Terbit: 19 March 2018 | Diperbarui: 27 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Apakah Anda ingin mendapatkan manfaat whole grain dengan maksimal? Kita akan merasakan manfaat dari suatu bahan makanan, tentu jika telah mengonsumsinya dengan jumlah yang tepat. Lalu untuk whole grain, kira-kira bagaimana caranya agar kita bisa mengonsumsinya dengan jumlah yang tepat?

Tips Pemilihan Makanan Kaya Whole Grain

Seperti yang kita ketahui, whole grain adalah salah satu sumber karbohidrat yang kaya manfaat karena mengandung berbagai zat gizi seperti protein, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Menurut British Dietitian Association, whole grain 75% lebih bernutrisi jika dibandingkan dengan grain biasa.

Untuk memperoleh manfaat dari whole grain, Minnesota Departemen of Health menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi 3 porsi saji whole grain dalam satu hari, kita sudah dapat merasakan manfatnya untuk tubuh.

Konsumsi 3 porsi whole grain dapat terpenuhi jika kita memilih whole grain dalam berbagai jenis makanan kita. Untuk itu beberapa tips dari British Dietitian Association dan Minnesota Departemen of Health agar kita bisa merasakan manfaat dari konsumsi whole grain adalah:

  • Memilih jenis whole grain sebagai bahan makanan
  1. Pilih karbohidrat yang termasuk whole grain misalnya brown rice , roti dengan gandum utuh, sereal gandum atau biji-bijian utuh, buckwheat , oats dan jagung. Pada makanan kemasan perhatikan kandungan whole grain pada label makanan yang menunjukkan penggunaan whole grain sebagai bahan baku produknya.
  • Mengonsumsi whole grain pada minimal 3 kali waktu makan

Misalnya saat makan besar (makan pagi, siang atau malam) 2 kali diantaranya mengonsumsi oats atau brown rice . Saat camilan, pilih whole grain sebagai pilihan sncak yaitu dengan mengonsumsi roti dengan gandum, biskuit whole grain atau olahan oatmeal .

  • Konsumsi sesuai porsi

Satu porsi whole grain sama dengan 1 potong roti dengan 100% tepung whole grain , 5 potong sedang biskuit atau crakers, ½ cup atau kurang lebih 1 centong brown rice , oatmeal atau sereal.

Konsumsi whole grain umumnya tidak berbeda dengan makanan berkarbohidrat biasa namun lebih berfokus pada pemilihan atau penggantian jenis makanan berkarbohidrat. Untuk kebutuhan jumlah karbohidrat yang kita perlukan tentu tidak mengalami perubahan karena kebutuhan tubuh akan jumlah zat gizi tetap sama dengan biasanya.

Konsumsi whole grain dilakukan dengan penggantian jenis makanan, namun meskipun tergolong mudah dilakukan tapi manfaat yang bisa kita dapatkan sangat besar.

Jadi bagiamana, apakah Anda akan mencoba mengonsumsi whole grain?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi