Terbit: 12 November 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Cupang atau gigitan cinta adalah jenis ciuman yang intens saat berhubungan seks. Hal ini tak jarang meninggalkan bekas kemerahan di leher pasangan. Jangan khawatir, terdapat beberapa cara menghilangkan bekas cupang yang akan dijelaskan di bawah ini!

Boleh Dicoba, Ini 6 Cara Menghilangkan Bekas Cupang di Leher

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Cupang

Cupang atau kissmark muncul ketika pembuluh darah kecil di bawah kulit Anda rusak. Bekasnya akan meninggalkan memar yang terlihat dengan mata telanjang.

Bekas cupang bisa muncul di mana saja, tetapi paling sering di bagian leher dan payudara. Biasanya ‘luka bekas ciuman’ ini akan terlihat dalam dua hari sampai dua minggu.

Selama rentang waktu tersebut, Anda mungkin bisa melakukan berbagai cara untuk menutupinya. Ada yang menyamarkannya dengan concealer hingga mengenakan pakaian model turtleneck. Namun, itu hanya menutupinya dari luar. 

Nah, jika ingin menghilangkan bekas cupang sepenuhnya, ada beberapa cara menghilangkan bekas cupang yang patut Anda coba, berikut di antaranya:

1. Kompres Dingin di Bagian Kulit yang Memar

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat bekas cupang menghilang adalah dengan mengompres dingin bagian tersebut.

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan pada memar. Pasalnya, suhu dingin ini akan memperlambat aliran darah dari pembuluh darah ke kulit.

Anda bisa menggunakan es batu untuk mengompres bagian yang memar. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Balut es dengan kain atau handuk bersih.
  • Tempelkan pada bekas cupang selama kurang lebih 10 menit.
  • Lakukan selama beberapa hari, terutama dalam dua hari saat bekas cupang pertama kali muncul.

Selain menggunakan es batu, Anda juga bisa memakai kain yang sudah dibasahi air dingin sebelumnya. Caranya kurang lebih sama dengan penggunaan es batu di atas.

Lebih mudahnya lagi, Anda bisa menempelkan sendok ke bagian memar. Untuk hasil yang maksimal, masukkan terlebih dahulu sendok ke dalam lemari pendingin.

Baca Juga13 Cara Menghilangkan Memar (Mudah dan Cepat)

2. Lanjutkan dengan Kompres Hangat

Kompres hangat bisa Anda lakukan sebagai tindakan lanjutan dari kompres dingin. Jadi, setelah kurang lebih dua hari mengompres dingin pada bekas cupang, Anda bisa melanjutkannya dengan tindakan ini.

Kompres hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di area yang memar. Dengan begitu, bekas cupang akan memudar lebih cepat.

Cara menghilangkan bekas cupang yang satu ini cukup mudah. Anda tinggal mengompres bagian memar menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat sebelumnya. Kompres selama 10 menit dan lakukan sampai beberapa kali sehari.

3. Pijat Lembut Bagian Kulit yang Memar

Pijatan diketahui dapat membantu menghilangkan rasa sakit sekaligus merangsang aliran darah pada bagian yang memar.

Berikanlah pijatan lembut pada bekas cupang selama beberapa menit setiap harinya. Ingatlah untuk tidak memijat terlalu keras karena dapat memperburuk kondisi yang sudah ada.

Agar lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan minyak esensial peppermint untuk membantu memperlancar aliran darah pada bagian kulit yang memar.

Jangan lupa untuk menambahkan sebanyak 12 tetes carrier oil pada setiap 1-2 tetes minyak esensial peppermint.

Untuk menghindari risiko alergi, lakukan tes terlebih dahulu pada kulit tangan. Caranya dengan mengoleskan sedikit minyak esensial ke bagian lengan bawah. Bila tidak mengalami reaksi apa pun dalam waktu 14 jam, Anda bisa menggunakannya.

4. Manfaatkan Kulit Pisang

Cara menghilangkan bekas cupang menggunakan kulit pisang dinilai efektif. Pasalnya, bagian dalam kulit pisang ini kaya akan berbagai vitamin dan nutrisi yang memiliki kemampuan untuk mengurangi memar.

Caranya cukup mudah, gosokkan bagian dalam kulit pisang matang pada bagian memar selama 30 menit. Lakukan dua sampai tiga kali dalam sehari sampai bekas cupang memudar.

5. Oleskan Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya dikenal baik untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri pada kulit. Manfaat ini hadir berkat berbagai kandungan dari tanaman yang memiliki sifat antiinflamasi.

Perlu diketahui, aloe vera mengandung vitamin, mineral, dan enzim yang dapat membantu menenangkan dan melembapkan kulit.

Karena alasan ini, aloe vera bisa digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan memar bekas cupang.

Cara ini sangat mudah dilakukan, Anda cukup mengoleskan gel atau krim aloe vera pada memar tipis-tipis. Lakukanlah dua kali sehari.

Baca JugaJangan Panik, Ini 6 Cara Mengobati Luka Akibat Tersiram Air Panas

6. Gunakan Obat Topikal

Mengutip Health Cleveland Clinic, krim atau gel tertentu bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Obat topikal tersebut, antara lain:

  • Arnica: Gel dengan kandungan ini dapat dioleskan ke kulit untuk mempercepat penyembuhan memar karena cupang.
  • Vitamin K: Obat oles vitamin ini terbukti dapat mempercepat penyembuhan kulit dan mengobati memar lebih cepat.
  • Vitamin C: Gel atau krim yang mengandung vitamin C dapat mengurangi memar.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bekas cupang yang bisa Anda coba. Sebagai catatan, memar tidak akan menghilang dalam semalam dan keefektifan metode di atas berbeda-beda pada setiap orang.

 

  1. Anonim. 2021. How to Get Rid of a Hickey. https://health.clevelandclinic.org/how-to-get-rid-of-a-hickey/. (Diakses pada 11 November 2022).
  2. Anonim. Arnica – Uses, Side Effects, and More. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-721/arnica. (Diakses pada 11 November 2022).
  3. Anonim. 2022. How to Get Rid of Bruises. https://www.webmd.com/first-aid/helping-bruise-heal. (Diakses pada 11 November 2022).
  4. Scaccia, Annamarya. 2017. How to Get Rid of a Hickey: 10 Tips and Tricks. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-a-hickey. (Diakses pada 11 November 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi