Terbit: 26 Mei 2018 | Diperbarui: 9 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Mom, anak-anak tentunya suka bermain di luar rumah kan? Bermain di luar rumah membuat anak mendapatkan sinar matahari yang baik untuk pertumbuhan tulang anak. Namun, sinar matahari juga bisa berbahaya bagi kesehatan kulit anak. Bagaimana tips melindungi anak dari bahaya sinar matahari?

Tips Melindungi Anak dari Bahaya Sinar Matahari

Bahaya sinar matahari bagi kulit anak

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami yang baik bagi pertumbuhan anak. Namun berjemur terlalu lama di bawah sinar matahari juga dapat membahayakan kulit anak.

Kulit anak relatif lebih tipis dan sensitif dibanding orang dewasa sehingga jika anak menghabiskan waktu beberapa jam di tengah terik matahari hal ini dapat menyebabkan kulit anak mudah terbakar. Selain itu anak yang terpapar sinar matahari dan mengalami luka bakar saat masa anak-anak dapat meningkatkan risiko melanoma saat dewasa.

Tips melindungi anak dari panas matahari

1. Hindari bermain di saat sinar matahari bersinar terik

Jika anak Anda ingin bermain di luar rumah, pastikan saat matahari tidak bersinar terlalu terik. Waktu yang aman adalah sebelum jam 10 pagi atau di atas jam 4 sore.

2. Pakaikan baju tertutup

Baju dan celana panjang dapat membantu melindungi anak dari sinar matahari. Pilih pakaian yang tidak tembus pandang agar sianr matahari tidak menembus pakaian ke kulit anak. Jika perlu, gunakan pakaian berlapis untuk memperkuat perlindungan sinar UV pada anak.

3. Gunakan topi dan kacamata

Selain menggunakan baju panjang, jangan kupa untuk melindungi anak menggunakan topi dan kacamata hitam. Kacamata hitam bukan sekedar aksesoris, namun juga penting untuk melindungi mata dari paparan sinat matahari. Sinar matahari juga dapat membahayakan kornea mata yang memicu katarak pada usia lanjut.

4. Oleskan tabir surya pada anak

Yang tidak kalah penting adalah mengoleskan tabir surya pada anak untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Gunakan tabir surya yang memiliki minimal SPF 15 serta mempunyai perlindungan UVA dan UVB setiap anak ingin keluar rumah. Jika anak cukup lama bermain di luar rumah, ulangi penggunaan tabir surya setiap 2 jam sekali.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi