Terbit: 23 Juli 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Manfaat ikan air tawar berbagai macam, mulai dari menjaga kesehatan tubuh tetap optimal hingga membantu mengatasi berbagai penyakit kronis. Simak penjelasan lengkap mengenai manfaat hingga jenis ikan apa saja yang termasuk ikan air tawar.

11 Manfaat Ikan Air Tawar bagi Kesehatan Tubuh

Jenis Ikan Air Tawar

Berikut ini adalah berbagai jenis ikan air tawar yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, antara lain:

  • Bawal.
  • Gabus.
  • Gurame.
  • Lele.
  • Emas.
  • Mujair.
  • Nila.
  • Patin.
  • Nilem.
  • Sepat.
  • Tawes.
  • Belut.
  • Baung.

Berbagai Manfaat Ikan Air Tawar

Pada dasarnya, baik itu ikan laut maupun ikan air tawar mengandung berbagai nutrisi yang berguna bagi tubuh. Berbagai manfaat berikut adalah gambaran secara umum (tidak berpatokan hanya pada satu jenis ikan) mengenai khasiat ikan yang umumnya hidup di sungai dan danau ini.

Berikut adalah manfaat ikan air tawar bagi kesehatan, di antaranya:

1. Mendukung Pertumbuhan Otak Janin

Salah satu zat yang mendukung pertumbuhan otak adalah minyak ikan di dalam ikan bawal. Manfaat ikan air tawar untuk ibu hamil ini dipengaruhi oleh kandungan docosahexanoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA), salah satu senyawa asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan organ tubuh anak sejak dalam kandungan, khususnya otak dan mata.

2. Mencegah Stroke

Manfaat ikan bawal air tawar tidak hanya berguna untuk ibu hamil, tetapi juga berguna untuk mencegah penyakit tertentu, salah satunya adalah stroke. Kandungan omega-3 yang ada di dalamnya mampu menurunkan stroke emulsion hingga 21 % dan menurunkan keparahan stroke hingga 50%. Selain itu, asam lemak omega-3 juga mampu meningkatkan fungsi sel-sel otak dan mengurangi peradangan saraf.

3. Mengontrol Kadar Kolesterol Tubuh

Penumpukan kolesterol karena lemak jenuh pada makanan bisa terus meningkat seiring dengan berkembangnya zaman. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengendalian dengan mengonsumsi makanan yang dapat mengikat kolesterol. Salah satu makanan tersebut adalah ikan bawal.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat ikan air tawar berikut jarang disadari banyak orang adalah kemampuannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan calsitriol dalam vitamin D dari ikan bawal juga dapat berfungsi sebagai modulator sistem imun. Nutrisi ini sangat cocok untuk Anda yang mudah terserang flu, batuk, atau bahkan sakit kepala.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu cara termudah menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengonsumsi ikan air tawar. Kandungan vitamin A yang umum terdapat pada ikan ini membantu menghilangkan racun dan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Selain itu, vitamin ini juga menjaga kulit tetap lembut dan kenyal dengan mempertahankan kelembapan, mencegah kekeringan, dan mencegah kondisi kulit seperti psoriasis.

Selain itu, kandungan vitamin D yang ada di dalam ikan air tawar juga membantu meremajakan kulit sehingga membuatnya terlihat lebih sehat dan segar.

Baca Juga: 10 Jenis Ikan Laut dan Manfaatnya untuk Kesehatan

6. Mengurangi Risiko Demensia

Bagi Anda yang mampu mengonsumsi ikan setiap hari, pola diet ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko terkena demensia seperti Alzheimer. Penyakit ini mampu merusak sel-sel otak sehingga membuat penderitanya mengalami penurunan daya ingat yang parah.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi ikan air tawar karena kandungan omega-3 di dalamnya (DHA dan EPA).  Nutrisi ini dapat membantu merangsang jaringan dan sel otak.

7. Mencegah Kanker

Selenium adalah mineral yang berperan dalam pencegahan kanker, penyakit jantung, penurunan kognitif, dan penyakit tiroid. Meskipun Anda hanya membutuhkan sedikit selenium, hal itu penting untuk berbagai fungsi tubuh. Ikan ini adalah sumber mineral yang sangat baik, karena satu fillet nila mencakup 88% dari nilai selenium harian.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak manfaat kesehatan dari makan ikan air tawar karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Lemak tak jenuh ini bermanfaat bagi kesehatan jantung dalam berbagai cara, termasuk:

  • Mengurangi pembekuan darah.
  • Menurunkan kolesterol.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Mengurangi risiko stroke dan gagal jantung.
  • Mengurangi detak jantung tidak teratur (aritmia).

Manfaat ikan air tawar seperti nila memberi Anda lebih banyak lemak omega-3 daripada daging sapi, babi, ayam, atau kalkun.

9. Meningkatkan Kesehatan Kekuatan tulang

Ikan nila memiliki banyak nutrisi untuk membuat dan memelihara tulang, seperti kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor. Konsumsi ikan ini adalah salah satu cara yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang.

10. Memenuhi Kebutuhan Protein Tubuh

Protein yang terdapat pada ikan air tawar bertanggung jawab untuk membangun dan memperbaiki jaringan dan otot, serta berfungsi sebagai blok bangunan untuk banyak hormon, enzim, dan molekul lainnya.

Satu porsi 3,5 ons (100 gram) ikan lele menyediakan 32–39% kebutuhan protein harian Anda hanya dalam 105 kalori. Sebagai perbandingan, porsi salmon yang sama menyediakan sekitar setengah dari kebutuhan protein harian tetapi lebih dari 230 kalori.

Sumber protein padat nutrisi seperti ikan lele dapat membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang. Ikan ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk orang-orang yang memperhatikan jumlah kalori tetapi ingin memastikan tetap mendapatkan nutrisi yang cukup.

Baca Juga: 9 Manfaat Minyak Ikan Kod bagi Kesehatan

11. Mengatasi Anemia

Satu porsi 3,5 ons (100 gram) ikan lele menawarkan hingga 121 % kebutuhan harian untuk vitamin B12. Saat tingkat vitamin B12 tercukupi dengan baik, beberapa manfaat kesehatan potensial yang bisa didapatkan adalah meningkatkan kesehatan mental, menjaga kesehatan jantung, dan mengatasi anemia.

Vitamin B12 sangat penting untuk pembentukan DNA dalam tubuh. Vitamin ini sangat penting untuk proses pembelahan sel. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan seseorang mengalami anemia megaloblastik. Meskipun demikian, studi lebih lanjut diperlukan untuk klaim manfaat ini.

Nah, itulah berbagai manfaat ikan air tawar yang berguna bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat!

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. Health Benefits of Tilapia. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-tilapia#1. (Diakses pada 23 Juli 2021).
  2. Anonim. 30 Health Benefits of Pomfret Fish (Research-Based). https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fish/health-benefits-of-pomfret-fish. (Diakses pada 23 Juli 2021).
  3. Anonim. Health benefits and facts of Eel fish. https://www.healthbenefitstimes.com/eel-fish/. (Diakses pada 23 Juli 2021).
  4. Snyder, Cecilia. 2021. Is Catfish Healthy? Nutrients, Benefits, and More. https://www.healthline.com/nutrition/is-catfish-healthy. (Diakses pada 23 Juli 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi