Terbit: 13 March 2018 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com-Eksfoliasi adalah salah satu langkah bagian penting dalam perawatan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi, kulit dibersihkan dari sel-sel kulit mati yang menumpuk. Sehingga, kulit akan bersih dan selalu sehat.

Mengenal Mikrodermabrasi Untuk Eksfoliasi Kulit

Salah satu metode eksfoliasi adalah dengan Mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi adalah eksfoliasi yang dilakukan pada dermatologis untuk mengeksfoliasi kulit dengan alat khusus.

  • Bagaimana Caranya?

Mikrodermabrasi dilakukan dengan menggunakan kritstal eksfoliasi yang sangat kecil yang disemprotkan pada kulit untuk secara lembut menghilangkan lapisan terluar kulit. Cara ini bekerja dengan optimal pada kulit kusam, bintik-bintik cokelat, atau bintik karena usia.

  • Target Kulit untuk Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi sebenarnya dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Metode ini menghasilkan perubahan yang tidak akan menimbulkan perubahan warna kulit atau bekas luka. Namun, cara ini tidak efektif untuk masalah yang lebih dalam seperti bekas luka, stretch mark, kerutan atau bekas luka jerawat dalam.

  • Yang Harus Dilakukan Sebelum Prosedur

Sebelum menjalani prosedur mikrodermabrasi, Anda akan berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter yang akan menangani Anda. Dokter akan menjelaskan tentang tujuan yang ingin dicapai, serta prosedur yang akan digunakan.

  • Apa yang Terjadi Setelah Mikrodermabrasi

Setelah melakukan prosedur ini, kulit akan sedikit berwarna kemerahan dan terasa kering dan kencang seperti terbakar matahari atau terpapar angin. Sensasi ini akan terasa selama setidaknya 24 jam, jadi gunakanlah pelembab. Namun ingat, beberapa jenis make up tidak boleh digunakan setidaknya selama 24 jam setelah prosedur.

  • Perawatan Setelah Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi pada dasarnya lebih sederhana dari teknik dermabrasi. untuk itu, perawatan setelah prosedur juga lebih mudah. Anda akan dianjurkan untuk menggunakan pelembab dan tabir surya. Selain itu Anda juga dianjurkan untuk menghindari sinar matahari selama beberapa hari setelah prosedur tersebut.

Setelah memahami beberapa ulasan singkat mengenai mikrodermabrasi di atas, bagaimana pendapat Anda? Apakah ingin mencoba prosedur ini?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi