Terbit: 27 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Puasa sudah berjalan dua minggu, nih. Bagaimana kabar Anda semuanya? Tubuh tetap sehat dan langsing bukan selama menjalankan puasa?

Ingin Tetap Langsing Setelah Puasa, Makan Ini Saat Berbuka

Kalau berat badan yang Anda miliki malah naik, berarti ada yang salah dengan pola makan dan menu makannya. Secara tidak sadar, Anda makan terlalu banyak lemak dan juga gula.

Nah, mumpung masih dua minggu lagi menjelang Lebaran, kenapa berat badannya tidak kita turunkan lagi? Kalau pun tidak berkurang, minimal bisa kembali seperti semula lah.

Bagaimana, mau menurunkan berat badan, kan? Kalau mau, yuk simak beberapa makanan atau bahan makanan yang bisa membuat Anda tetap langsing dan sehat selama puasa.

  1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks adalah jenis bahan makanan selain nasi, gula, dan pemanis lainnya. Biasanya karbohidrat jenis ini punya GI Indeks yang lebih kecil dan memberikan efek kenyang lebih lama.

Anda bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks ini dari roti olahan gandum, oat yang dicampur susu, atau berat merah. Karbohidrat jenis ini bisa digunakan untuk mengganjal perut sehingga makannya tidak kalap.

  1. Olahan daging sapi

Kalau ingin menu berbuka puasanya sehat dan tidak menyebabkan gemuk, coba konsumsi daging sapi tanpa lemak. Daging ini bisa diolah menjadi krengesengan, steak, atau makanan lainnya.

Daging sapi yang dikonsumsi akan memberikan asupan protein yang cukup banyak. Protein ini akan membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Perbanyak makanan berserat

Saat sedang berbuka puasa, kita sering kalap dan makan apa saja yang ada. Kondisi ini semakin diperparah dengan kebiasaan nyemil sebelum tidur agar perut semakin kenyang.

Agar makan malam saat puasa tidak menyebabkan kita jadi kalap dan tidak memperhatikan kandungan nutrisi dan kalori, makanlah banyak sayur. Aneka sayuran hijau mengandung serat yang membuat perut kenyang lebih lama.

Sayur yang dikonsumsi juga melancarkan buang air besar. Anda akan jarang mengalami sembelit saat puasa akibat terlalu banyak makanan berlemak dan kurang air.

Oh ya, sayuran hijau yang berserat juga mengandung cukup banyak zat besi. Nutrisi ini baik untuk darah sehingga kondisi anemia akan jarang terjadi.

  1. Daging ikan laut atau ikan kolam

Selain daging merah dari sapi (boleh domba atau kambing juga), Anda juga disarankan untuk makan ikan. Ikan yang bisa dikonsumsi bisa berasal dari laut atau kolam darat.

Ikan mengandung cukup banyak protein yang bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, ikan juga mengandung lemak yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Saat berbuka puasa, makanlah ikan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Anda bisa membuatnya jadi ikan bakar atau dibuat jadi stim yang nikmat.

  1. Buah sehat yang mengenyangkan

Saat puasa kita akan butuh sesuatu yang manis untuk mengembalikan energi secara instan. Nah, daripada Anda minum es teh terlalu banyak, lebih baik makan buah saja.

Buah yang bisa dimakan terdiri dari kurma, semangka, melon, buah naga, atau buah lain yang memiliki rasa dominan manis. Lebih lanjut, buah dengan sedikit rasa asam juga dibolehkan untuk asupan vitamin C.

Selain buah yang manis, Anda juga disarankan untuk makan buah yang mengenyangkan. Konsumsilah avokad saat berbuka dengan dicampur dengan makanan atau dibuat jus dengan sedikit gula.

Avokad dipilih karena memiliki lemak yang baik untuk tubuh. Bahkan lemak ini mudah dicerna sehingga tubuh selalu bertenaga.

Nah, dari lima makanan atau bahan makan di atas, mana saja yang sering Anda konsumsi saat berbuka puasa?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi