Terbit: 8 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Sudah makan buah dan sayur hari ini? Ada berbagai ajakan untuk hidup sehat, salah satunya agar rajin makan buah dan sayur.  Hal ini sangat wajar karena asupan buah dan sayur kita harus terpenuhi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh.

4 Tips Agar Terbiasa Mengonsumsi Buah dan Sayur

Nah, World Health Organization (WHO) menganjurkan konsumsi buah dan sayur sebanyak 400 gram setiap harinya. Hal tersebut setara dengan 3-4 porsi buah dan 4-5 porsi sayur, angka tersebut meupakan target asupan buah dan sayur kita setiap harinya.

Jika belum terbiasa maka target tersebut tentu sulit untuk dilakukan. Maka dari itu beberapa tips dari British Dietitian Association agar asupan buah dan sayur kita terpenuhi adalah:

1.Menyediakan stok buah dan sayur

Menyediakan buah dan sayur dalam wadah penyimpanan atau kulkas akan membuat kita terbiasa mengonsumsi buah dan sayur. Hal ini dapat meningkatkan asupan buah dan sayur karena kita telah menyediakan bahan makanan tersebut sehingga lebih mudah dijangkau. Beberapa alternatif untuk stok buah bisa menggunakan buah kalengan jika penyimpanannya tidak di kulkas.

2.Memilih buah dan sayur yang sedang musim

Asupan buah dan sayur segar tentu sangat baik untuk untuk memenuhi kebutuhan gizi kita. Memilih buah dan sayur yang sedang musim dapat dijadikan pilihan karena selain mudah didapatkan kita juga akan memperoleh asupan jenis zat gizi yang cukup beragam.

3.Menambahkan buah dan sayur pada berbagai menu

Jika kita biasanya haya mengonsumsi daging stik atau ayam lalapan dengan sedikit sayur, maka untuk mencapai target asupan buah dan sayur, tambahkan lebih banyak sayur pada makanan berprotein hewani kita. Jika anda mengonsumsi satu porsi stik daging maka imbangi dengan sayur potong (misalnya wortel atau buncis potong) sebanyak 2 sendok sayur.

4.Usakahan mengonsumsi buah dan sayur dalam setiap kali makan

Buah atau sayur harus selalu kita konsumsi setiap kali makan besar (makan pagi, siang malam) dan saat selingan atau snack.

Beberapa tips diatas akan memudahkan kita dalam mencapai target asupan buah dan sayur dalam sehari. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi