Terbit: 4 Agustus 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara menambah nafsu makan anak dengan membuat kreasi menu makanan yang terlihat menarik, memberi variasi makanan, minuman sehat dan enak, serta mengajak anak untuk menyiapkan makanan bersama. Ketahui cara alami menambah nafsu makan anak dalam pembahasan ini.

13 Cara Menambah Nafsu Makan Anak dengan Efektif

Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Anak yang tidak mau makan memiliki risiko gizi buruk lebih tinggi karena tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Ini akan mengganggu tumbuh kembang anak secara fisik, mental, dan kognitif.
Pahami Cara mengatasi anak tidak mau makan agar tidak gizi buruk, berikut ini:

1. Berikan Variasi Makanan

Orang tua harus memberi variasi makanan yang enak, sehat, dan menarik bagi anak. Selain harus sehat, penampilan makanan juga harus menggugah selera makan anak. Silakan berkreasi untuk membuat menu baru yang sehat, enak, terlihat menarik, dan disukai anak.

2. Lengkapi Kebutuhan Nutrisi dan Gizi Seimbang

Anak harus mengonsumsi makanan bernutrisi dengan gizi seimbang, yaitu:

  • Karbohidrat. Karbohidrat akan diolah menjadi energi. Contoh makanan tinggi karbohidrat adalah kentang, nasi, pasta, jagung, tepung, singkong, dll.
  • Protein. Manfaat protein untuk pertumbuhan otot, tulang, rambut, dan kulit, membentuk antibodi, hormon, serta self dan saraf vital lainnya. Contoh sumber protein adalah daging, ikan, seafood, telur, kacang dan biji-bijian, serta produk susu.
  • Vitamin dan Mineral. Tubuh membutuhkan asupan vitamin dan mineral untuk mendukung kesehatan mulai dari menjaga sistem imun hingga mendukung kecerdasan otak. Dapatkan vitamin dan mineral lengkap dari sayur dan buah.

Cara menambah nafsu makan anak adalah dengan membuat menu makanan yang bernutrisi dengan rasa yang enak dan plating yang bagus. Orang tua dapat membuat makanan bentuk cetakan kartun, superhero, pemandangan, atau kreasi nasi bento Jepang yang menggugah selera anak untuk makan banyak dan lahap.

3. Berikan Minuman Sehat

Dilansir dari National Health Service (NHS), salah satu cara untuk mencegah gizi buruk saat tidak doyan makan adalah dengan mengonsumsi minuman yang mengandung banyak kalori, tetapi harus yang sehat. Anda bisa memberikan anak susu, infused water, teh buatan rumah, air kelapa, smoothie protein, atau jus buah dan sayur. Sementara itu, tetap pantau anak untuk konsumsi air putih yang cukup.

4. Berikan Camilan Sehat

Cara mengatasi anak yang susah makan dengan memberikannya camilan sehat. Contoh camilan sehat adalah yogurt, keju, salad buah, jus buah, pisang coklat, atau potongan buah lainnya. Anda juga dapat membuat camilan sehat sendiri dari bahan baku sayur atau buah. Namun, hanya berikan camilan bila Anak sudah makan besar.

Baca Juga: 12 Camilan Sehat untuk Anak yang Harus Diketahui Orang Tua

5. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman saat Makan

Kemudian, cara alami menambah nafsu makan anak adalah dengan menciptakan waktu makan yang menyenangkan. Anda dan anggota keluarga lainnya harus makan bersama sehingga nafsu makan anak bertambah. Tunjukan ekspresi bahwa makanan tersebut sangat lezat.

6. Jangan Memaksa Anak Terlalu Keras

Jangan memarahi anak atau menghukumnya bila dia tidak mau makan atau tidak menghabiskan makanan. Bujuk anak untuk makan sehat dengan pendekatan yang menyenangkan dan positif. Cara mengatasi anak susah makan harus penuh kesabaran dan kasih sayang.

7. Berikan Susu Anak

Susu adalah salah satu sumber nutrisi yang baik untuk anak. Susu mengandung berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi lengkap untuk mendukung pertumbuhan si Kecil. Selain itu, berikan vitamin atau suplemen bila perlu. Vitamin dapat menyempurnakan asupan nutrisi anak, bukan untuk menggantikan pola makan anak.

8. Puji Anak saat Sedang Makan

Salah satu cara mengatasi anak tidak mau makan adalah dengan memberi pujian atau hadiah saat anak berhasil makan dengan lahap. Misalnya anak mampu menyuap satu sendok penuh makanan sehat, nah orang tua harus memujinya.

Kondisi ini dapat membuat anak merasa hebat, senang, dan semakin nafsu makan. Orang tua juga harus memberi opini positif, contohnya, bila anak makan dengan lahap maka anak bisa menjadi sekuat pahlawan super kesukaannya.

9. Turuti Keinginan Anak

Jangan memarahi anak saat anak tidak doyan makan. Sebaliknya, coba turuti apa yang anak mau. Biarkan juga anak mencium, menjilat, mengaduk-aduk makanan, atau bermain dengan makanan sembari anak mencoba untuk belajar makan sendiri.

Bila anak sudah terlihat tidak tertarik dengan makanan, jauhkan makanan darinya. Coba tawarkan jenis makanan lain yang menarik dari segi warna, bentuk, atau rasanya. Selain itu, orang tua juga harus mengajarkan pemahaman yang baik tentang kenapa anak harus makan serta kenapa buah dan sayur itu bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan anak.

10. Ajak Anak Menyiapkan Makanan

Coba bunda sebutkan beberapa menu makanan sehat dan biarkan anak memilihnya sendiri. Orang tua juga bisa mengajak anak untuk menyiapkan makanan sembari memperkenalkan beraga jenis makanan sehat padanya. Ya, ajak anak bermain, berkreasi, serta sambil belajar untuk makan dengan sehat dan lahap.

Baca Juga: 11 Penyebab Anak Tidak Mau Makan yang Orang Tua Harus Waspadai

11. Jangan Berikan Anak Jajan Sebelum Makan Besar

Bila anak-anak sudah konsumsi jajanan atau camilan sebelum makan berat, maka anak cenderung tidak mau makan lagi. Orang tua mungkin harus memberi peraturan sebelum makan nasi atau makan utama, anak tidak boleh konsumsi kue atau camilan lainnya.

12. Beri Porsi Makan Kecil

Cara menambah nafsu makan anak usia 2 tahun adalah dengan memberinya porsi makan kecil namun lebih sering. Anak mungkin sering tidak menghabiskan makanannya karena porsinya terlalu besar, akhirnya juga makanan itu akan terbuang.

Daripada 3 porsi besar, mungkin anak lebih cocok untuk konsumsi 5-6 makanan porsi kecil sehari. Jadi anak selalu lahap dan bisa menghabiskan makanannya, serta kebutuhan nutrisinya juga terpenuhi.

13. Konsultasi pada Dokter

Bila anak tidak mau makan, konsumsi buah, minum susu, dan vitamin sama sekali dalam waktu lama, maka orang tua sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Terutama bila anak juga mengalami gejala sakit, lesu, rewel, pertumbuhan lambat, dan berat badan menurun. Anak tidak mau makan bisa terjadi karena kondisi medis yang mendasarinya.

Itulah pembahasan tentang cara menambah nafsu makan anak usia 2 tahun. Semoga informasi ini membantu orang tua untuk memberikan perawatan terbaik untuk si Kecil tersayang.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Fletcher, Jenna. 2019. What are the 6 essential nutrients?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326132. (Diakses pada 15 Juli 2021).
  2. Healthline Editorial Team. 2016. Poor Feeding in Infants. https://www.healthline.com/health/poor-feeding-in-infants. (Diakses pada 15 Juli 2021).
  3. Raising Child. 2020. Toddler not eating? Ideas and tips. https://raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/common-concerns/toddler-not-eating. (Diakses pada 15 Juli 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi