Terbit: 24 Mei 2018 | Diperbarui: 29 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Mom, pernahkah Anda mengamati bahwa di masa menyusui terkadang payudara menjadi besar sebelah? Hal ini merupakan salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh ibu menyusui, terutama bagi ibu baru. Normalkah hal tersebut?

Payudara Besar Sebelah karena Menyusui, Haruskah Khawatir?

Penyebab payudara ibu menyusui besar sebelah

Saat menyusui, ibu terkadang menghadapi beberapa masalah seperti puting tergigit, payudara bengkak, ASI tidak keluar, dan salah satunya adalah payudara yang besar sebelah. Namun menurut pakar laktasi, payudara besar sebelah saat menyusui adalah hal yang normal dan tidak berbahaya.

Penyebab payudara besar sebelah umumya adalah pola menyusui bayi yang cenderung lebih suka menyusu di salah satu payudara saja, bukan keduanya. Saat menyusui, jaringan penghail ASI di payudara akan terangsang dan bekerja lebih keras sehingga semakin sering ibu menyusui maka sel jaringan payudara akan semakin membesar. Sebaliknya, jika payudara jarang digunakan untuk menyusu maka payudara akan terlihat kecil.

Selain itu, ketika si kecil lebih suka menyusu pada satu payudara saja, maka produksi ASI pada payudara lainnya pun akan melambat. Hal ini juga dapat menyebabkan payudara berukuran lebih kecil.

Tips menyusui dengan payudara besar sebelah

Sebenarnya kondisi payudara besar sebelah sata menyusui bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Namun terkadang hal ini membuat ibu tidak percara diri. Selain itu, memang sebaiknya ibu menjaga produksi ASI antara kedua payudara agar seimbang meskipun umumnya salah satu payudara selalu lebih besar dari payudara lainnya.

Agar produksi ASI pda kedua payudara seimbang, cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyusui secara seimbang di payudara kanan dan kiri. Cara ini juga dapat mencegah terjadinya mastitis pada salah satu payudara yang menyebabkan nyeri.

Jika bayi hanya mau menyusu di salah satu payudara saja, maka sering-seringlah memompa atau memerah ASI di payudara yang lebih kecil. Hal ini bertujuan untuk tetap merangsang payudara dalam memproduksi ASI sehingga membantu menyamakan ukuran dengan payudara yang lain.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi