Terbit: 14 April 2018 | Diperbarui: 18 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com-Dimana Anda menyimpan makanan biasanya? Kita kerap menganggap bahwa kulkas menjadi tempat yang tepat untuk menyimpan berbagai jenis makanan ya. Padahal setiap makanan punya tempat penyimpanan yang harus disesuaikan dengan masing-masing jenis makanannya lo.

Wajib Tahu, Cara Penyimpanan Tepat Untuk Berbagai Jenis Makanan

Academy Nutrition and Dietetics mengeluarkan panduan penyimpanan makanan yang tepat. Panduan ini dibuat dengan memerhatikan jenis dan suhu yang cocok untuk masing-masing makanan.

Cara penyimpanan makanan yang tepat adalah:

1. Makanan kaleng, beras, dan mi kering

Makanan kaleng yang bisa bertahan lebih dari dua tahun sebaiknya disimpan di rak tertutup dengan suhu ruang. Menyimpan di lemari dapur dengan ventilasi yang baik lebih dianjurkan. Hal ini juga berlaku untuk mi atau spageti kering dan beras. Usahakan menyimpan mi atau beras dalam wadah yang tertutup.

2. Saus dan selai

Berbagai saus, mayones, kecap atau selai, saat masih tersegel, dapat disimpan di rak terbuka pada suhu ruang. Jika sudah terbuka maka kita dianjurkan menyimpannya dalam kulkas.

3. Bawang dan kentang

Simpan kentang dan bawang pada tempat terbuka dengan suhu ruang di tempat yang sejuk dan gelap. Penyimpanan di rak tertutup atau tempat yang terpapar sinar matahari langsung tidak dianjurkan karena akan memengaruhi bahan makanan.

4. Buah-buahan

Simpan buah di tempat terbuka, jika Anda berencana menghabiskannya dalam waktu 1-2 hari. Jika buah belum matang dan tidak Anda habiskan dalam 3 hari maka penyimpanan di kulkas, pada bagian khusus buah.

5. Sayur

Gunakan tempat khusus sayur yang ada pada kulkas, tempat tersebut didesain khusus dengan kelembaban yang cocok untuk menjaga sayur tetap segar. Bagi dua tempat tersebut untuk memisahkan antara sayur dan buah.

6. Daging

Tempatkan daging, unggas atau seafood di rak bagian paling bawah kulkas. Jika Anda berencana menyimpannya dalam jangka waktu lama maka letakkan pada frezeer dengan penanganan yang tepat.

7. Susu, telur dan keju

Letakkan susu, telur dan keju di rak paling atas kulkas. Tempat ini umumnya paling dingin sehingga cocok untuk menjaga kualitas dairy product tersebut.

Nah, kini Anda sudah tahu cara menyimpan bahan makanan di tempat yang tepat, kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi