Terbit: 2 Agustus 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Pernah dengar tiger nuts? Superfood ini mungkin jarang atau bahkan baru mendengarnya karena asalnya dari Mediterania dan populer di beberapa negara seperti Afrika, Mesir, Spanyol, Inggris, dan Amerika. Berkat kandungan nutrisi di dalamnya membuat makanan ini sangat sehat, selengkapnya simak berbagai khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan!

Tiger Nuts: 10 Manfaat Kesehatan, Kandungan, dan Cara Mengonsumsi

Apa Itu Tiger Nuts?

Tiger nuts adalah camilan sehat yang juga dikenal sebagai chufa, yellow nutsedge, atau earth almond, yang sebenarnya bukan kacang, melainkan sejenis umbi.  Umbi ini seukuran kacang buncis tetapi keriput dengan tekstur kenyal dan terasa sedikit manis yang mirip dengan kelapa. Adanya garis-garis seperti corak harimau di bagian luarnya membuatnya memiliki nama tersebut.

Tiger nuts adalah salah satu tanaman pertama yang dibudidayakan di Mesir dan secara tradisional digunakan sebagai makanan dan obat-obatan. Superfood ini kaya akan berbagai nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan, seperti menyehatkan pencernaan hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Kandungan Nutrisi Tiger Nuts

Makanan ini mengandung berbagai nutrisi dan senyawa tanaman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi tersendiri tergantung pada jenis umbi ini, karena ada tiga varietas utama, termasuk yang hitam, cokelat, dan kuning.

Dalam satu ons (28 gram) tiger nuts mengandung nutrisi berikut:

  • Kalori: 103-121
  • Serat: 2–7 gram
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 7–9 gram
  • Vitamin E: 278% dari angka kecukupan gisi (AKG) harian
  • Zat besi: 13–40% dari AKG
  • Fosfor: 9-11% dari AKG
  • Vitamin C: 2–8% dari AKG
  • Magnesium: 7% dari AKG
  • Zinc: 5-7% dari AKG
  • Kalium: 3-5% dari AKG
  • Kalsium: 1% dari AKG

Tiger nuts juga mengandung antioksidan yang tinggi, merupakan senyawa bermanfaat yang dapat membantu mencegah penuaan dan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Umbi ini juga mengandung antinutrisi, seperti fitat, oksalat, saponin dan tanin, yang bisa mengurangi penyerapan nutrisi di usus.

Daftar Manfaat Tiger Nuts untuk Kesehatan

Umbi ini telah digunakan berbagai pengobatan tradisional sejak dahulu, tetapi manfaat kesehatannya sebagian besar belum melalui penelitian secara klinis. Karena masih memerlukan penelitian lebih lanjut, kemungkinan lebih banyak manfaat kesehatan lainnya karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Berikut ini daftar manfaat tiger nuts yang bagus untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Umbi chufa ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fat acids (MUFA) dalam jumlah tinggi. Manfaat MUFA dapat menurunkan kadar kolesterol jahat alias low-density lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik alias high density lipoprotein (HDL) dalam tubuh. Ini pada akhirnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, umbi ini mengandung arginin yang tinggi, merupakan asam amino yang membantu tubuh memproduksi oksida nitrat. Oksida nitrat dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

2. Mengontrol Diabetes

Kandungan serat tidak larut dalam umbi ini membantu mengontrol kadar gula darah, karena merupakan jenis karbohidrat yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Sebuah penelitian di tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy & Bioallied Sciences mendeteksi adanya efek Cyperus rotundus pada tikus diabetes (hewan percobaan), yang memiliki banyak kemampuan antioksidan serupa dalam umbi ini.

Setelah tiga minggu, peneliti tersebut menemukan bahwa pengobatan tersebut menunjukkan adanya efek antidiabetes. Hal ini menunjukkan tanda-tanda positif untuk manfaat tiger nuts sebagai pengobatan diabetes.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kacang macan ternyata memiliki khasiat untuk mencegah dari sakit, karena memiliki kemampuan dalam meningkatkan imunitas alias sistem kekebalan tubuh.

Dalam sebuah penelitian di tahun 2009, ekstrak chufa menunjukkan efektivitas maksimum terhadap beberapa bakteri, seperti Escherichia coli (E. coli), Salmonella, dan Staphylococcus.

Itulah manfaatnya yang membuat umbi ini sebagai salah satu makanan sehat sehari-hari dalam meningkatkan kesehatan tubuh.

4. Mengelola Alergi

Manfaat tiger nuts dapat membantu mengelola alergi lebih baik dengan bertindak sebagai pengganti makanan yang mengandung alergen umum. Misalnya, tepung umbi adalah alternatif bebas gluten untuk tepung yang mengandung gandum. Susu umbi ini juga merupakan alternatif pengganti susu sapi yang mengandung laktosa.

5. Antibakteri

Satu penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak umbi chufa memiliki sifat antibakteri. Ekstrak chufa ini sangat efektif melawan bakteri E. coli, S. aureus, dan Salmonella sp di lingkungan cawan petri.

Meski begitu, masih memerlukan penelitian lebih lanjut terutama pada manusia, untuk menentukan apakah makan umbi chufa dapat memberikan perlindungan terhadap beberapa bakteri tersebut.

 

6. Mengatasi Sembelit

Umbi chufa adalah sumber serat yang baik bagi kesehatan, terutama pencernaan. Serat makanan dalam umbi ini telah terbukti menyehatkan pencernaan dengan meningkatkan frekuensi buang air besar (BAB) dan mengatasi sembelit.

Hal tersebut karena serat tidak larut dalam umbi ini dapat meningkatkan jumlah air dalam feses atau menambah volume feses, serta membantu makanan bergerak melalui usus dengan mudah, yang mengurangi kemungkinan sembelit.

7. Meningkatkan Kesehatan Usus

Serat dalam tiger nuts adalah prebiotik yang berarti dapat mendorong pertumbuhan bakteri probiotik atau bakteri usus baik yang melancarkan pencernaan. Ini juga mengandung enzim pencernaan yang membantu pencernaan makanan yang tepat di usus sehingga mencegah gas, gangguan pencernaan, dan diare.

8. Menurunkan Berat Badan

Serat juga menjadi bagian penting dari pola makan sehari-hari. Hal ini membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko kolesterol tinggi (seperti penyakit jantung).

Satu porsi umbi chufa mengandung sekitar 10 gram serat. Serat ini juga membantu mempercepat penurunan berat badan. Ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk sering makan atau makan berlebihan.

9. Bagus untuk Kehamilan

Chufa mengandung protein dan mineral penting, sehingga menjadikannya makanan yang sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan mineral seperti fosfor, kalium, zinc, selenium, dan tembaga bermanfaat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

10. Meningkatkan Libido

Sejak dahulu, manfaat tiger nuts telah digunakan sebagai afrodisiak untuk meningkatkan libido. Khasiat ini sangat populer di kalangan pria Afrika, yang telah mengonsumsi umbi chufa selama beberapa generasi untuk meningkatkan jumlah sperma dan mengobati disfungsi ereksi.

Bahkan menurut beberapa penelitian pada tikus telah mengkonfirmasi bahwa makan umbi ini secara teratur dapat merangsang aktivitas seksual, yang ditunjukkan dengan peningkatan kadar testosteron.

Sebagian besar orang mengklaim bahwa umbi chufa secara positif memengaruhi dorongan seks pria. Namun, hal ini belum terbukti secara ilmiah. Sementara penelitian pada tikus telah menentukan bahwa makan chufa meningkatkan perilaku seksual pada pria dan menurunkan kelainan sperma pada tikus.

 

Cara Mengonsumsi Tiger Nuts

Ada banyak pilihan bagaimana cara menikmati superfood ini, berikut caranya:

  1. Makan umbi ini secara utuh adalah cara terbaik. Makanan ni adalah pilihan camilan yang sangat sehat dan lezat. Anda bisa mencampurkannya dengan kacang lain.
  2. Sebagian orang mungkin tidak suka menikmatinya dalam keadaan mentah karena membutuhkan sedikit mengunyah. Untuk itu,rendalah dalam air selama beberapa waktu dan menambahkan sedikit garam. Cara ini akan membuatnya lebih mudah Anda nikmati dan terasa enak.
  3. Umbi ini bisa menjadi tambahan yang enak dan sehat untuk sarapan. Anda dapat menambahkannya ke dalam sereal, bubur, atau smoothie.
  4. Gunakan sebagai bahan selai kacang, cara membuatnya sama seperti cara membuat selai kacang, almond, atau kacang mete buatan sendiri.
  5. Tiger nuts juga bisa Anda keringkan dan membuatnya menjadi bubuk untuk membuat tepung yang bisa digunakan untuk memasak beberapa jenis makanan.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Tiger Nut Benefits for Women | Tiger Nuts for Women. https://helth.co/tiger-nut-benefits-for-women-tiger-nuts-for-women/ (Diakses pada 2 Agustus 2021)
  2. Brennan, Dan. 2020. Health Benefits of Tiger Nuts. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-tiger-nuts#1 (Diakses pada 2 Agustus 2021)
  3. Edwards, Rebekah. 2021. Tiger Nuts: The Antibacterial, Fiber-Packed ‘Nut’. https://draxe.com/nutrition/tiger-nuts/ (Diakses pada 2 Agustus 2021)
  4. Petre, Alina. 2018. 6 Emerging Health Benefits of Tiger Nuts. https://www.healthline.com/nutrition/tiger-nuts (Diakses pada 2 Agustus 2021)
  5. Tadimalla, Teja R. 2019. The 6 Amazing Health Benefits Of Tiger Nuts. https://www.stylecraze.com/articles/health-benefits-of-tiger-nuts/ (Diakses pada 2 Agustus 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi