Terbit: 8 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bosan jika harus makan buah dan sayur di setiap kali makan? Tidak dapat dipungkiri jika kita memang harus mengonsumsi buah dan sayur yang cukup setiap hari.

3 Tips Makan Sayur dan Buah Setiap Hari

Beberapa asosisasi kesehatan dan gizi menganjurkan bahwa cara paling mudah agar kita banyak makan buah dan sayur adalah dengan mengonsumsinya di setiap waktu makan. Bagaimana caranya?

Dalam satu hari kebutuhan buah dan sayur kita adalah 400 gram setiap hari. Angka tersebut setara dengan 2-3 porsi buah dan 3-4 porsi sayur. Sehinga kita akan membagi kebutuhan tersebut dalam setiap kali waktu makan kita, baik makan besar ataupun snack.

Menurut British Dietitian Association, contoh konsumsi buah dan sayur dalam sehari adalah:

1.Makan pagi/sarapan

Saat sarapan kita dapat mengonsumsi olahan buah yang disajikan dalam bentuk utuh dan di jus. Contohnya mengonsumsi buah pisang dan jus buah sebagai pilihan minuman saat sarapan.

2. Selingan atau snack pagi

Untuk memenuhi kebutuhan sayur, maka pilih snack berbahan dasar sayur misalnya roti dengan salad sayur dilengkapi saus/dressing.

3. Makan siang

Selalu konsumsi 1-2 porsi sayur saat makan siang. Hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi 2 posi untuk 1 jenis sayur atau mengonsumsi 2 jenis sayur namun dengan 1 porsi.

4. Selingan atau snack siang/sore

Olahan biskuit dengan buah utuh seperti mangga atau melon bisa dipillih. Selain itu smoothies buah bisa jadi pilihan snack yang tepat.

5. Makan malam

Sama dengan makan siang, saat makan malam kita dapat mengonsumsi satu porsi sayur. Olahan sayur bisa ditambahkan dengan berbagai jenis bumbu sehingga lebih kaya rasa.

Dengan penerapan konsumsi buah dan sayur di setiap kali makan kita dapat memenuhi kebutuhan 400 gram buah dan atau sayur setiap harinya.

Tercukupinya kebutuhan buah dan sayur akan membuat kebutuhan vitamin dan mineral tubuh terpenuhi sehingga akan mendukung kondisi kesehatan tubuh yang optimal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi