Terbit: 18 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Tahukah Anda apa itu IBD? Inflammatory Bowel Disease atau penyakit usus inflamatorik hampir memiliki kesamaan dengan penyakit IBS. Akan tetapi penyebab dari kedua penyakit ini berbeda. Penderita penyakit IBD lebih rentan mengalami kekurangan asupan gizi, maka dari itu penting dipahami bagaimana pengaturan makan penderita IBD.

Penderita IBD, Ini Pengaturan Makan Yang Perlu Diperhatikan

Menurut Crohn’s and Colitis Foundation of American salah satu penyebab penyakit ini adalah gangguan pada penyerapan zat makanan di pencernaan dikarenakan gangguan atau adanya penyakit.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan penderita IBD sangat rentan kekurangan asupan gizi. Beberapa hal yang dapat terjadi jika asupan gizi penderita IBD tidak terpenuhi adalah terjadinya kekurangan vitamin A,D,E, K dan B12, anemia, hipalbuminemia, hipomagnesemia, hipokalisemia, dan beberapa mineral, serta berkurangnya asupan antioksidan dalam tubuh.

Untuk mencegah hal tersebut, beberapa anjuran makan yang perlu diperhatikan, menurut Crohn’s and Colitis Foundation dan buku Clinical Prinsip of Nutrition, adalah:

 

  • Menghindari makanan yang dapat menimbulkan reaksi alergi

 

    1. Reaksi alergi bisa muncul dari susu dan olahannya serta produk kacang-kacangan. Timbulnya reaksi alergi dapat menganggu pencernaan dan memperparah gejala penyakit.
  • Menghindari makanan yang bisa merangsang dan menganggu pencernaan

 

    1. Beberapa contoh bahan makanan yang bisa merangsang pencernaan adalah makanan pedas dan sangat manis utamanya dari pemanis buatan. Makanan yang dapat menganggu pencernaan adalah makanan yang mengandung gas seperti sayur brokoli, wortel dan beberapa jenis pemanis.
  • Makan dalam jumlah kecil namun sering

 

    1. Agar asupan zat gizi tetap terpenuhi namun tidak menyebabkan gangguan pada pencernaan.
  • Tetap memenuhi kebutuhan gizi tubuh

 

    1. Kebutuhan karbohidrat, protein dan lemak tetap harus dipenuhi namun dengan pemilihan yang cermat sehingga tidak merangsang pencernaan
  • Konsumsi omega-3

 

    Suplemen asam lemak omega-3 disebut mampu menyembuhkan radang pada pencernaan sehingga dianjurkan dikonsumsi.

Kebutuhan gizi penderita IBD harus tetap terpenuhi meskipun ada gangguan pada pencernaannya.

Pemilihan makanan diatas akan mendukung proses penyembuhan dan mencegah keparahan penyakit. Jadi, penderita IBD harus memilih jenis bahan makanan yang tepat ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi