Terbit: 11 Maret 2018 | Diperbarui: 25 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ada tiga komponen dari sperma yang harus dimiliki oleh pria agar bisa membuahi wanita dengan cepat. Pertama adalah bentuknya yang runcing di depan dan memiliki ekor yang proporsional. Kedua, sperma harus memiliki gerak yang cepat sehingga bisa menjangkau sel telur dengan mudah. Terakhir, jumlah sperma harus banyak. Normalnya dari 1 mililiter air mani terdapat minimal 15 juta sel sperma.

Olahraga yang Efektif untuk Tingkatkan Jumlah Sperma

Dari tiga komponen sperma di atas, pria kerap mengalami gangguan pada jumlah dari sperma. Saat mengalami ejakulasi, jumlah sperma tidak mencapai jumlah minimum sehingga pembuahan tidak bisa terjadi dengan mudah.

Nah, untuk mengatasi hal ini, pria disarankan untuk menyantap makanan yang bergizi dan melakukan jenis olahraga kardio.

Alasan olahraga kardio baik untuk jumlah sperma

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Maliki dan rekannya pada Urmia University of Iran menunjukkan ada hubungan jumlah sperma dengan olahraga yang dilakukan oleh pria. Pada penelitian ini, pria dikondisikan untuk berolahraga dengan intensitas rendah, sedang, dan tinggi.

Dengan menggunakan variabel terkontrol tersebut, pria yang melakukan olahraga kardio secara rutin memiliki jumlah sperma yang lebih banyak. Banyaknya sperma yang dimiliki oleh pria terjadi karena aliran darah di dalam tubuhnya berjalan dengan lancar.

Saat jantung bekerja dengan baik, aliran darah ke testis bisa berjalan dengan lancar. Efeknya, sperma yang dihasilkan bisa lebih maksimal mulai dari jumlah sperma, mani, dan kualitas dari sperma itu sendiri.

Jenis kardio yang bisa dipilih pria

Olahraga kardio yang disarankan untuk pria adalah lari ringan atau jalan cepat dengan intensitas sedang. Dengan intensitas ini jantung bisa bekerja dengan maksimal dan tubuh tidak merasa tersiksa saat melakukannya.

Variasikan olahraga jenis kardio intensitas sedang yang dilakukan setiap minggunya. Dengan begitu, Anda tidak akan bosan melakukannya setiap saat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi