Terbit: 15 December 2021 | Diperbarui: 4 November 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Strawberry legs adalah munculnya bintik-bintik hitam pada kaki. Bintik hitam yang menyerupai biji stroberi ini umumnya terjadi karena adanya sumbatan pada pori-pori. Simak penjelasan mengenai penyebab hingga cara menghilangkannya di bawah ini.

Strawberry Legs: Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Strawberry Legs

Bintik-bintik hitam yang muncul pada kaki ini dapat disebabkan oleh berbagai masalah kulit yang berbeda. Berikut adalah berbagai kondisi yang bisa menyebabkan munculnya strawberry legs, di antaranya:

  • Mencukur

Mencukur dengan pisau yang tumpul dapat menyebabkan bintik hitam di kaki. Aktivitas ini dapat membuka komedo, mengekspos kotoran, minyak, dan sel kulit mati ke udara.

Dalam beberapa kasus, kulit di sekitar folikel rambut dapat menjadi gelap sebagai respons terhadap iritasi akibat bercukur.

Aktivitas ini juga dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Pada beberapa individu, rambut yang tumbuh ke dalam mungkin dapat menyebabkan munculnya strawberry legs. Keadaan ini paling sering terjadi pada seseorang yang memiliki bulu kaki yang tebal.

  • Folikulitis

Folikulitis terjadi ketika folikel rambut di kulit terinfeksi. Kondisi ini biasanya muncul sebagai benjolan merah kecil, tetapi bisa menjadi gelap dan menyerupai strawberry legs. Folikulitis disebabkan oleh kerusakan pada folikel rambut yang memungkinkan masuknya kotoran dan bakteri.

Kerusakan ini dapat disebabkan oleh mencukur, waxing, mengenakan pakaian ketat, atau menggosok kulit.

Folikulitis umumnya muncul setelah berendam air panas atau setelah berolahraga. Perlu diketahui, kulit menjadi lebih rentan terhadap kerusakan saat basah, jadi saat baju renang Anda bergesekan dengan kulit di dalam air, folikulitis dapat terjadi di bagian tubuh mana pun yang tertutup oleh baju renang.

  • Pori-Pori Tersumbat

Ketika pori-pori pada kulit kaki Anda tersumbat, secara alami kulit akan memproduksi lebih banyak minyak. Saat Anda bercukur dan membuka pori-pori, minyak yang terkena udara dapat menyebabkan strawberry legs.

Pada akhirnya, hal ini dapat meninggalkan bintik-bintik hitam di seluruh kaki. Seseorang yang memiliki rambut tebal atau pori-pori yang besar berisiko mengembangkan kondisi ini apabila pori-porinya tersumbat.

  • Kulit Kering

Kulit yang terlalu kering tidak dapat menyebabkan bintik hitam di kaki dengan sendirinya, akan tetapi meningkatkan risiko lebih tinggi.

Kondisi kulit ini cenderung lebih sensitif dan lebih mungkin mengalami razor burn atau iritasi akibat pisau cukur. Hal ini dapat menyebabkan folikulitis dan munculnya warna gelap pada pori-pori. Selain itu, kulit kering lebih mudah menunjukkan komedo.

  • Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris adalah kondisi di mana munculnya benjolan merah kecil di kulit. Kondisi yang sering juga disebut ‘chicken skin’ ini umumnya muncul di lengan atas dan paha. Benjolan yang disebabkan oleh sel kulit mati yang menyumbat pori-pori ini dapat menyerupai strawberry legs.

Keratosis pilaris adalah kondisi genetik dan biasanya tidak memerlukan pengobatan. Jika benjolan menjadi gatal atau teriritasi, konsultasi dengan dokter kulit mungkin diperlukan.

Baca Juga: 10 Cara Mengobati Bintik Merah pada Kulit Disertai Gatal (Alami dan Medis)

Cara Menghilangkan Strawberry Legs

Perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi bintik-bintik hitam pada kaki pada dasarnya tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Berikut adalah berbagai penanganan yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

Pengobatan Rumahan

Dalam banyak kasus, Anda bisa melakukan langkah-langkah sederhana di rumah untuk mencegah terjadinya bintik hitam. Namun, jika metode rumahan tidak efektif, Anda dapat menggunakan perawatan medis.

  • Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah metode perawatan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Cara ini juga membuat rambut baru lebih mudah tumbuh. Eksfoliasi dapat mengurangi dan membantu mencegah munculnya bintik hitam.

  • Menggunakan Krim Pelembap

Pilihan perawatan rumah lainnya adalah dengan menggunakan krim pelembap untuk menghidrasi kulit. Saat seseorang menghidrasi kulit di kakinya dengan baik, bintik hitam biasanya tidak akan muncul.

  • Menggunakan Salicylic atau Glycolic Acid

Perawatan rumahan lainnya yang bisa digunakan adalah menggunakan salicylic acid atau glycolic acid. Kedua bahan ini umumnya terdapat di produk untuk mengatasi jerawat.

Perawatan Medis

Berikut ini adalah berbagai pilihan perawatan medis yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  • Elektrolisis

Salah satu metode medis untuk menghilangkan rambut adalah elektrolisis. Metode ini menggunakan listrik untuk menargetkan folikel rambut yang teriritasi dan menghentikan pertumbuhan rambut.

Elektrolisis akan mencegah rambut tumbuh ke dalam sehingga yang dapat mengurangi munculnya bintik hitam di kaki.

  • Terapi Laser

Pilihan perawatan medis lainnya yang bisa Anda gunakan adalah terapi laser. American Academy of Dermatology mengatakan bahwa laser hair removal mungkin memerlukan dua hingga enam sesi untuk menghilangkan bulu kaki.

Cara ini  aman untuk kulit dan dapat menargetkan beberapa folikel rambut pada saat yang bersamaan.

 

  1. Fletcher, Jenna. 2019. What to do about strawberry legs. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326033. (Diakses pada 15 Desember 2021).
  2. Madormo, Carrie. 2021. What Are Strawberry Legs?. https://www.verywellhealth.com/strawberry-legs-5113031. (Diakses pada 15 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi