Terbit: 27 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Beberapa pria meyakini kalau aktivitas onani atau masturbasi bisa menambah tinggi badan mereka. Aktivitas merangsang alat kelamin dengan pijatan atau sentuhan ini diyakini membuat postur tubuh pria jadi jangkung dan ideal.

Benarkah Sering Onani Bisa Membuat Tinggi Badan Bertambah?

Benarkah sering onani bisa membuat tinggi badan pria jadi bertambah? Jawabannya adalah tidak. Onani membuat tinggi badan bertambah adalah mitos.

Onani berisiko pada pria
Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, onani yang sering dilakukan oleh pria justru sangat berisiko. Kalau aktivitas ini dilakukan terus-menerus pria akan kerap mengalami kelelahan dan susah berkonsentrasi dalam pekerjaannya.

Selain itu, kalau onani dilakukan dengan cara yang salah atau kasar, ejakulasi dini, gangguan ereksi, luka pada penis, hingga kebocoran katup air manis bisa saja terjadi. Terakhir, onani terlalu sering juga menyebabkan gangguan psikis.

Hal yang mempengaruhi tinggi badan:

1. Asupan nutrisi
Pada masa pertumbuhan, tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup yang didapat dari makanan atau suplemen. Kalau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak bisa dipenuhi, organ yang memengaruhi tinggi badan seperti tulang tidak akan bisa tumbuh dengan maksimal.

2. Genetik
Selain makanan dan suplemen, genetik juga menjadi faktor terbesar yang menyebabkan seseorang bisa tinggi badannya atau tidak. Kalau gen tinggi ayah, ibu, atau keduanya dominan, kemungkinan anak laki-laki berbadan tinggi juga besar.

3. Hormon
Tubuh manusia menghasilkan hormon pertumbuhan atau growth hormone. Hormon ini diproduksi untuk menunjang pertumbuhan otot, organ tubuh, dan tulang. Agar kadar hormon pertumbuhan ini meningkat, seorang pria disarankan untuk tidur cukup dan berkualitas pada malam hari.

4. Olahraga
Olahraga juga membantu pertumbuhan tinggi badan pada pria. Agar tinggi badan bisa bertambah, pria disarankan untuk aktif berenang, lompat tapi, dan basket. Olahraga akan membuat tulang terangsang untuk terus tumbuh maksimal hingga batas-batas tertentu, misal umur dari pria atau genetik yang dimiliki.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi