Terbit: 9 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bunda, pernahkah Anda mendengar bahwa anak sulung rata-rata lebih pintar dari adiknya? Meskipun terdengar tidak adil, namun ternyata ungkapan tersebut bukan sekedar bicara. Sebuah studi yang dilakukan di Inggris baru-baru ini menemukan fakta tersebut. Bagaimana bisa?

Benarkah Anak Sulung Lebih Pintar Ketimbang Adiknya?

Photo Credit: oddharmonic

Dilansir dari laman daily mail, para pakar ekonomi di University of Edinburgh menyimpulkan anak sulung memiliki nilai IQ yang lebih tinggi dibanding anak kedua dan seterusnya.

Hal ini disebabkan oleh perhatian dan dukungan orang tua yang lebih maksimal pada masa tumbuh kembang mereka. Banyak orang tua yang cenderung lebih santai pada saat kehamilan kedua, begitu juga dengan pola asuh pada si bungsu.

Saat anak pertama lahir, orang tua memiliki waktu lebih banyak untuk mendidik dan mengasuh anak dibandingkan ketika sudah lahir anak kedua dan adik-adiknya. Perbedaan pola didik inilah yang membuat anak sulung cenderung lebih pintar.

Menurut penelitian dari University of Edinburgh, perbedaan pola didik tersebut membuat anak pertama memiliki lebih banyak kosakata dan anak kedua cenderung pasif, tidak kreatif dan tidak begitu menyukai sastra dan literatur.

Sebuah studi lain dari Jerman menyebutkan bahwa kecerdasan anak pertama cenderung berkembang lebih cepat karena mereka bisa mendidik adik-adiknya. Orang tua cenderung melatih anak pertama untuk bisa merawat dan membantu orang tua untuk menemani adiknya bermain dan belajar. Tuntutan inilah yang membuat anak pertama menjadi lebih mudah berkembang dibanding adik-adiknya.

Namun sebagai orang tua, Anda tetap perlu memberi perhatian yang sama untuk semua anak-anak Anda. Berikan rangsangan, perhatian dan dukungan yang berimbang bagi perkembangan anak-anak. Anda harus ingat bahwa setiap anak memiliki minat dan karakter berbeda sehingga Anda mungkin perlu memberikan rangsangan yang berbeda dengan si sulung agar si bungsu dapat berkembang sama baiknya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi