Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 8 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Mentega merupakan salah satu jenis dari produk susu yang terkenal dengan kandungan protein. Tidak heran jika mentega juga kerap digunakan sebagai salah satu bahan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kendati sejumlah mentega mengandung lemak jenuh, akan lebih baik jika Anda yang menggunakan mentega organic yang kandungan lemaknya lebih sedikit. Berikut sejumlah manfaat mentega bagi kesehatan tubuh.

Mentega Ampuh Mencegah Sejumlah Penyakit Ini!

Photo Credit: flickr.com/ Johanna Beyenbach

1. Mencegah Radikal Bebas

Salah satu kandungan dalam mentega adalah antioksidan. Antioksidan merupakan salah satu bahan aktif yang melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Seperti yang telah diketahui, radikal bebas bisa didapatkan dari sinar UV mau pun udara yang terpolusi. Bisa juga dari bahan-bahan kimia yang terkandung pada skincare dan kosmetik.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Dilansir dari laman Organic Facts, mentega juga mengandung vitamin A. Sebagai tambahan informasi, vitamin A merupakan vitamin yang dapat mencegah munculnya sel-sel kanker dalam tubuh. Tidak tanggung-tanggung, vitamin A mampu mencegah tumbuhnya sel kanker payudara, hingga kanker prostat.

serangan jantung-doktersehat

3. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Mentega ternyata mengandung kolesterol HDL yang ampuh dalam mencegah naiknya kadar kolesterol jahat pada tubuh. Tidak hanya itu saja, mentega yang mengandung omega-3 juga dapat mengurangi kadar kolesterol LDL yang bisa saja menyumbat pembuluh arteri. Tidak heran jika mengonsumsi mentega ampuh dalam mengurangi risiko kolesterol.

Kendati mentega memiliki kandungan bahan dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, ternyata Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan lain untuk menyeimbangkan asupan gizi. Tidak hanya itu saja, agar tubuh menjadi lebih sehat, jangan melewatkan waktu berolahraga secara rutin. Anda juga dapat menambahkan suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi