Terbit: 9 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Siapa yang tidak suka camilan? Camilan atau snack kerap kita anggap tidak sehat apalagi jika kita sedang menjalankan diet penurunan berat badan, camilan dianggap akan membuat diet gagal. Padahal jika dipilih dengan tepat camilan juga dapat membuat kita sehat.

4 Camilan Sehat Bergizi, Mana yang Paling Anda Suka?

Kebanyakan makanan yang kita anggap camilan adalah makanan yang memiliki banyak lemak, gula dan garam. Hal tersebut yang menyebabkan kebiasaan ngemil menjadi kebiasaan yang kurang tepat. Maka dari itu kita harus mengetahui bahan makanan apa yang baik dipilih sebagai camilan.

Pemilihan camilan yang tepat dan terencana dapat membuat asupan gizi seperti vitamin, mineral, protein dan serat tubuh kita terpenuhi. Hal tersebut tentu dapat terpenuhi dengan menentukan bahan makanan apa yang tepat kita pilih sebagai camilan. Menurut British Dietitian Association beberapa bahan makanan yang baik dipilih sebagai camilan adalah:

1.Buah dan sayur

Seperti yang kita ketahui buah dan sayur merupakan bahan makanan yang kaya serat. Buah dan sayur segar juga kaya vitamin dan mineral. Kita bisa mengolah berbagai jenis buah dan sayur menjadi jus buah atau salad. Apel, melon, wortel dan nanas bisa menjadi pilihan buah dan sayur untuk berbagai olahan.

2. Makanan berkarbohidrat yang tinggi serat

Roti, kentang dan beberapa jenis sereal yang kaya serat dapat menjadi pilihan camilan yang baik. Makanan ini kaya akan kandungan serat dan mineral utamanya pada olahan utuh, misalnya roti gandum.

3. Makanan berprotein

Biasanya kita mengonsumsi makanan beprotein sebagai lauk dalam makanan kita. Namun sebenarnya dengan pemilihan yang tepat asupan protein kita dapat terpenuhi dan dapat membuat tubuh kita berenergi. Beberapa pilihan camilan dari makanan berprotein adalah kacang tanah, telur rebus dan campuran kacang dan biji-bijian (nut and seed mix)

4. Susu dan olahan susu

Memilih camilan yang berbahan dasar susu bisa meningkatkan asupan mineral tubuh utamanya kalsium. Selain itu pilihan olahan susu seperti yoghurt dan keju juga dapat menjadi pilihan. Namun agar snack kita tetap sehat, pilih olahan susu yang rendah lemak.

Itu dia pilihan bahan makanan yang baik untuk camilan. Bahan makanan yang baik untuk camilan tidak hanya enak rasanya namun juga harus dapat memenuhi asupan zat gizi untuk tubuh kita. Jadi saat mau ngemil, pilih bahan makanan tersebut, ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi