Terbit: 20 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Hampir semua anak kecil menyukai makanan manis, mulai dari es krim, permen, hingga donat. Meski bisa membuat si Kecil bahagia, pemberian makanan tersebut secara berlebihan dapat membahayakan kesehatannya. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak suka makanan manis? Yuk, simak berbagai tips menghentikan kebiasaan tersebut di bawah ini.

Anak Ketagihan Konsumsi Makanan Manis? Ini 8 Cara Mengatasinya

Beragam Cara Mengatasi Anak Suka Makanan Manis

Asupan gula, baik gula pasir maupun gula buatan, dapat meningkatkan kadar gula darah anak, merusak gigi, kegemukan, dan hingga meningkatkan risiko diabetes. Nah, Jika anak terlanjur ketagihan makanan manis, segera atasi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Berikut ini tips mengatasi anak yang suka makan makanan manis, di antaranya:

1. Kurangi Porsinya Secara Perlahan 

Langsung menghilangkan kebiasaan konsumsi makanan manis pada anak tentu tidak mudah. Jika anak sering mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memberikan makanan manis dalam porsi lebih sedikit.

Dengan cara tersebut, anak cenderung akan menganggap dirinya telah mengonsumsi makanan manis seperti ukuran biasa tetapi sebenarnya porsi telah dibatasi.

2. Batasi Minuman Manis

Sebagian besar minuman manis seperti soda, jus buah, dan minuman olahraga mengandung gula yang tinggi, jadi sebaiknya Anda tidak menyediakannya di rumah.

Faktanya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa satu kaleng minuman bersoda umumnya mengandung 35 gram gula, angka tersebut melebihi asupan gula harian anak dan orang dewasa.

Oleh karena itu, batasi asupan minuman manis pada anak baik di rumah, sekolah, atau saat pesta. Sebagai gantinya berikan air mineral atau susu.

3. Minum Air Setelah Konsumsi Makanan Manis

Jika anak sudah mulai meminta makanan atau minuman manis, cobalah tawarkan air putih sebelum, di sela, dan setelah anak mengonsumsi makanan manis.

Cara tersebut akan lebih efektif menghentikan kebiasaan anak yang suka mengonsumsi makanan manis karena air putih bisa dengan cepat mengisi volume lambung. Hal tersebut akan membuat anak mengonsumsi makanan manis dengan porsi yang lebih kecil.

4. Mengalihkan Perhatiannya

Jika Anda ingin mengalihkan perhatian anak dari makanan atau minuman manis, sebaiknya kurangi paparan anak dari hal-hal tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengalihkan perhatian si Kecil, antara lain:

  • Menghindari rak permen, cokelat, atau produk manis lainnya ketika mengajak anak jajan atau berbelanja.
  • Kurangi tontonan yang banyak menunjukkan tokoh atau cerita yang membuat anak ingin konsumsi makanan manis. Secara tidak langsung cara ini bisa memengaruhi psikologis anak untuk menekan keinginan konsumsi asupan manis.

5. Jangan Beri Makanan Manis sebagai Hadiah

Sudah menjadi rahasia umum jika makanan manis; baik kue, roti, atau permen, dijadikan sebagai hadiah saat anak berhasil melakukan sesuatu.

Namun, hal tersebut justru membuat anak menganggap makanan manis adalah makanan yang bernilai lebih tinggi dari makanan lain. Jadi, hindari melakukan hal tersebut jika Anda tidak ingin anak semakin kecanduan makanan makanan manis.

Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan hadiah lain, misalnya alat tulis, buku, atau melakukan rekreasi di tempat yang memberikan banyak pengalaman baru.

Baca Juga: 11 Makanan Sehat untuk Anak (Bergizi Tinggi)

6. Tawarkan Buah Manis yang Menyehatkan

Jika anak sudah mulai mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis, Anda bisa menggantinya dengan menawarkan buah dengan cita rasa manis seperti pisang, semangka, mangga, pir, atau anggur.

7. Menjadwalkan Waktu Makan

Saat anak memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan manis, Anda sebagai orang tua harus memberi tahu dengan suara tenang, bahwa ada waktu dan kondisi tertentu untuk konsumsi makan tersebut.

Jika Anda sudah terlanjur memegang makanan manis, lepaskan dengan lembut dari tangannya sembari memberi tahu bahwa ia akan mendapatkannya di lain waktu.

8. Buat Makanan Manis Sendiri di Rumah

Sesekali orang tua perlu membuat camilan rumahan untuk mengontrol asupan gula pada anak yang suka konsumsi makanan manis. Cara ini dipercaya membuat anak lebih menghargai dan menjadi pemilih pada asupan manis yang ingin dikonsumsinya.

Baca Juga: Mengenal Seputar Sukralosa, Pemanis Buatan Pengganti Gula

9. Berikan Makanan Utuh pada Anak

Jika meja makan terbiasa dipenuhi dengan kue-kue dan permen, sudah pasti anak cenderung menginginkan makanan tersebut. Untuk itu, sebaiknya ganti dengan menyediakan makanan utuh yang enak dan menyehatkan.

Alih-alih camilan manis olahan, sediakan camilan makanan utuh yang bergizi seperti sayuran, buah, biji-bijian, yoghurt, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Nah, itulah berbagai cara jitu mengatasi anak yang sangat suka makan makan manis. Jika terasa sulit menerapkannya, ikuti langkah-langkah tersebut dengan sabar dan tekun. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat.

 

  1. Anonim. 2015. How To Handle Your Child And Sweets. https://thenourishedchild.com/child-developing-sweet-habit/. (Diakses pada 19 Oktober 2022)
  2. Anonim. 2011. 10 Strategies For Ending Kids’ Sugar Obsession. https://maryannjacobsen.com/managing-sweets-part-6-10-strategies-for-ending-kids-sugar-obsession/. (Diakses pada 19 Oktober 2022)
  3. Rosenbloom, Cara. 2021. How to stop your kid from obsessing over dessert. https://www.todaysparent.com/family/family-health/how-to-stop-your-kid-from-obsessing-over-dessert/. (Diakses pada 19 Oktober 2022)
  4. Vann, Madeline R. 2016. The 15 Most Common Health Concerns for Seniors. https://www.everydayhealth.com/news/most-common-health-concerns-seniors/. (Diakses pada 19 Oktober 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi