini perlu untuk pembentukan tulang dan otot yang berguna untuk pertumbuhan anak. Biarkan anak bermain dengan aktif di luar rumah dan ajak ia melakukan olahraga seperti bersepeda, sepak bola, lari, atau berenang. Selain menyehatkan, aktivitas ini juga menyenangkan.

Masalah kesehatan anak
Salah satu faktor yang menyebabkan pertumbuhan anak terhambat adalah kondisi kesehatan anak. Beberapa penyakit dapat membuat anak mengalami kesulitan menambah tinggi badan seperti dwarfisme atau bertubuh kerdil. Beberapa masalah kesehatan seperti gangguan ginjal, jantung, paru-paru dan tulang juga dapat memengaruhi tinggi badan anak.

Jika merasa anak Anda mengalami gangguan pada pertumubuhan tinggi badannya, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter anak.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi