Terbit: 14 September 2022 | Diperbarui: 3 November 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Toner dan micellar water adalah dua dari beberapa produk perawatan wajah yang sering digunakan. Sekilas, mungkin keduanya tidak bisa dibedakan karena bentuknya yang cair. Namun jangan salah, fungsinya jelas berbeda. Ketahui perbedaan toner dan micellar water melalui ulasan berikut.

Toner Vs Micellar Water, Mana yang Lebih Baik untuk Kulit Wajah?

Apa itu Micellar Water?

Sebelum mengetahui perbedaan micellar water dan toner, Anda harus mengenali dulu kandungan dan fungsi kedua produk ini.

Micellar water adalah produk berbahan dasar minyak dan air yang fungsinya adalah untuk membersihkan make up, debu, dan kotoran pada wajah.

Umumnya, kandungan di dalamnya adalah pelembap, seperti gliserin dan surfaktan ringan. Keduanya merupakan senyawa yang berguna sebagai pembersih.

Produk ini cocok bagi kulit berjerawat dan sensitif karena bebas alkohol, wewangian, dan minyak esensial.

Secara umum, berikut ini adalah beberapa kegunaan micellar water untuk kulit wajah:

  • Membersihkan make up, debu, dan kotoran.
  • Menjaga kelembapan kulit.
  • Mengurangi iritasi dan peradangan.
  • Menjaga kulit tetap lembut, kenyal, dan halus.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda tinggal menuangkan micellar water ke atas kapas. Setelahnya, usapkan kapas tersebut dengan lembut ke seluruh wajah hingga kotoran terangkat.

Produk ini bisa Anda gunakan sehari-hari, sebelum membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka.

Apa itu Toner?

Toner adalah produk berbahan dasar air. Toner dibuat dari bahan-bahan tertentu yang baik untuk kulit wajah, misalnya antioksidan.

Fungsi dari penggunaannya adalah untuk menyeimbangkan tingkat pH di wajah setelah Anda mencuci wajah. Oleh sebab itu, produk ini digunakan sebelum Anda mengaplikasikan serum atau pelembap.

Toner dapat membantu kulit lebih siap menerima serangkaian produk skincare yang akan Anda gunakan setelahnya.

Secara umum, beberapa kegunaan penggunaan toner, antara lain:

  • Membantu membersihkan kotoran kulit yang tertinggal.
  • Mengembalikan keseimbangan pH kulit.
  • Memulihkan kulit dengan nutrisi di dalamnya.
  • Membantu kulit menyerap skincare secara optimal.

Anda bisa menggunakan toner pada pagi dan malam hari, tentunya setelah membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka.

Ada berbagai cara menggunakan toner yang bisa Anda pilih, yaitu dengan menggunakan kapas dan menuangkan secara langsung ke tangan.

Jika ingin menggunakan kapas, cara pertama adalah dengan merendam kapas menggunakan toner. Setelahnya, usapkan kapas tersebut ke seluruh wajah secara merata.

Cara kedua sama dengan bagaimana Anda menggunakan micellar water. Tuangkan toner ke atas kapas, lalu usapkan pada wajah.

Sementara itu, bila ingin menuangkannya langsung ke tangan, Anda tinggal menuangkan beberapa tetes toner ke tangan, lalu tepuk-tepuk wajah secara perlahan.

Baca JugaCara Pakai Toner yang Benar agar Kulit Tetap Sehat dan Cantik

Perbedaan Toner dan Micellar Water

Bagi orang awam, rangkaian perawatan wajah atau skincare mungkin terkesan merepotkan. Berbagai produk akan diaplikasikan ke wajah, namun tidak tahu fungsinya untuk apa.

Belum lagi bentuknya yang hampir mirip. Misalnya saja toner dan micellar water. Keduanya memiliki bentuk cair yang sulit untuk dibedakan!

Namun, setelah mengetahui penjelasan keduanya secara rinci di atas, mungkin Anda sudah bisa mengetahui letak perbedaan toner dan micellar water.

Ya, keduanya memiliki fungsi berbeda untuk kulit. Jika micellar water akan mengangkat make up, kotoran, dan debu di wajah, toner akan membantu mengembalikan pH kulit setelah Anda cuci muka.

Selain itu, urutan penggunaan dua produk tersebut juga berbeda. Micellar water biasanya digunakan sebelum Anda cuci muka. Di sisi lain, toner akan diaplikasikan setelah Anda cuci muka, tepat sebelum menggunakan pelembap atau serum.

Meski perbedaan micellar dan water tampak nyata, keduanya memiliki kesamaan dari segi fungsi, yaitu membantu menjaga kelembapan kulit.

Jadi, menambahkan toner dan micellar water ke dalam rangkaian skincare harian dapat memberikan manfaat untuk kulit Anda.

Mana yang Lebih Baik?

Baik micellar water maupun toner, keduanya sama-sama dapat memberikan manfaat tersendiri bagi kulit wajah Anda.

Namun, jika ingin memperoleh manfaat yang diharapkan, Anda harus mengenali jenis kulit serta kandungan produk yang akan digunakan terlebih dahulu.

Ingatlah, beberapa jenis kulit akan merespons lebih baik terhadap satu produk, sedangkan beberapa jenis kulit lain akan memberikan respons sebaliknya.

Baca Juga11 Manfaat Face Mist untuk Kulit Wajah

Toner merupakan tambahan yang bagus untuk rutinitas skincare. Apalagi jika Anda memiliki masalah kulit wajah.

Namun, toner bukan merupakan produk yang harus ada. Jadi, jika memang Anda tipe yang ingin menggunakan produk skincare seminimal mungkin, toner bisa Anda lewatkan.

Sama dengan toner, micellar water juga bisa digunakan oleh siapa saja. Namun, penggunaan produk ini akan lebih berguna bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

Micellar water dapat menjadi pembersih pertama yang bagus untuk menghilangkan kotoran di wajah. Dengan catatan, Anda perlu membersihkan kulit wajah menggunakan sabun cuci muka setelahnya.

Sudah tahu, kan, apa saja perbedaan antara micellar water dan toner? Jika ditanya mana yang lebih baik, semua tergantung dengan kebutuhan kulit Anda.

Namun, menambahkan keduanya ke dalam rangkaian perawatan wajah Anda tidak akan merugikan, bukan?

 

  1. Anonim. 2022. Micellar Water Vs Toner: Differences & Which Is Best. https://theblushingbliss.com/micellar-water-vs-toner/. (Diakses pada 14 September 2022).
  2. Heredia, Valeria. Micellar Water vs. Toner: Difference & How to Use. https://realbeautyschool.com/micellar-water-vs-toner/. (Diakses pada 14 September 2022).
  3. Link, Rachael. 2020. 5 Benefits and Uses of Micellar Water. https://www.healthline.com/nutrition/micellar-water-benefits. (Diakses pada 14 September 2022).
  4. Sharkey, Lauren. 2020. Think Toners Are Pointless and Drying? You Might Want to Reconsider. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/what-does-toner-do. (Diakses pada 14 September 2022).
  5. Sherrell, Zia. 2022. Is Micellar Water Good for Your Skin? https://www.medicalnewstoday.com/articles/is-micellar-water-good-for-your-skin. (Diakses pada 14 September 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi