Terbit: 12 September 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Jade roller atau face roller telah digunakan sejak abad ke-7 sebagai perawatan kulit di Cina. Alat ini kini semakin populer karena dianggap mendatangkan sejumlah manfaat untuk wajah. Apa saja manfaat dan bagaimana aturan menggunakan alat ini? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Manfaat Jade Roller untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Apa itu Jade Roller?

Jade roller adalah alat yang memiliki gagang panjang dengan ujung yang terbuat dari batu giok atau jade.

Batu tersebut ditempatkan sebagai roda penggilas, sedangkan gagang panjang berfungsi untuk membantu pengguna menggenggam roller.

Selain giok, face roller sebenarnya juga dapat berasal berbagai jenis batu, seperti:

  • Rose quartz.
  • Amethyst.
  • Obsidian.
  • Metal.

Menilik Berbagai Manfaat Jade Roller

Fungsi jade roller yang sudah terbukti secara ilmiah cukup beragam. Berikut ini adalah sejumlah potensi manfaat tersebut:

1. Melancarkan Peredaran Darah di Wajah

Face roller dianggap dapat membantu merangsang aliran darah pada wajah. Dengan begitu, kulit wajah Anda akan tampak lebih cerah.

Selain itu, mengutip InStyle, peningkatan sirkulasi pada wajah dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Baca JugaHollywood Peel Laser, Perawatan Kulit yang Bikin Wajah Cepat Glowing

2. Mengurangi Pembengkakan pada Wajah

Cara kerja jade roller adalah dengan merangsang drainase limfatik. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan, seperti mata panda atau kantung mata.

Menurut sejumlah penelitian, pijatan yang diberikan oleh alat face roller dapat membantu menurunkan pembengkakan.

Namun demikian, penelitian lain masih perlu dilakukan guna mengetahui hubungan antara face roller dengan pembengkakan pada wajah.

3. Membantu Meningkatkan Mood

Tidak hanya untuk kesehatan wajah secara khusus, manfaat jade roller juga berkaitan dengan mood atau suasana hati. Pijatan wajah dapat membantu Anda berelaksasi sehingga dapat mengurangi stres.

Penelitian tahun 2008 melaporkan bahwa pijatan yang diberikan pada wajah dapat membantu mengurangi gangguan kecemasan pada sebagian orang.

4. Menenangkan Kulit Wajah

Jade roller yang disimpan di dalam lemari es sebelum digunakan akan membantu memberikan sensasi dingin di kulit.

Manfaat face roller yang satu ini mungkin tidak terlalu berdampak apa-apa terhadap kulit. Namun, beberapa orang dapat menikmati sensasi dingin yang diberikan.

5. Merawat Kekencangan Kulit

Pijatan yang diberikan oleh jade roller dapat membantu merawat kekencangan kulit wajah. Sirkulasi darah yang lancar pada bagian wajah dapat membantu menghilangkan garis halus dan kerutan.

Menurut penelitian tahun 2017, pijat wajah dapat memberikan efek anti-penuaan, terutama jika dikombinasikan dengan krim yang mengklaim dapat memberikan efek serupa.

Namun, penelitian tersebut tidak berkaitan dengan roller wajah. Oleh karena itu, manfaat roller untuk mengurangi tanda-tanda penuaan di kulit wajah masih diperlukan.

6. Membantu Menyerap Skincare dengan Baik

Jade roller biasanya digunakan menggunakan face oil atau pelembap agar dapat “meluncur” di atas permukaan kulit wajah secara lebih baik.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat ini ketika telah menggunakan skincare sebelumnya, misalnya serum atau sheet mask.

Nah, pijatan selama menggunakan jade roller dapat membantu kandungan-kandungan di dalam produk skincare terserap lebih baik. Dengan begitu, hasil yang diberikan produk perawatan tersebut akan lebih maksimal.

Baca JugaManfaat Sleeping Mask untuk Kulit Wajah dan Cara Memakainya

Cara Menggunakan Jade Roller

Agar memberikan manfaat yang diharapkan, ikuti beberapa cara pakai jade roller berikut ini:

  • Bersihkan wajah. Cuci muka dengan sabun dan air bersih berguna untuk membantu jade roller bekerja lebih efektif.
  • Gunakan skincare, seperti serum, facial oil, dan pelembap.
  • Gunakan jade roller dari arah leher, lalu gulirkan ke atas menuju dagu.
  • Agar hasilnya maksimal, pastikan Anda mengarahkan face roller ke arah atas, bukan gerakan bolak-balik.
  • Arahkan roller mengikuti garis rahang menuju ke dua sisi telinga.
  • Pada area dahi, gerakkan alat mengikuti arah garis rambut.

Lantas, berapa lama jade roller sebaiknya digunakan? Menurut studi tahun 2018, alat ini dapat digunakan selama 5 menit. Durasi ini cukup untuk membantu meningkatkan aliran darah ke pipi.

Demikian penjelasan seputar jade roller. Alat ini bisa mendatangkan berbagai potensi di atas apabila digunakan dengan benar.

Tertarik mencoba face roller, tetapi masih ragu dapat mengiritasi kulit? Konsultasikan kepada dokter kulit sebelum menggunakanny. Selain itu, hentikan penggunaan jika Anda merasa sakit. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2021. Face Rolling: How To Do It and Its Many Benefits. https://health.clevelandclinic.org/face-roller-benefits/. (Diakses pada 12 September 2022).
  2. Aremu, Bukky. 2021. The Benefits of a Face Roller. https://www.healthline.com/health/face-roller-benefits. (Diakses pada 12 September 2022).
  3. Lukas, Erin. 2022. What Do Jade Rollers Do for Your Skin, Anyway? https://www.instyle.com/beauty/skin/jade-roller-facial-massage-benefits. (Diakses pada 12 September 2022).
  4. Mahtani, Nikhita. 2020. What’s The Deal With Jade Rollers? Here’s What You Need to Know. https://edition.cnn.com/cnn-underscored/beauty/jade-roller-benefits-explainer. (Diakses pada 12 September 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi