Terbit: 26 October 2021 | Diperbarui: 6 January 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kentang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, mulai dari pencegahan hingga mengatasi masalah yang terjadi selama kehamilan. Hal ini karena kandungan nutrisinya yang ditubuhkan untuk ibu hamil. Bunda, simak penjelasan selengkapnya mulai dari khasiat, efek samping, hingga cara memasak kentang berikut ini!

10 Manfaat Kentang untuk Ibu Hamil, Efek Samping, dan Tips Memasak

Manfaat Kentang untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi kentang dalam jumlah sedang menyehatkan selama kehamilan. Hal ini karena sumber energi utama untuk rahim adalah glukosa, yang terdapat dalam karbohidrat seperti kentang.

Menurut Asosiasi Nutrisi Swiss (SAN), makan sebanyak tiga hingga empat porsi karbohidrat per hari aman selama kehamilan. Karbohidrat ini termasuk kentang, nasi, roti, sereal, dan gandum utuh lainnya. Khusus untuk kentang, apa khasiatnya selama kehamilan?

Berikut ini sejumlah manfaat kentang untuk ibu hamil:

1. Mencegah cacat tabung saraf dan keguguran

Kentang mengandung berbagai nutrisi, salah satunya asam folat (vitamin B9) dengan jumlah yang tinggi. Asam folat dapat membantu perkembangan sistem saraf janin. Dengan demikian, folat menurunkan risiko cacat otak (seperti anencephaly) dan tulang belakang (spina bifida).

Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan folat pada tahap awal kehamilan bisa mencegah keguguran. Folat juga membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

2. Sumber energi

Kehamilan membutuhkan begitu banyak energi bagi ibu dan menambahkan kentang ke dalam menu makanannya dapat memberinya energi yang cukup untuk bertahan selama kehamilan.

Manfaat kentang untuk ibu hamil juga menjadi sumber glukosa, yang merupakan sumber energi utama bagi janin yang masih berkembang dalam kandungan.

3. Sumber mineral yang dibutuhkan ibu hamil

Kentang kaya akan beberapa mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, dan flavonoid. Mineral ini juga penting dalam membantu perkembangan janis dalam kandungan, sedangkan flavonoid dapat membantu dalam mengontrol tingkat tekanan darah ibu hamil.

4. Membuat ibu hamil kenyang lebih lama

Manfaat mengonsumsi kentang rebus dapat membantu menjaga ibu hamil tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Hal ini karena mencerna kentang mungkin membutuhkan waktu, sehingga memungkinkan ibu hamil merasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu, Bunda akan menghindari makan atau ngemil yang tidak perlu dan menjaga berat badan tetap terkendali.

5. Menurunkan gas dan keasaman

Makan kentang akan sangat membantu untuk ibu hamil yang sedang memiliki masalah pencernaan, seperti gas dan keasaman. Jika memasaknya dengan benar, makan kentang bisa membantu mengurangi gas dan keasaman lambung.

Manfaat kentang rebus yang ditumbuk sebanyak satu porsi untuk ibu hamil bisa membantu mengatasi masalah pencernaan tersebut.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kentang yang dipanggang adalah sumber vitamin C yang dapat membantu menyembuhkan luka dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin ini juga bisa meningkatkan kemampuan pencernaan untuk menyerap zat besi dari makanan lain.

7. Membantu perkembangan janin

Kentang adalah sumber vitamin (A dan C) dan beberapa mineral yang baik seperti zat besi, magnesium, kalium, dan kalsium. manfaat kentang rebus untuk ibu hamil diketahui dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

8. Mengobati mata bengkak

Mengonsumsi kentang bisa membantu menghilangkan kantung di bawah mata, yang biasa terjadi selama kehamilan. Menerapkan kentang mentah parut di mata selama 10 sampai 15 menit dapat memberikan efek pendinginan dan mengurangi pembengkakan.

9. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Tidak hanya bagian daging kentang yang memiliki manfaat untuk ibu hamil, ternyata kulitnya juga sama baiknya. Kulit kentang mengandung banyak potasium, yang berhubungan dengan penurunan stroke jantung dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Mengonsumsi satu porsi sedang kentang panggang dengan kulitnya dapat memberikan 926 mg potasium.

10. Mengatasi kolesterol jahat

Kentang mengandung serat larut dan vitamin C yang dapat membantu melawan kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa serat larut dapat mengikat asam empedu. Ini merupakan senyawa yang membantu pencernaan, dan terbuat dari kolesterol.

Mengikat asam dapat membantu menurunkan kolesterol. Tubuh harus menggunakan kolesterol yang dimilikinya untuk membuat lebih banyak asam empedu.

 

Efek Samping Kentang selama Kehamilan

Meskipun memiliki banyak manfaat kentang untuk ibu hamil, ternyata kentang memiliki beberapa potensi efek samping yang berisiko. Lebih jelasnya berikut ini beberapa efek sampingnya:

1. Menyebabkan masalah pencernaan

Kentang yang tampak hijau mengandung glycoalkaloids, alpha-solanine, dan alpha-chaconine. Beberapa senyawa ini dapat menyebabkan keracunan jika mengonsumsinya secara berlebihan dan menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah dan diare, yang memengaruhi perkembangan janin.

2. Risiko kelainan kongenital

Terlalu banyak makan kentang hijau juga dapat menyebabkan kelainan kongenital atau cacat lahir tertentu. Ini termasuk seperti spina bifida dan anencephaly—cacat lahir yang mengakibatkan bayi lahir tanpa sebagian otak dan tengkorak. Kentang tetap aman dan bermanfaat bagi ibu hamil bila dikonsumsi dalam porsi seimbang.

3. Memicu diabetes gestasional

Wanita yang makan kentang secara berlebihan berisiko lebih tinggi terkena diabetes gestasional dan diabetes tipe 2. Bayi yang lahir dari ibu penderita diabetes gestasional mungkin bobotnya lebih besar dari rata-rata bayi lain, kesulitan bernapas, tekanan darah rendah (hipotensi), dan risiko kematian setelah melahirkan.

Oleh karena itu, makan kentang dalam jumlah sedang bisa membantu menghindari beberapa efek samping ini. Penting juga bagaimana memilih dan memasak kentang yang benar.

 

Tips Memilih dan Memasak Kentang dengan Benar

Jika ibu hamil ingin mengonsumsi kentang, sebaiknya perlu berhati-hati ketika membeli kentang. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih kentang untuk menghindari efek buruk bagi ibu dan janin.

Berikut ini tips dan cara memilih kentang yang benar:

  • Tegas dan memiliki bentuk yang bagus.
  • Tidak tumbuh kecambah.
  • Bebas dari bercak atau noda.
  • Tidak terbelah.
  • Bebas dari bintik hitam atau hijau.
  • Mencucinya hingga bersih sebelum dimasak.

Kentang akan memberikan manfaat untuk ibu hamil jika mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan memasaknya dengan benar. berikut ini beberapa pilihan sehat cara memasak kentang:

  • Kentang panggang atau bakar.
  • Direbus.
  • Memasaknya dengan campuran sayuran atau daging.
  • Membuatnya menjadi sup.
  • Kentang kukus.
  • Kentang tumbuk. yang dicampur sayur atau rempah.

Itulah manfaat kentang rebus untuk ibu hamil sebagai sumber karbohdirat, vitamin, dan nutrisi. Konsumsi kombinasi makanan sehat selama kehamilan untuk medukung kesehatan kehamilan dan kondisi janin dalam kandungan hingga lahir.

 

  1. Anonim. 2018. Health: 5 Benefits Of Potatoes For Pregnant Women. https://www.mum-writes.com/2018/11/health-5-benefits-of-potatoes-for-pregnant-women/ (Diakses pada 26 Oktober 2021)
  2. Khan, Aliya. 2018. Eating Potatoes During Pregnancy – Is It Safe?. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-potato-during-pregnancy-is-it-safe/ (Diakses pada 26 Oktober 2021)
  3. Patwal, Swati. 2021. Potatoes During Pregnancy: Do They Trigger Gestational Diabetes?. https://www.momjunction.com/articles/safe-eat-potato-pregnancy_0086664/ (Diakses pada 26 Oktober 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi