Terbit: 6 October 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Menjaga kecantikan diri itu sangat penting, bukan hanya dengan perawatan kulit wajah saja. Tubuh juga perlu dirawat. Ketahui urutan body care routine yang benar untuk membuat kulit terlihat lebih cerah.

10 Urutan Body Care Routine yang Benar agar Kulit Lebih Cerah

Urutan Body Care Routine untuk Mencerahkan Kulit

Body care routine atau perawatan kulit tubuh sangat penting karena kandungan nutrisi pada produk-produk yang Anda gunakan dapat menjadikan kulit lebih sehat.

Terlebih seiring bertambahnya usia, tanda penuaan kulit tidak bisa dihindari. Namun dengan perawatan tubuh yang rutin, kulitmu akan tetap awet muda dan membuat kamu lebih percaya diri.

Berikut adalah urutan body care routine agar Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat dan cerah:

1. Body Scrub untuk Eksfoliasi

Langkah memulai perawatan tubuh yang paling benar adalah eksfoliasi. Eksfoliasi adalah proses mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit. Anda bisa menggunakan body scrub untuk proses eksfoliasi.

Pilih body scrub yang memiliki kandungan glycolic dan lactic acid untuk mendorong regenerasi sel kulit, meratakan warna kulit, dan mengecilkan pori-pori. Gunakan body scrub untuk eksfoliasi kulit maksimal 2 kali seminggu, jangan terlalu sering menerapkannya karena bisa mengikis kelembapan alami kulit dan menipiskan skin barrier pada kulit Anda.

2. Body Wash untuk Membersihkan Kulit

Terdapat banyak jenis sabun badan yang dijual di pasaran. Namun beberapa kandungan yang direkomendasikan adalah shea butter dan niacinamide yang bekerja melembapkan sekaligus mencerahkan kulit tubuh. Pilih sabun yang memiliki kandungan kelembapan tinggi, karena mandi dapat mengikis kelembapan alami kulit.

Sabun mandi tersedia dalam bentuk sabun batangan dan sabun cair. Keduanya sama-sama bekerja dengan baik dalam melawan bakteri dan virus yang menempel di kulit. Namun, penggunaan sabun cair lebih disarankan karena biasanya mengandung kandungan moisturizer yang lebih tinggi, sehingga baik untuk menjaga kelembapan kulit.

3. Menggunakan Body Toner

Body toner kini menjadi salah satu tren di kalangan pecinta skin care. Body toner memiliki fungsi yang sama dengan face toner, yaitu melembapkan kulit setelah mandi. Gunakan body toner sebelum mengaplikasikan lotion atau serum agar penyerapan nutrisinya bisa lebih maksimal.

4. Body Lotion untuk Melembapkan Kulit

Setelah selesai mandi, biasakan untuk menghidrasi kulit dan mengembalikan kelembapannya. Lembapkan kulit dengan body lotion yang ringan, mudah diserap oleh kulit, dan dapat bertahan lama. Kandungan yang baik dalam melindungi kelembapan kulit adalah hyaluronic acid dan ceramide yang berfungsi sebagai skin barrier.

Body lotion dapat menjaga kadar kelembapan kulit, membuat kulit tetap sehat, halus, dan lembut. Gunakan body lotion sebanyak 2 kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari. Namun, Anda juga boleh mengulangi penggunaannya setiap saat kulit terasa kering.

5. Body Oil untuk Menutrisi Kulit

Menggunakan body lotion saja tidak cukup. Tambah nutrisi kulit dengan body oil untuk menutrisi area-area yang rawan kering seperti lutut dan siku. Cukup teteskan sedikit saja body oil, lalu ratakan ke seluruh tubuh sambil dipijat. Perawatan ini sekaligus bisa memberikan relaksasi pada otot-otot yang kaku.

Saat terbaik mengaplikasikannya pada tubuh adalah setelah selesai mandi dalam keadaan kulit yang masih setengah basah. Mengoleskan body oil pada kulit yang basah dapat mengunci kadar kelembapan lebih banyak.

6. Kembalikan Tekstur Kulit dengan Body Butter

Body butter berbeda dengan body lotion. Produk perawatan tubuh ini memiliki tekstur yang tebal dan padat, namun mengandung kelembapan yang sangat tinggi. Anda dapat mengaplikasikannya ke area tubuh yang terasa kering.

Kandungan kelembapan pada body balm jauh lebih banyak dibandingkan dengan lotion dan diformulasikan dengan bahan-bahan minyak alami seperti shea oil, rice bran oil, cocoa oil, dan masih banyak lagi.

Jika kondisi kulit sangat kering dan bersisik, Anda bisa mengoleskan body butter setelah pemakaian body oil. Namun bagi pemilik kulit sensitif, menggunakan body oil tanpa body butter sudah cukup.

7. Body Serum untuk Menyelesaikan Masalah Kulit

Sama seperti facial serum, body serum mengandung formula yang lebih terkonsentrasi dan punya banyak bahan aktif seperti vitamin C, AHA, atau hyaluronic acid. Body serum merawat kulit langsung ke akar masalahnya yaitu kulit kering, kusam, kasar, dan masih banyak lagi.

Keunggulan body serum adalah teksturnya yang cair sehingga bisa diserap kulit dengan lebih cepat, tidak lengket, dan tidak berminyak. Dikarenakan fungsi body serum dan body lotion sama, sebaiknya gunakan salah satu saja.

8. Pakai Sunscreen Sebelum Beraktivitas di Luar Ruangan

Jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, jangan lupa pakai sunscreen sebagai langkah akhir perawatan tubuh. Sunscreen melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang bisa memicu munculnya masalah kulit yang serius seperti kanker.

Pastikan sunscreen memiliki kandungan SPF minimal 30 dengan PA++ untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Ulangi pemakaian sunscreen tiap 2 jam sekali selama kamu masih berada di luar ruangan.

 

9. Jangan Lupakan Perawatan Kaki dan Tangan

Dibandingkan dengan anggota tubuh lain, kaki dan tangan adalah yang paling sering terpapar udara bebas. Oleh karena itu, Anda harus memberikan kelembapan ekstra dengan cara membawa hand cream saat beraktivitas di luar ruangan.

10. Parfum

Memakai wewangian juga termasuk bentuk body care routine yang tidak boleh dilupakan. Setelah selesai merawat kulit, semprotkan wewangian ke beberapa titik pada tubuh agar Anda tetap wangi dan percaya diri sepanjang hari.

Nah, itulah berbagai langkah penting dalam body routine yang penting untuk Anda ketahui. Hal terpenting yang harus Anda perhatikan dalam merawat kulit adalah kesabaran dan ketelatenan.

Luangkan waktu beberapa menit setiap harinya untuk memberikan nutrisi terbaik untuk kulit. Ingat, kulit yang cantik dan sehat tidak bisa didapatkan dalam semalam.

 

  1. Anonim. 2020. TOP 5 IMPORTANT REASONS YOU SHOULD ALWAYS WEAR SUNSCREEN. https://ehe.health/blog/always-wear-sunscreen/. (Diakses pada 5 Oktober 2021).
  2. Abrenica, Syden. 2021. 10 of the Best Body Toners That Plump, Firm and Lift. https://www.byrdie.com/best-body-toners-4766538. (Diakses pada 5 Oktober 2021).
  3. Balsamo, Lauren. 2020. 9 Best Body Serums for Smooth, Glowing Skin. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/g33995669/best-body-serums/. (Diakses pada 5 Oktober 2021).
  4. Bottomley, India. 2021. Body butter versus body oil: everything you need to know. https://www.bawdybeauty.com/blogs/the-bite-blog/body-butter-versus-body-oil-everything-you-need-to-know. (Diakses pada 5 Oktober 2021).
  5. Clark, Briar. 2020. 7 steps every body care routine should include. https://www.beautycrew.com.au/steps-every-body-care-routine-should-include. (Diakses pada 5 Oktober 2021).
  6. Hoff, Victoria. 2021. Body Oil vs. Lotion: The Key Differences and When to Use Each. https://www.byrdie.com/lotion-vs-oil#how-to-apply-body-oil. (Diakses pada 5 Oktober 2021).
  7. Kumar, Karthik. 2021. What Is Lotion Used For?. https://www.medicinenet.com/what_is_lotion_used_for/article.htm. (Diakses pada 5 Oktober 2021).
  8. Laderer, Ashley. 2020. The differences between bar soap and liquid soap. https://www.insider.com/is-bar-soap-better-than-liquid-soap. (Diakses pada 5 Oktober 2021).
  9. Patel, Reema. 2021. How to Use Body Scrub Effectively for Soft, Radiant Skin. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-use-body-scrub#what-is-it. (Diakses pada 5 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi