Terbit: 22 March 2018 | Diperbarui: 27 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Beryukurlah jika Anda masih memiliki kesehatan serta kebugaran. Cara bersyukur yang paling tepat adalah menjaga kesehatan tersebut dengan berbagai cara, salah satunya adalah olahraga. Anda bisa melakukan berbagai macam olahraga, mulai dari olahraga rumahan sampai olahraga yang mengharuskan Anda untuk datang ke tempat latihan.

4 Jenis Olahraga yang Bisa Menyembuhkan Lordosis

Sebab, tidak semua orang bisa melakukan olahraga secara rutin, terlebih harus ke tempat latihan. Khususnya para penderita lordosis. Tahukah Anda apa itu lordosis?

Lordosis merupakan kelainan pada tulang belakang atau penyait tulang belakang di mana bagian punggung bawah memiliki kelengkungan berlebihan ke arah dalam. Penyakit ini bisa diderita oleh semua kalangan usia dan jenis kelamin.

Bagi penderita penyakit lordosis, tidak disarankan untuk melakukan latihan beban yang cukup berat karena penyakit ini dapat menimbulkan gejala seperti sakit pada tulang bagian belakang, punggung bawah hingga dapat menyebabkan kerusakan syaraf.

Untuk itu, bagi Anda penderita lordosis namun masih ingin melakukan latihan atau exercise, ada beberapa macam latihan yang bisa Anda lakukan dengan aman. Latihan ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit lordosis Anda.

1. Latihan Otot Perut dan Pinggang

Latihan ini bisa Anda pilih karena dapat membantu menjaga kestabilan tulang belakang saat adanya pergerakan tungkai dan lengan. Dengan membiasakan latihan perut dan pinggang secara rutin, lordosis yang Anda alami dapat berangsur sembuh. Tapi ingat, jangan melakukan latihan terlalu berat, lebih baik bertahap tapi rutin.

2. Duduk pada Bola Gym

Duduk pada bola gym juga memiliki manfaat bagi penderita lordosis. Dengan melakukan latihan ini, Anda dapat memposisikan panggul pada posisi normal, meregangkan otot, serta menguatkan otot punggung belakang. Sudah banyak penderita lordosis yang melakukan latihan ini di rumah. Alhasil, mereka terbebas dari penyakit tersebut.

3. Latihan Otot Paha dan Punggung Bawah

Menurut para trainer, latihan ini sangat disarankan bagi penderita lordosis karena dengan melakukan latihan otot paha dan punggung bawah dapat meningkatkan kekuatan dan kestabilan otot punggung bawah sehingga lordosis akan berkurang.

4. Latihan Otot Perut

Selain untuk membentuk otot perut menjadi six-pack, latihan otot perut juga memiliki manfaat yang baik untuk penderita lordosis. Latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot perut yang dapat menstimulasi perbaikan otot panggul Anda. Sebab, jaringan panggul dan perut saling berhubungan sehingga semakin baik keadaan otot perut, semakin baik pula efek yang diberikan ke otot panggul.

Itulah beberapa jenis latihan yang aman dilakukan oleh penderita lordosis. Jangan biarkan penyakit tersebut menghalangi Anda untuk melakukan olahraga.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi