Terbit: 27 Desember 2021 | Diperbarui: 29 Desember 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Salah satu olahraga yang menuntut tubuh untuk banyak bergerak adalah berenang. Meski begitu, tidak semua orang dapat dengan mudah melakukannya, dibutuhkan teknik khusus agar tubuh tidak mudah tenggelam. Simak penjelasan mengenai cara belajar renang untuk pemula, selengkapnya di bawah ini.

Cara Belajar Renang yang Penting Diketahui oleh Pemula

Tips Belajar Renang untuk Pemula

Pada dasarnya, cara terbaik untuk belajar berenang adalah mempraktikkannya langsung di kolam renang bersama dengan instruktur profesional.

Jika Anda seorang perenang pemula, jangan pernah memasuki kolam sendirian. Selalu berenang dengan orang lain sampai Anda bisa mengapung dan berenang sendiri.

Berikut adalah petunjuk renang dasar untuk anak-anak dan orang dewasa:

Cara Belajar Renang untuk Anak-anak

Cara belajar renang bagi pemula, khususnya saat masih anak-anak haruslah menyenangkan. Disarankan untuk menggunakan mainan atau lagu yang membuatnya bahagia saat berenang.

Bahkan, Anda juga dapat memberikan istilah-istilah dalam teknik renang dengan sebutan populer untuk anak. Misalnya, menyebut renang gaya dada dengan ‘gaya superman’. Selain itu, lakukan setiap teknik secara perlahan sampai anak merasa nyaman disetiap fase.

Instruksi sederhana yang penting untuk dilakukan, antara lain:

  • Masuklah ke dalam kolam renang bersama dengan anak. Pegang lengan atau tangannya untuk membantunya tetap mengapung.
  • Pegang anak Anda di bawah ketiaknya. Minta mereka untuk menarik napas dan meniup gelembung selama lima detik di bawah air untuk berlatih mengembuskan napas.
  • Ulangi dan lepaskan. Biarkan anak Anda mengapung selama lima detik.
  • Arahkan anak untuk menendang ke atas dan ke bawah.
  • Untuk menarik napas, minta anak mengangkat kepala, menarik napas, dan menggerakkan tangan ke depan seperti harimau.

Baca Juga: Amankah Berenang saat Pandemi COVID-19? Cek Tipsnya!

Cara Belajar Renang untuk Dewasa

Tidak ada kata terlambat untuk belajar berenang meski sudah dewasa. Dengan latihan dan bimbingan profesional, orang dewasa dapat menguasai teknik dasar renang.

Cara belajar renang bagi pemula dewasa adalah dengan memulai beberapa instruksi sederhana seperti berikut:

  • Berdiri di dalam kolam. Tarik napas dalam-dalam, letakkan wajah di dalam air, dan buang napas selama lima detik.
  • Lakukan starfish position, yaitu badan mengambang dengan tangan dan kaki terbuka.
  • Pegang di sisi kolam. Tarik napas dan letakkan wajah di dalam air. Buang napas dan kibaskan tendangan selama lima detik.
  • Berdiri dengan membelakangi dinding kolam. Rentangkan tangan di atas kepala dan tumpuk tangan Anda.
  • Masukkan ke dalam air dalam posisi horizontal, hembuskan napas, dan kibaskan kaki selama lima detik.

Baca Juga: 11 Manfaat Berenang untuk Bayi, Meningkatkan Fungsi Motorik hingga Kognitif

Gaya Renang untuk Pemula

Berikut adalah beberapa gaya renang yang paling umum diajarkan untuk pemula serta bagaimana meningkatkan tekniknya, di antaranya:

1. Renang Gaya bebas

Ini adalah gaya renang tercepat yang dapat Anda lakukan saat memulai berenang. Untuk melakukan gaya ini, arahkan kepala, pinggul, dan kaki membentuk satu garis panjang.

Jika bagian tengah tubuh Anda cenderung tenggelam, coba lakukan beberapa latihan otot inti saat di darat. Jika kaki Anda terasa ingin tenggelam, coba dorong kepala menjauh dari air.

Tubuh bagian atas akan bertindak sebagai penyeimbang yang baik untuk membantu tubuh bagian bawah mengapung.

2. Renang Gaya Punggung

Bagi seorang perenang pemula, kesulitan bernapas adalah salah satu kekhawatiran yang umum dihadapi. Renang gaya punggung membuat tubuh telentang sehingga Anda tidak perlu perlu khawatir memutar kepala ke samping untuk bernapas.

Kunci untuk melakukan gaya punggung adalah mengulurkan tangan ke depan bukan ke belakang, dengan tetap mengibaskan dua kaki dengan kuat.

3. Renang Gaya Dada

Gaya dada adalah cara yang bagus untuk melatih tubuh bagian bawah lebih banyak bergerak daripada yang Anda lakukan dengan gaya lain.

Mulailah dengan kedua telapak tangan di depan dan kaki di belakang. Rentangkan tangan ke depan, lalu putar telapak tangan ke luar saat Anda menyapu lengan ke belakang membentuk setengah lingkaran. Bawa lengan kembali ke depan dan ulangi.

Pada saat yang sama, tekuk lutut dan bawa kaki ke arah pinggul. Kemudian lakukan tendangan ke belakang seperti seekor katak.

 

  1. Ayuda, Tiffany. 2021. The Must-Read Guide to Swimming for Beginners. https://www.livestrong.com/article/556258-cardio-101-how-to-start-swimming/. (Diakses pada 27 Desember 2021).
  2. Nunez, Kirsten. 2019. How to Swim: Instructions and Tips for Kids and Adults. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/how-to-swim. (Diakses pada 27 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi