Terbit: 27 June 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Asam lambung adalah masalah pencernaan yang dapat diatasi dengan vitamin tertentu. Vitamin dapat membantu meringankan gejala dan mencegah kekambuhan. Lantas, apa saja vitamin untuk penderita asam lambung? Yuk, cari tahu selengkapnya dalam artikel ini!

5 Vitamin yang Cocok untuk Penderita Asam Lambung

Ragam Vitamin untuk Penderita Asam Lambung

Naiknya asam lambung dapat diatasi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup. Mengonsumsi makanan seimbang yang kaya vitamin tertentu juga bisa membantu meringankan dan mengelola gejala asam lambung.

Berikut sejumlah vitamin untuk penderita asam lambung:

1. Vitamin B

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin B dapat membantu mengobati asam lambung. Satu penelitian menemukan bahwa peningkatan asupan vitamin B dapat mengurangi risiko refluks esofagitis, suatu kondisi yang ditandai dengan peradangan di kerongkongan yang sering disebabkan oleh asam lambung.

Meski begitu, perlu diingat bahwa vitamin B hanyalah salah satu komponen, jadi belum jelas seberapa besar pengaruh vitamin B secara spesifik. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi bagaimana vitamin B dapat memengaruhi gejala asam lambung apabila digunakan sendiri.

2. Vitamin B-6

Vitamin B6 adalah vitamin yang bisa membantu mengurangi gejala asam lambung. Menurut penelitian yang diteribitkan di Journal of Pineal Research, gejala GERD berkurang setelah melengkapi diet dengan vitamin ini.

Makanan yang dapat diperkaya dengan vitamin esensial ini seperti gandum utuh, roti, dan sereal. Vitamin B6 dapat ditemukan sebagai suplemen atau dalam makanan seperti daging, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

3. Vitamin B12

Menurut sebuah penelitian di Journal of Pineal Research di tahun 2006, melengkapi diet dengan vitamin B12 dapat membantu dalam regresi gejala GERD. Jadi, ini bisa menjadi vitamin untuk penderita asam lambung.

Vitamin B12 didapatkan dalam makanan hewani termasuk ayam, daging merah, ikan, telur, dan produk susu. Selain itu, vitamin B12 juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Jika Anda vegetarian atau vegan dan tidak mengonsumsi produk hewani, mungkin tubuh Anda kekurangan vitamin ini. Oleh karenanya, konsultasikan dengan dokter tentang penggunaan suplemen.

4. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan lain yang bisa membantu menawarkan perlindungan terhadap perkembangan GERD. Selain kandungan antioksidan yang kuat, vitamin E juga mendukung kekebalan tubuh dan kesehatan jantung.

Meski begitu, Anda hanya boleh mengonsumsi suplemen vitamin E di bawah arahan dokter karena potensi masalah kesehatan yang ditimbulkannya.

Namun, Anda dapat menemukan vitamin esensial ini dalam berbagai makanan seperti bayam, minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan dan mentega kacang.

Baca Juga: 11 Buah untuk Penderita Asam Lambung yang Aman Dikonsumsi

5. Vitamin A

Diet tinggi antioksidan, termasuk vitamin A bisa membantu mencegah GERD. Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas, zat yang menyebabkan kerusakan sel, infeksi, dan penyakit dalam.

Mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin A bisa membantu kesehatan pencernaan dan meredakan gejala asam lambung.

Vitamin A tersedia dalam bentuk suplemen dan makanan. Sumber makanan yang baik dari vitamin A termasuk hati, telur, ubi jalar, labu, wortel, dan bayam.

Baca Juga: 10 Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik Kambuh

Nah, itulah sejumlah vitamin yang cocok untuk penderita asam lambung. Apabila ingin memanfaatkan vitamin untuk mengatasi asam lambung, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat.

 

  1. Anonim. 2013. Supplements For Acid Reflux Related Vitamin Deficiency. https://medcline.com/blogs/acid-reflux/nutrient-deficiency-linked-to-acid-reflux#folate. (Diakses pada 27 Juni 2022)
  2. Andrews, Jill. 2019. 6 Vitamins Useful for Acid Reflux. https://www.livestrong.com/article/376906-vitamins-for-acid-reflux/. (Diakses pada 27 Juni 2022)
  3. Link, Rachael. 2021. 6 Vitamins and Supplements for Acid Reflux. https://www.healthline.com/nutrition/vitamins-for-acid-reflux. (Diakses pada 27 Juni 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi