Terbit: 8 October 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Golf adalah salah satu olahraga paling populer di seluruh dunia. Olahraga yang banyak menghabiskan waktu  di luar ruangan ini dipercaya bermanfaat bagi kesehatan. Simak penjelasan mengenai manfaat olahraga golf, selengkapnya di bawah ini.

7 Manfaat Bermain Golf bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bermain Golf bagi Kesehatan

Dibanding olahraga lainnya, golf adalah olahraga yang memiliki tingkat risiko cedera terbilang rendah. Meski begitu, aktivitas fisik yang terlibat di dalamnya seperti berjalan, mengayun, dan berputar, mampu menjaga otot tetap aktif.

Manfaat golf untuk kesehatan sendiri dikaitkan dengan banyaknya aktivitas di luar ruangan yang dilakukan oleh olahraga ini. Udara segar yang didapatkan dari area bermain yang luas diklaim membawa banyak manfaat kesehatan, mulai dari mendukung kesehatan sistem pencernaan, menjaga tekanan darah, hingga menurunkan risiko terkena penyakit kronis.

Berikut adalah berbagai manfaat potensial dari olahraga golf, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Paparan sinar matahari saat bermain golf memungkinkan tubuh menyerap vitamin D dari matahari, di mana hal ini meningkatkan pertumbuhan tulang di masa muda, mengurangi risiko depresi, penyakit jantung, serta kanker tertentu.

2. Membantu Membakar Kalori

Area bermain golf yang cukup luas biasanya memaksa pemain untuk banyak berjalan. Pada umumnya, dalam satu kali permainan, pegolf bisa membakar hingga 1000 kalori. Aktivitas berjalan, menggendong tas golf, dan mengayun, adalah berbagai aktivitas yang membantu tubuh membakar kalori.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat olahraga golf berikutnya adalah membantu menjaga jantung Anda tetap sehat. Seperti halnya olahraga lain, berbagai aktivitas yang terkait dengan golf adalah aktivitas yang akan meningkatkan detak jantung, menjaganya tetap terpompa, dan meningkatkan aliran darah.

Secara alami, aktivitas ini akan menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca Juga: 8 Olahraga untuk Orang Sibuk (Simpel dan Efektif)

4. Menjaga Fungsi Otak Tetap Optimal

Saat detak jantung Anda meningkat, aliran darah ke otak juga akan meningkat, sehingga meningkatkan koneksi sel saraf. Pada akhirnya, hal ini dapat mencegah perkembangan demensia.

Perlu diketahui juga, saat bersaing dengan orang lain, seorang pegolf akan bersaing dengan diri sendiri untuk mendapatkan skor terbaik. Jenis tantangan ini meningkatkan kepercayaan dan harga diri, sementara ketangkasan mental yang terlibat dalam menghitung skor, meningkatkan strategi, dan membina koordinasi tangan-mata akan membuat otak tetap aktif.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Dibutuhkan penglihatan yang cukup bagus untuk mengarahkan bola putih kecil masuk ke lubang golf. Pemain golf belajar mengasah target dari jarak jauh dan diberi kesempatan untuk mengevaluasi ketajaman penglihatan sambil meningkatkan koordinasi tangan-mata.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tubuh yang lelah usai melakukan olahraga akan membuat waktu istirahat Anda di malam hari berada di waktu yang tepat. Pegolf akan tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak, serta dapat tetap tidur nyenyak untuk waktu yang lebih lama karena jumlah energi yang dikeluarkan.

Tidur lebih nyenyak diperlukan bagi tubuh untuk meregenerasi sel dan memperbaiki otot serta jaringan.

7. Mengurangi Stres

Manfaat golf sama halnya seperti olahraga lainnya, di mana olahraga ini dapat membantu mengurangi stres. Berada di luar ruangan di mana Anda dapat berinteraksi dengan orang lain, terutama mereka yang memiliki minat yang sama adalah cara yang bagus untuk melupakan masalah apa pun.

Kenikmatan berjalan di lingkungan yang terbuka dan alami serta menghabiskan waktu bersama teman-teman membuat suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini disebabkan karena tubuh melepaskan endorfin, senyawa kimia alami yang membuat Anda lebih bahagia dan rileks.

 

  1. Anonim. Golf – health benefits. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/golf-health-benefits. (Diakses pada 8 Oktober 2021).
  2. Anonim. 2021. Top 10 Health Benefits of Golf. https://www.healthfitnessrevolution.com/top-10-health-benefits-golf/. (Diakses pada 8 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi