Terbit: 4 October 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Memiliki berat badan yang seimbang dengan tinggi badan bukan hanya penting untuk penampilan, tetapi juga kesehatan tubuh. Kelebihan berat badan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang mengancam jiwa. Ketahui tanda-tanda harus diet mulai hari ini pada pembahasan berikut.

10 Tanda Harus Diet Mulai Hari Ini, Jangan Ditunda!

Tanda Harus Diet Mulai Hari Ini

Pertambahan berat badan adalah sesuatu yang normal. Namun jika terus bertambah hingga berat badan menjadi berlebih, maka bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Saat itulah Anda harus mulai diet untuk mengembalikan berat badan normal sekaligus menjaga kesehatan. Ini dia beberapa tanda tanda harus diet:

1. Baju mulai sesak

Ketika baju-baju yang ada di dalam lemarimu mulai sesak, celana tidak bisa dikancingkan, dan lubang jam tangan mulai bergeser, maka itu adalah tanda kamu perlu menurunkan berat badan. Jangan terburu-buru membeli baru baju, tapi coba timbang berat badan terlebih dulu. Jika berat badanmu naik secara signifikan, sebaiknya mulai atur ulang pola makan saat itu juga.

2. Pergelangan kaki membengkak

Berat badan yang semakin bertambah juga menambah beban pada pembuluh darah di tubuhmu. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu, berakibat pada pembengkakan di telapak kaki. Apabila berat badan bertambah hingga menyebabkan obesitas, maka resiko varises dan penggumpalan darah juga semakin tinggi. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berkembang menjadi gagal jantung.

3. Napas tersengal-sengal

Saat berat badan bertambah, maka jumlah lemak di dalam tubuh juga ikut bertambah. Lemak yang bertumpuk di sekitar dada bisa menghalangi kelancaran pernapasan. Tumpukan lemak membuat diafragma tidak bisa bergerak dengan maksimal, akibatnya napas menjadi tersengal-sengal.

4. Kelelahan dan malas bergerak

Seiring bertambahnya berat badan, maka semakin sulit pula untuk menggerakkan tubuh. Bila Anda mulai merasa malas beraktivitas, sering merasa lemas dan lelah tanpa melakukan aktivitas yang berat, maka itulah tanda diet harus segera dilakukan.

Rasa malas ini mempengaruhi segala bentuk aktivitas mereka. Bukan hanya malas untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi juga malas menjalani gaya hidup sehat dan berdiet. Oleh karena itu, diet selalu menjadi tantangan yang besar bagi mereka yang mengalami kenaikan berat badan.

5. Depresi

Menurut beberapa penelitian, kenaikan berat badan turut meningkatkan risiko depresi. Sebaliknya, depresi juga menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan. Terutama bagi orang yang memiliki kelebihan berat badan, upaya diet yang gagal berulang kali bisa membuat mereka merasa depresi dan kemudian menyerah.

Untuk mencegah hal ini, hindari makan berlebihan ketika sedang sedih agar berat badan tidak semakin bertambah.

6. Tekanan darah dan kolesterol tinggi

Saat berat badan semakin naik, saat itu pula jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah dan mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh. Ini menjadi penyebab utama tekanan darah tinggi seseorang bisa meningkat. Hal ini tidak bisa dibiarkan, karena darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung.

Selain tekanan darah yang meningkat, kadar kolesterol dalam darah juga meningkat. Dalam kondisi ini, selain menurunkan berat badan yang harus diutamakan adalah asupan makanan dengan gizi yang berimbang dan olahraga rutin.

7. Menderita pra-diabetes atau diabetes tipe II

Kenaikan berat badan menjadi awal dari datangnya berbagai macam penyakit, termasuk pra-diabetes dan diabetes tipe II. Jika angka BMI tinggi selama beberapa tahun terakhir, ditambah dengan rasa haus berlebih dan sering buang air kecil, maka kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Jika didiagnosis positif menderita kedua penyakit tersebut, maka dokter akan menyarankan diet berimbang dan gaya hidup sehat, serta menurunkan berat badan.

8. Berat badan terus naik

Berat badan bertambah 1-2 kg adalah hal yang wajar dan normal. Tapi jika seseorang terus mengalami kenaikan berat badan dari tahun ke tahun, bisa jadi itu adalah tanda Anda harus diet. Pergi ke dokter dan konsultasikan kondisi tersebut untuk memastikan tidak ada penyakit yang menyertainya.

9. Mengorok di malam hari

Tanda harus diet lain yang sering tidak disadari adalah ketika mulai sering tidur mengorok. Orang yang mengalami kelebihan berat badan sering mengalami gangguan tidur karena kesulitan bernapas saat tidur. 

Inilah yang menyebabkan mereka sering mengorok karena kadar oksigen dalam darah yang sangat rendah hingga pada tingkat berbahaya. Akibatnya, keesokan harinya mereka akan terbangun dengan rasa lelah berlebihan.

10. Selalu merasa lapar

Menurut National Cancer Institute, Amerika Serikat, kelebihan lemak di tubuh dapat memproduksi hormon estrogen berlebih, yang sering dikaitkan dengan kanker payudara. Lemak juga bisa menyebabkan pertumbuhan tumor ganas di dalam tubuh. Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan orang-orang yang memiliki riwayat kanker di keluarganya untuk menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat.

 

  1. Bienkowski, Sandra. 2015. 10 Signs You May Actually Need To Lose Weight. https://gethealthyu.com/10-signs-you-may-actually-need-to-lose-weight/. (Diakses pada 3 Oktober 2021).
  2. Cuzzone, Kara dan Elizabeth Narins. 2020. 7 Signs You Might Need to Lose Weight. https://www.cosmopolitan.com/health-fitness/advice/a32110/signs-you-need-to-lose-weight/. (Diakses pada 3 Oktober 2021).
  3. Martin, Michael. 2021. Subtle Signs You’re Becoming Obese, Say Doctors. https://www.eatthis.com/news-subtle-signs-obesity-doctors/. (Diakses pada 3 Oktober 2021).
  4. Martin, Michael. 2021. Sure Signs You’re Becoming Obese, According to Science. https://www.eatthis.com/news-signs-becoming-obese-science/. (Diakses pada 3 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi