Terbit: 22 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Menurut Kementerian Kesehatan RI sarapan yang baik terdiri dari karbohidrat, protein dan buah atau sayur. Umumnya saat sarapan kita mudah dalam mengkonsumsi dalam karbohidrat dan protein. Namun beberapa orang ada yang mengalami kesulitan dalam mengkonsumsi buah dan sayur, utamanya buah. Biasanya hal ini disebabkan banyak hal seperti tidak biasa mengkonsumsi buah saat pagi atau karena rasa yang tidak nyaman saat makan buah dan sayur.

Saat Sarapan Sulit Makan Buah dan Sayur? Coba Cara Ini Deh!

Asupan buah dan sayur diperlukan tubuh sebagai sumber serat. Kebutuhan serat harian orang dewasa adalah 30-35 gram per hari. Angka tersebut akan mudah kita penuhi apabila dalam setiap kali kita makan besar, baik saat sarapan, makan siang atau makan malam dan snack terdapat asupan serat. Sehingga saat sarapan kita sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.

Buah dan sayur adalah makanan yang mengandung serat tinggi. Namun apabila kita memiliki masalah dalam mengosumsi buah dan sayur saat sarapan ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya yaitu:

  1. Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat yang tinggi serat

Meskipun kandungan serat yang ada pada makanan berkarbohidrat tidak sebanyak pada buah dan sayur namun pemilihan makanan berkarbohidrat yang mengandung banyak serat akan meningkatkan asupan serat tubuh kita. Beberapa contoh makanan berkarbohidrat yang tinggi adalah:

    • Beras merah
      Dibandingkan dengan beras biasa, beras merah memiliki kandungan serat 5 gram lebih tinggi pada porsi yang sama
    • Roti gandum
      Roti dengan gandum utuh memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan roti putih biasa. Roti dengan gandum utuh sudah cukup banyak tersedia di swalayan-swalayan besar.
  1. Membiasakan makan buah dan sayur secara bertahap

Kandungan serat yang tinggi umumnya tidak bisa didapatkan dari bahan makanan selain buah dan sayur. Sehingga kita sebaiknya membiasakan makan buah dan sayur pada pagi hari. Hal ini dapat dicoba dengan secara bertahap mengkonsumsi buah atau sayur dalam porsi yang kecil terlebih dahulu dan ditingkatkan apabila sudah terbiasa.

Asupan serat dari buah dan sayur merupakan bagian penting dari sarapan. Dengan melakukan pemilihan makanan yang tepat maka asupan serat kita saat sarapan dapat tetap terpenuhi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi