Terbit: 11 March 2018 | Diperbarui: 31 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Anak Anda mengalami alergi susu sapi? Susu mengandung protein tinggi, vitamin dan mineral serta bentuk susu yang cair cenderung mudah dikonsumsi anak. Hal tersebut membuat susu selalu menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Kita tentu merasa khawatir jika anak tidak bisa mengonsumsi susu karena alergi.

Anak Mengalami Alergi Susu Sapi? Ini 3 Hal yang Penting Dilakukan

Susu sapi menjadi jenis yang paling sering menyebabkan anak mengalami alergi. Protein hewani pada susu sapi umumnya lebih sulit dicerna oleh tubuh anak. Maka dari itu saat anak mengalami alergi susu sapi, kita biasanya mengganti dengan jenis susu lain yang berbahan dasar protein nabati.

Penggantian jenis susu untuk anak tidak boleh dilakukan sembarangan karena bisa meningkatkan risiko anak mengalami masalah pencernaan, seperti diare. Hal ini tentu harus dicegah agar berat badan anak tidak turun. Maka dari itu sebelum mengganti jenis susu anak ada beberapa hal yang penting untuk kita perhatikan.

Menurut British Dietitian Association beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat akan mengganti susu sapi untuk anak yang mengalami alergi adalah:

    1. Mengusahakan pemberian ASI

Jika alergi susu sapi terjadi pada bayi dengan usia dibawah 6 bulan, maka kita sebaiknya mengusahakan pemberian ASI. Hormon dan pencernaan bayi dibawah 6 bulan masih belum sempurna terbentuk, hal ini yang menyebabkan anak alergi pada protein susu sapi. Namun protein yang ada pada ASI cocok untuk pencernaan bayi sehingga tidak menyebabkan alergi.

    1. Berkonsultasi pada tenaga kesehatan

Untuk memastikan apakah anak mengalami alergi atau tidak maka kita sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Penentuan kondisi alergi harus memerhatikan kondisi masing-masing anak dan melihat apakah gejala yang muncul benar diakibatkan oleh alergi atau kondisi yang lain.
Selain itu untuk penentuan jenis susu apa yang boleh dicoba juga sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter anak atau dietitian. Ada beberapa alternatif jenis susu yang bisa dicoba oleh anak yang alergi susu sapi. Umumya kita diminta mencoba satu per satu jenis susu agar mudah mengidentifikasi apakah susu tersebut dapat diterima dengan baik di tubuh anak.

    1. Memperhatikan penerimaan susu yang baru pada tubuh anak

Beberapa jenis susu yang dicoba untuk anak memiliki banyak perbedaan rasa dan bau dengan ASI atau susu sapi yang dikonsumsi anak sebelumnya. Maka dari itu anak juga perlu beradaptasi untuk menerima jenis susu. Kita sebaiknya tidak terburu-buru menganggap anak tidak mau atau tidak cocok pada susu alternatif. Hal yang penting kita perhatikan adalah efek pada kondisi kesehatan anak seperti timbulnya diare atau gangguan pencernaan lainnya.

Mengatasi masalah alergi susu pada anak memang tidak mudah, kita harus cermat dalam menentukan jenis dan penerimaan susu pada tubuh anak. Namun jika pengganti susu sudah didapatkan, tumbuh kembang akan semakin optimal kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi