Terbit: 21 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Rice bran oil atau nama lainnya minyak dedak adalah bahan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular, serta menjaga kecantikan kulit dan rambut. Cek apa manfaat rice bran oil dan cara menggunakannya di sini!

7 Manfaat Rice Bran Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Rice Bran Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

Di Indonesia, rice bran atau dedak digunakan untuk pakan ternak karena nutrisi di dalamnya ternyata sangat tinggi. Sementara sejak lama rice bran oil digunakan sebagai pengganti minyak goreng dan minyak esensial untuk campuran produk kecantikan kulit dan rambut.

Berikut ini manfaat rice bran oil untuk kesehatan maupun kecantikan kulit dan rambut:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Minyak dedak mengandung antioksidan yang sangat kuat yang disebut oryzanol. Zat antioksidan ini bersama zat fitokimia lain adalah nutrisi penting dalam menjaga imunitas tubuh dari serangan kuman penyakit dan patogen lainnya.

2. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kandungan lemak tak jenuh di dalam minyak dedak mampu menurunkan kolesterol jahat. Antioksidan oryzanol di dalam minyak ini meningkatkan produksi asam empedu yang dapat menurunkan kolesterol.

Di saat yang sama, lemak tak jenuh dan oryzanol akan meningkatkan kolesterol baik yang berguna bagi tubuh. Itu sebabnya minyak ini dijadikan sebagai pengganti minyak sawit untuk memasak.

3. Antikanker

Antioksidannya yang tinggi juga menjadikan rice bran oil sebagai bahan makanan super yang dapat mencegah terjadinya sel-sel kanker.

Perpaduan tokoferol, tokotrienol, dan oryzanol bekerja melawan radikal bebas dalam tubuh dan melawan penyakit kronis. Bahkan, jenis antioksidan ini membuat rice bran oil dapat digunakan untuk menyegarkan bau mulut.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan tinggi, omega 3 dan 6, serta lemak tak jenuh pada rice bran oil berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Rice bran oil dapat dikonsumsi langsung, dijadikan campuran salad, maupun digunakan sebagai minyak goreng.

5. Menyuburkan Rambut

Omega 3 dan 6 ternyata juga dapat menyuburkan rambut dan mencegah uban terlalu cepat datang. Cara penggunaannya cukup mudah.

Dalam kondisi belum keramas, oleskan rice bran oil dari kulit kepala hingga ujung rambut. Pijat perlahan kulit kepala agar rice bran oil dapat menyerap dengan sempurna.

Bisa juga dibungkus dengan handuk panas selama 15 menit. Setelah itu, keramas seperti biasa menggunakan shampo dan bilas hingga bersih.

Baca Juga: Minyak Atsiri: Manfaat, Efek Samping, dan Cara Penggunaan

6. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Senyawa squalene, tocotrienol, dan vitamin E di dalam minyak dedak membantu melembutkan dan memperbaiki tekstur kulit. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet, melembapkan, dan mengurangi flek hitam serta kerutan di kulit.

Selain itu, rice bran juga melindungi kulit dari polusi dan radikal bebas penyebab penuaan dini terutama pada kulit kering dan sangat kering.

Minyak ini bahkan dapat digunakan di sekitar mata untuk mengencangkan kulit serta mengurangi mata panda dan kantung mata.

Cara menggunakan rice bran oil untuk wajah sangat mudah, yaitu:

  • Teteskan 3-5 tetes rice bran oil ke telapak tangan yang telah dibersihkan dengan sabun, lalu gosokkan kedua tangan agar suhunya lebih hangat.
  • Tekan dan pijat kulit wajah dengan lembut. Biarkan selama beberapa detik agar minyak lebih menyerap.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan penggunaan moisturizer. Rice bran oil akan berfungsi sebagai tabir surya dan pelindung kulit dari polusi.
  • Tidak perlu menggunakannya setiap hari. Cukup dua hingga tiga kali seminggu.
  • Bagi pemilik kulit normal, rice bran oil dapat digunakan pada malam hari. Pemilik kulit kering harus menggunaknnya pada pagi atau malam hari setelah menggunakan moisturizer.

Rice bran oil juga dapat digunakan sebagai campuran masker atau toner. Cara penggunaannya tidak berbeda dengan cara penggunaan masker atau toner pada umumnya.

Penggunaan rice bran sebagai pengganti body lotion juga akan membuat kulit tubuh lebih lembut dan lembap. Terutama pada bagian lutut, siku, dan tumit yang rawan kulit kasar serta pecah-pecah.

7. Make Up Remover dan Menjaga Kelembapan Kulit

Selain menggunakan micellar water, menghapus make up juga dapat dilakukan dengan menggunakan cleansing oil. Rice bran oil adalah salah satu minyak esensial yang dapat digunakan untuk pembersih wajah.

Manfaat rice bran oil untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sisa make up hingga kotoran penyumbat pori dengan sempurna.

Caranya dengan mengusapkan rice bran oil ke seluruh wajah yang kering, lalu pijat dengan lembut. Minyak ini juga aman digunakan untuk menghilangkan make up di sekitar mata. Setelah dipijat beberapa saat, bilas dengan waslap yang telah dibasahi air.

Kandungan vitamin E dan nutrisi lainnya akan membuat kulit terasa lebih lembut dan tidak tegang seperti setelah memakai produk pembersih lain. Minyak rice bran juga dapat menjaga agar air tidak menguap dari kulit sehingga kulit wajah tetap terasa lembap setelah dibersihkan.

Cara Membuat Minyak Rice Bran Oil Sendiri

Setelah dibersihkan dan dikeringkan, kulit padi diekstraksi untuk menghasilkan minyak esensial. Hasil ekstraksi lalu dimurnikan melalui penguapan untuk menghilangkan pewarna, bau, dan senyawa lilin hingga siap digunakan.

Kamu bisa juga membeli produk minyak esensial khusus untuk kecantikan atau rice bran oil khusus untuk menggoreng di pasaran.

Melihat dari banyaknya manfaat rice bran oil ini untuk kesehatan dan kecantikan, tidak ada salahnya mulai menggunakannya sejak sekarang. Baik sebagai pengganti minyak goreng, bahan perawatan wajah, maupun dikonsumsi langsung. Harga rice bran oil mulai dari Rp78.000 per liter.

 

  1. Van de Walle, Gavin. 2019. 9 Surprising Benefits of Rice Bran Oil. https://www.healthline.com/nutrition/rice-bran-oil. (Diakses pada 16 Desember 2021).
  2. WebMD. 2021. Rice Bran Oil: Is It Good for You? https://www.webmd.com/diet/rice-bran-oil-good-for-you. (Diakses pada 16 Desember 2021).
  3. WebMD. 2021. Rice Bran – Uses, Side Effects, and More. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-852/rice-bran. (Diakses pada 16 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi