Terbit: 25 May 2018 | Diperbarui: 31 May 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Pernahkah Anda mendengar tentang kurma muda? Kurma yang belakangan ini mulai populer karena dianggap bisa membantu meningkatkan kesuburan pasangan suami istri agar bisa segera mendapatkan keturunan ini, kian banyak diburu. Kira-kira benarkah kurma muda lebih sehat dari kurma biasa?

Kurma Muda Lagi Hits, Benarkah Lebih Sehat dari Kurma Biasa?

Kurma tentu sudah terkenal dengan berbagai kandungan gizi dan manfaatnya untuk kesehatan ya. Kurma sendiri memiliki beragam varian dan ternyata tingkat kematangan kurma saat disajikan memengaruhi kandungan gizinya juga, lho.

Apa itu buah kurma muda?

Kurma muda merupakan buah kurma yang masih segar dan tidak dikeringkan. Berbeda dengan buah kurma yang biasa dikenal, buah kurma segar ini tersedia dalam berbagai warna yaitu hijau, kuning atau merah.

Meskipun sama-sama memiliki rasa manis, rasa yang dihasilkan oleh kurma muda disebut tidak semanis buah kurma yang sudah dikeringkan. Pada kurma muda rasa sepat atau asam masih bisa dirasakan.

Lalu, bagaimana dengan kandungan gizi yang ada pada buah kurma muda?

Jenis kandungan gizi yang ada pada buah kurma muda maupun kurma biasa sebenarnya sama, namun yang membedakan adalah jumlah kandungan gizinya. Untuk itu yuk kita simak, apa saja sih kandungan gizi yang ada pada buah kurma muda, di bawah ini:

1. Total kalori yang ada pada kurma muda lebih rendah daripada kurma biasa

Dilansir dari Livestrong.com, kurma muda dinilai memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kurma biasa.

Hal ini terjadi karena pada kurma yang telah dikeringkan tingkat kematangannya lebih tinggi sehingga berbagai zat dan hormon telah terbentuk sempurna.

Pada kurma muda kandungan kalori lebih rendah karena dikonsumsi saat buah masih dalam bentuk segar dan tidak dikeringkan.

Dalam 1-2 buah kurma muda seukuran ibu jari orang dewasa, terdapat 70 kalori, sehingga dengan mengonsumsi buah kurma tersebut, jika kebutuhan kalori harian tubuh adalah 2150 kkal maka telah terpenuhi sebesar 3,5%.

2. Kandungan gizi

Kandungan gizi yang ada pada buah kurma muda hampir sama dengan buah kurma biasa, dimana kandungan gizi terbesarnya diperoleh dari zat gizi karbohidrat.

Dalam 100 gram buah kurma segar kandungan karbohidratnya cenderung lebih rendah dibandingkan dengan buah karbohidrat biasa, yaitu di bawah 73-75 gram karbohidrat.

Selain itu, jenis kandungan gizi keseluruhanya sama dengan kurma yang biasa yaitu meliputi, protein, serat, lemak, vitamin B, vitamin C dan vitamin K.

Perbedaan yang mendasar adalah secara umum jumlah kandungan gizi yang ada pada kurma muda cenderung lebih rendah dari kurma biasa.

3. Lebih tinggi antioksidan

Satu hal yang menjadikan kurma muda unggul adalah kandungan antioksidannya yang disebut lebih tinggi. Hal ini tentu wajar karena buah yang masih segar kandungan antioksidannya masih alami dan ada dalam jumlah banyak.

Berbeda dengan kandungan antioksidan pada buah atau makanan yang diolah seperti dikalengkan atau dikeringkan, yang cenderung akan lebih rendah.

Nah, itu dia kandungan gizi yang ada pada buah kurma muda. Lalu apakah buah kurma muda menjadi lebih sehat?

Dengan melihat kandungan gizi yang ada pada masing-masing jenis kurma, maka tentu keduanya sama baiknya ya.

Kita bisa memanfaatkan kurma muda untuk mendapatkan kandungan kalori yang lebih rendah serta antioksidannya yang tinggi.

Sedangkan, kita bisa pula mendapatkan kandungan gizi lengkap yang ada pada buah kurma biasa yang telah dikeringkan. Konsumsi keduanya sebagai variasi pilihan kurma tentu akan membuat asupan gizi dalam tubuh kita saling melengkapi, ‘kan?


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi