Terbit: 11 April 2018 | Diperbarui: 19 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Jika kita cermati, kebanyakan kasus anak yang mengalami masalah obesitas atau kelebihan berat badan justru lebih mudah ditemui dari kalangan keluarga kurang mampu. Sebaliknya, anak-anak dari keluarga berkecukupan justru cenderung memiliki berat badan yang ideal. Banyak orang yang kebingungan dengan hal ini karena logikanya, anak-anak dari keluarga mampu seharusnya memiliki kesempatan untuk mendapatkan berbagai macam makanan dengan lebih mudah.

Mengapa Kasus Anak Kelebihan Berat Badan Lebih Sering Ditemui di Keluarga Kurang Mampu?

Dilansir dari IOL, hal ini ternyata berkaitan dengan semakin menjamurnya makanan cepat saji berharga murah dan kecenderungan manusia yang semakin malas untuk bergerak. Kondisi ini dimulai sejak Perang Dunia II berakhir.

Dalam penelitian yang dilakukan di University College London ini, 56 ribu anak yang terlahir di Inggris, Skotlandia, dan Wales pada tahun 1946, 1958, 1970, dan 2001 direkam kondisi kesehatannya terus-menerus, khususnya dalam hal tinggi dan berat badan. Para peneliti juga mengecek kondisi keuangan dari keluarga anak-anak tersebut.

Hasil dari penelitian ini adalah, anak-anak dari keluarga kurang mampu cenderung lebih pendek meskipun seiring dengan perkembangan jaman perbedaan tinggi badan ini semakin menurun. Namun, karena gaya hidup yang semakin tidak sehat, anak-anak dari keluarga kurang mampu ini cenderung semakin gemuk jika dibandingkan dengan anak dari keluarga berada.

Dr. David Bann yang memimpin penelitian ini menyebutkan bahwa anak-anak kini cenderung semakin sering mengonsumsi makanan kaya gula, makanan kaya lemak, dan makanan tidak sehat seperti junk food. Padahal, makanan-makanan ini kini harganya semakin murah, berbeda dengan makanan sehat yang justru cenderung memiliki harga yang lebih mahal.

Karena harganya yang murah, kebanyakan orang tua dari keluarga kurang mampu tentu akan lebih memilih makanan yang tidak sehat. Sayangnya, hal ini membuat anak-anaknya mengalami masalah kelebihan berat badan.

Kalau berat badan Sobat Sehat sudah termasuk ideal atau belum?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi