Terbit: 8 November 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Jika penis Anda terlalu sensitif, ada beberapa cara untuk mengatasi keluhan ini. Perawatannya bergantung pada penyebab yang mendasarinya, seperti infeksi. Untuk mendapatkan informasi lengkapnya, simak beberapa perawatannya berikut ini!

Penis Anda Terlalu Sensitif? Begini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Penis Sensitif

Sensitivitas terhadap penis adalah hal yang normal. Namun, mungkin juga penis terlalu sensitif terhadap rangsangan. Penis yang terlalu sensitif dapat mengganggu kehidupan seksual pria. Kondisi ini bahkan juga dapat berdampak pada aktivitas sehari-hari yang tidak terkait aktivitas seksual.

Sensitivitas penis dapat menyebabkan ejakulasi dini bagi sebagian pria. Sementara bagi orang lain, penis mungkin sangat sensitif sehingga segala jenis sentuhan atau kontak menyebabkan ketidaknyamanan. Ada beberapa langkah untuk mengatasi kondisi ini, mulai dari penggunaan obat-obatan hingga terapi.

Berikut ini cara mengatasi penis sensitif:

1. Perawatan topikal untuk mengurangi sensitivitas

Menggunakan salep, pelumas, atau semprotan topikal yang mengurangi sensitivitas biasanya bisa digunakan dengan aman pada penis. Pengobatan ini bisa membantu mengurangi risiko dan terjadinya ejakulasi dini.

Semprotan mati rasa dan produk lain biasanya mengandung obat anestesi (seperti lidokain). Obat-obatan ini memiliki efek mati rasa sementara pada kulit. Obat bekerja dengan memperlambat respons saraf sehingga pria dapat menunda ejakulasi. Anda bisa mendapatkan obat ini dengan atau tanpa resep dari dokter.

2. Antidepresan

Salah satu golongan obat antidepresan oral yang disebut selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI), juga dapat membantu mengurangi sensitivitas Mr P. Obat ini menghalangi efek serotonin pada ejakulasi.

Meski begitu, konsultasikan dengan dokter apakah SSRI dapat menjadi pilihan untuk Anda. Jika dianjurkan, pertimbangkan untuk memulai dengan dosis rendah. SSRI yang lebih kuat dapat menyebabkan disfungsi ereksi dan efek samping lainnya seiring waktu.

3. Terapi

Terapi perilaku kognitif (CBT) atau bentuk lain dari terapi bicara bisa membantu seseorang memahami situasinya dengan lebih jelas.

CBT dapat membantu pria mengatasi gangguan mental seputar seks atau bahkan mengembangkan pola untuk mengontrol efek hipersensitivitas Mr P. Dengan begitu, terapi ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi penis sensitif.

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Penis Bengkok yang Harus Pria Tahu

4. Mendiskusikan sensitivitas penis dengan pasangan

Jika sensitivitas penis atau ejakulasi dini dapat memengaruhi keintiman Anda dengan pasangan, penting untuk membicarakan hal ini dengan pasangan. Sampaikan dengan percaya diri dan langsung, serta tekankan bahwa kondisi ini adalah masalah kesehatan dan bukan masalah pribadi.

Ada cara mengurangi sensitivitas Mr. P bersama-sama. Misalnya, mungkin melakukan pendekatan foreplay secara berbeda atau menemukan cara lain agar menjadi intim.

5. Periksakan ke dokter urologi

Konsultasikan dengan dokter atau ahli urologi jika sensitivitas penis telah mengganggu kehidupan sehari-hari atau berdampak pada aktivitas seksual. Ahli urologi adalah dokter spesialis yang menangani kesehatan saluran kemih dan sistem reproduksi pria.

Jika Anda secara teratur mengalami ejakulasi dini, konsultasikan dengan dokter. Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan atau terapi jika ejakulasi dini hanya terjadi sesekali dan kehidupan seks biasanya memuaskan bagi Anda dan pasangan.

Ketika berkonsultasi dengan dokter, ajukan pertanyaan dan diskusikan gejalanya secara terbuka. Menjelaskan semua gejalanya bisa membantu dokter membuat rencana perawatan yang disesuaikan dengan kondisi.

6. Konsultasi dengan seksolog

Selain dokter urologi, cara mengatasi penis sensitif bisa melalui terapis seks berlisensi. Terapis seks berlisensi terkadang disebut seksolog. Terapis seks bisa membantu pasien memahami dan mengelola gangguan terkait seks. Seksolog juga dapat membantu menemukan cara untuk mengelola gejalanya.

Baca Juga: 4 Kondisi yang Menyebabkan Penis Alami Hipersensitif

Apakah Sunat Bisa Mengurangi Sensitivitas Penis?

Ada banyak pertanyaan tentang apakah ada perbedaan sensitivitas antara penis yang disunat dan tidak disunat. Sebuah penelitian di tahun 2016 menunjukkan bahwa sunat tidak dapat mengurangi sensitivitas penis.

Jika pria tidak disunat dan sering kali mengalami penis terlalu sensitif, mungkin dapat berkonsultasi dengan dokter tentang sunat. Jika sensitivitas disebabkan oleh kulup, sunat mungkin dapat membantu mencegah sensitivitas di kemudian hari.

Namun, prosedur sunat dapat menyebabkan rasa sakit pada anak yang lebih besar dan pria dewasa. Oleh karena itu, konsultasikan semua risiko dan manfaat sunat dengan dokter sebelum melanjutkan prosedur ini.

 

  1. Fisher, Keith. 2019. What Causes Penis Sensitivity?. https://www.healthline.com/health/mens-health/sensitive-penis (Diakses pada 9 November 2021)
  2. Johnson, Jon. 2021. What to know about penis sensitivity. https://www.medicalnewstoday.com/articles/sensitive-penis (Diakses pada 9 November 2021)
  3. Richa, Chimene. Tanpa Tahun. How to increase penis sensitivity: steps you can take. https://www.getroman.com/health-guide/how-to-increase-penis-sensitivity/ (Diakses pada 9 November 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi