Terbit: 23 Februari 2018 | Diperbarui: 31 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Masa menyusui adalah fase yang penting untuk ibu dan bayi. Kita tentu tahu bahwa pada masa ini ibu sedang melakukan proses pemulihan pasca melahirkan, sedangkan bayi berada pada masa awal pertumbuhan yang harus didukung oleh pemberian ASI atau Air Susu Ibu.

Ini Hormon yang Penting Selama Masa Menyusui

Pasca melahirkan tubuh ibu akan mengalami perubahan kondisi dan sistem sirkulasi pada tubuhnya. Kondisi ini disebabkan tubuh ibu mengalami adaptasi dan pemeliharaan kondisi pasca kelahiran, serta sedang dalam masa produksi ASI.

Produksi ASI oleh tubuh ibu tentu dipengaruhi banyak hal. Beberapa hal dasar yang sering memengaruhi produksi ASI adalah kondisi kesehatan, kondisi psikologis, serta asupan makan ibu pasca kehamilan. Kombinasi dari ketiga hal tersebut dapat memengaruhi hormon tubuh ibu selama menyusui.

Pada masa menyusui, tubuh ibu memproduksi dua hormon yang sangat vital dalam mendukung kesehatan ibu dan pemberian ASI pada bayi. Kedua hormon tersebut adalah hormon oksitoksin dan prolaktin.

Kedua hormon ini penting ibu dan bayi karena manfaatnya, yaitu:

    • Prolaktin

Prolaktin adalah hormon yang menstimulasi produksi ASI ibu. Selain itu prolaktin adalah hormon yang dapat menghambat ovulasi. Kondisi ini akan membuat ibu mampu memproduski ASI dengan baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Disamping itu adanya hormon oksitoksin dapat mencegah terjadinya kehamilan selama masa menyusui.

    • Oksitoksin

Hormon yang dapat menstimulasi keluarnya ASI adalah oksitoksin. Hormon ini juga akan meningkatkan kontraksi pada uterus ibu sehingga pengembalian ukuran uterus dapat terjadi lebih cepat.

Kedua hormon tersebut harus diproduksi tubuh ibu dengan sama baiknya untuk mendukung pemberian ASI yang berkualitas. Maka dari itu perlu diperhatikan kondisi-kondisi yang dapat memengaruhi hormon tersebut.

Selain menjaga kesehatan fisik dan psikologis ibu. Asupan makanan adalah hal yang penting diperhatikan.

Beberapa jenis bahan makanan harus dikonsumsi ibu karena kedua hormon tersebut dapat terstimulasi dengan baik apabila ada dukungan bahan baku, yaitu zat gizi, yang baik pula.

Maka dari itu ibu harus memerhatikan jumlah dan jenis asupan makanan selama menyusui agar hormon-hormon yang penting dapat tersedia dengan optimal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi