Terbit: 31 Agustus 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat pendinginan setelah olahraga dapat membantu mengembalikan detak jantung kembali normal secara perlahan. Selain itu, ada banyak manfaat lainnya yang bagus untuk tubuh. Simak penjelasan selengkapnya tentang manfaat pendinginan setelah latihan!

10 Manfaat Pendinginan setelah Olahraga yang Sama Penting dengan Pemanasan

Manfaat Pendinginan setelah Olahraga

Pendinginan adalah bagian penting setelah melakukan olahraga. Waktu pendinginan selama 3-10 menit dan mencakup peregangan lembut dari setiap gerakan selama latihan. Pendinginan setelah berolahraga memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh.

Berikut ini manfaat pendinginan setelah olahraga:

1. Membuat Detak Jantung Kembali Normal

Sebagian besar jenis olahraga membuat detak jantung meningkat. Salah satunya latihan kardiovaskular atau latihan aerobik, dapat meningkatkan detak jantung secara substansial.

Melakukan pendinginan setelah olahraga dapat membuat detak jantung kembali normal secara perlahan dan membuat peredaran darah lancar yang kemudian mencegahnya mengendap dalam pembuluh darah. Ini pada akhirnya membantu menghindari kepala pusing atau perasaan ingin pingsan.

2. Memperlambat Pernapasan

Saat detak jantung meningkat selama olahraga, pernapasan juga menjadi lebih dalam. Kondisi ini adalah tanda bahwa tubuh bekerja keras dan membakar lebih banyak kalori. Manfaat pendinginan setelah olahraga memungkinkan bernapas secara bertahap kembali ke ritme yang sama seperti sebelum olahraga.

3. Relaksasi dan Menghilangkan Stres

Seperti halnya untuk tubuh, berolahraga sama baiknya untuk pikiran. Saat gerakan mulai pelan, tubuh mulai untuk rileks dan otak mulai melepaskan dopamin dan serotonin, dua hormon yang berfungsi untuk membuat tubuh merasa baik dan tidak terlalu stres.

4. Mengurangi Penumpukan Asam Laktat

Setelah melakukan olahraga yang intens, asam laktat dapat mengendap dan menumpuk di tubuh yang dapat menyebabkan kram dan kekakuan otot. Manfaat pendinginan setelah melakukan olahraga bisa membantu mempercepat proses pelepasan asam laktat dalam tubuh dan oleh karenanya, tubuh akan pulih lebih cepat.

5. Pemulihan Tubuh

Tubuh pada dasarnya mengalami beberapa perubahan selama berolahraga, termasuk pemompaan adrenalin, peningkatan suhu, dan pernapasan menjadi cepat. Guna mengembalikan beberapa kondisi tersebut seperti semula, melakukan pendinginan setelah berolahraga bisa membantu memulihkan tubuh ke kondisi normal.

Baca Juga: 10 Kesalahan saat Pemanasan yang Wajib Anda Ketahui

6. Mencegah Cedera

Sama halnya dengan pemanasan, manfaat pendinginan setelah melakukan olahraga bisa membantu mencegah cedera seperti robekan otot. Melewatkan pendinginan dan peregangan setelah olahraga tidak hanya membantu memperlambat pemulihan otot, tetapi juga akan mengurangi manfaat dari olahraga.

7. Mengurangi DOMS

Biasanya otot cenderung sakit setelah melakukan berolahraga dan ketika banyak nyeri otot tertunda alias delayed onset muscle soreness (DOMS)  terjadi setelah latihan, ini menjadi sangat tidak nyaman dan membuat seseorang tidak dapat berolahraga di kemudian hari. DOMS dapat terjadi antara 24-48 jam setelah berolahraga.

Menurut sebuah penelitian oleh California State University, bersepeda intensitas sedang setelah latihan berat bisa mengurangi timbulnya DOMS. Hal ini menunjukkan bahwa manfaat melakukan pendinginan setelah olahraga membantu mengurangi nyeri otot yang berlebihan, membuat tubuh lebih nyaman, dan siap untuk olahraga berikutnya.

8. Meningkatkan Fleksibilitas

Peningkatan kemampuan fleksibilitas tubuh adalah salah satu faktor terpenting dari pendinginan setelah olahraga. Saat dihangatkan selama olahraga, otot-otot menjadi lebih elastis dan tubuh dapat menggunakannya dalam pendinginan. Berkat mengurangi kemungkinan cedera, fleksibilitas (kelenturan) bisa membantu menjaga otot agar tidak terlalu kencang atau kaku.

9. Pembuangan Limbah Metabolisme Lebih Mudah

Olahraga dapat membantu menghasilkan zat sisa atau limbah metabolisme seperti asam laktat dan hidroksiprolin. Produk limbah menyebar ke seluruh tubuh melalui sel-sel otot. Cairan di sekitarnya, serta kapiler, vena, dan paru-paru, perlu dikeluarkan sebelum masuk ke relaksasi total.

Dengan pendinginan dan peregangan, proses pembuangan limbah dari tubuh menjadi lebih mudah dan lebih lancar mengalir ke seluruh otot, vena, kapiler, dan semua bagian tubuh lainnya.

10. Mengurangi Tekanan pada Sendi

Kesulitan menggerakan sendi biasanya terjadi setelah berolahraga. Guna mengatasinya, lakukan pendinginan begitu selesai berolahraga. Ini secara perlahan dapat membantu meredakan ketegangan pada sendi. Dengan pendinginan, tubuh dan sendi akan lebih mudah digerakkan.

Pentingnya Pendinginan setelah Berolahraga

Meskipun sebelum mandi dan minum setelah berolahraga, luangkan waktu untuk melakukan pendinginan. Biarkan tekanan darah dan laju pernapasan kembali ke ritme normalnya dan regangkan tubuh.

Kebanyakan orang menyadari bahwa manfaat pemanasan bagus sebelum berolahraga, tetapi lebih banyak orang melewatkan manfaat pendinginan setelah rolahraga. Padahal latihan pendinginan sangat penting.

Menyempatkan beberapa menit di akhir latihan untuk meregangkan otot adalah kebiasaan yang sangat bermanfaat untuk dilakukan. Itulah alasan mengapa pendinginan begitu penting untuk tubuh.

Baca Juga: 11 Cara agar Tidak Malas Olahraga (Mudah Dilakukan)

Cara Melakukan Pendinginan

Cara melakukan pendinginan biasanya tergantung pada jenis olahraga yang Anda lakukan. Kebanyakan pendinginan setelah olahraga berlangsung 3-10 menit dan mencakup gerakan yang lebih lambat dan lembut serta latihan peregangan.

Misalnya, guna mendinginkan tubuh setelah jogging, Anda bisa melakukan jalan cepat selama 2-3 menit, kemudian secara bertahap menurunkan kecepatan menjadi berjalan. Setelah melakukan jogging, Anda dapat melakukan peregangan berdiri untuk meningkatkan jangkauan gerak pada otot-otot kaki.

Selesaikanlah pendinginan dengan posisi duduk untuk meningkatkan kelenturan di seluruh tubuh dan meningkatkan relaksasi.

Jika latihan lebih banyak latihan kekuatan, pendinginan mungkin mencakup peregangan tubuh total untuk meningkatkan rentang gerak pada persendian yang baru saja dilakukan. Sebaiknya harus sangat berhati-hati untuk meregangkan sendi. Jadi, jika melakukan olahraga penguatan bisep dan trisep, pendinginan mungkin termasuk peregangan bisep dan trisep.

Hal tersebut juga membantu latihan relaksasi dalam pendinginan. Ini mungkin termasuk beberapa menit pernapasan dalam atau savasana, salah satu gerakan yoga. Ini adalah latihan pikiran-tubuh, bersama dengan gerakan lembut dan peregangan dapat membantu memanfaatkan pendinginan dan menjaga tubuh tetap sehat.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Why Warming Up and Cooling Down is Important. https://www.tricitymed.org/2016/12/warming-cooling-important/ (Diakses pada 31 Agustus 2021)
  2. Anonim. 2021. 5 Reasons Why You Need to Cool Down after a Workout. https://www.egypttoday.com/Article/6/100983/5-Reasons-Why-You-Need-to-Cool-Down-after-a (Diakses pada 31 Agustus 2021)
  3. Frey, Malia. 2020. The Benefits of a Cool Down After Exercise. https://www.verywellfit.com/what-is-a-cool-down-3495457 (Diakses pada 31 Agustus 2021)
  4. Jonas. 2021. Importance of Cooling Down After Exercise. https://jonasmuthoni.com/blog/importance-cooling-down-post-exercise/ (Diakses pada 31 Agustus 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi