Terbit: 28 Agustus 2018 | Diperbarui: 3 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Apakah Anda sering merasa lapar di tengah malam? Rasa lapar di tengah malam memang seakan sulit untuk di lawan, ya.

4 Kebiasaan Ini Sebabkan Tubuh Jadi Lapar Tengah Malam!

Meskipun kerap dianggap hal yang wajar, namun mengonsumsi makanan di tengah malam bukanlah suatu kebiasaan yang tepat.

Makan di tengah malam biasanya identik dengan munculnya rasa craving sehingga pilihan makanan saat makan tengah malam adalah pilihan makanan yang banyak mengandung lemak, gula dan garam.

Hal tersebut tentu berbahaya untuk tubuh. Apalagi di tengah malam metabolisme tubuh yang seharusnya beristirahat jadi dipaksa bekerja lebih keras.

Bukan tidak mungkin kebiasaan makan di tengah malam akan meningkatkan berbagai bahaya untuk kesehatan tubuh, mulai dari gangguan pencernaan di pagi hari hingga peningkatan simpanan lemak dalam tubuh yang mengarah ke obesitas dan penyakit jantung.

Untuk itu munculnya rasa lapar di tengah malam haruslah dicegah.

Beberapa kebiasaan-kebiasaan di bawah ini ternyata merupakan penyebab tubuh menjadi lebih sering merasa lapar di tengah malam.

Agar bisa menghindarinya, yuk sama-sama kita simak kebiasaan apa saja yang menyebabkan tubuh jadi lapar saat tengah malam, di bawah ini!

1. Melewatkan waktu makan siang

Diet-terkenal-tak-turunkan-BB-doktersehat-1Melewatkan waktu makan siang berarti membiarkan tubuh kelaparan karena kehilangan 20-25% kebutuhan energi harian.

Meskipun Anda beranggapan dapat menggantikan kebutuhan makan saat makan malam, nyatanya hal ini tetap membuat tubuh lapar, karena persentase pemenuhan kebutuhan energi harian tidak tercukupi.

Tips: Usahakan untuk teratur menerapkan waktu makan utama. Kebiasaan makan 3 kali sehari, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam dengan jeda 5-6 jam antar waktu makan merupakan kebiasaan makan yang baik dan membuat tubuh mampu memenuhi kebutuhan gizi harian dengan optimal.

Agar makan siang bisa teratur, Anda bisa membawa bekal makan siang atau menyediakan waktu lebih untuk menyempatkan makan.

2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat dan lemak saat makan malam

doktersehat-nasi-mie-roti-puasa

Photo Credit: Flickr.com/Rishab Mathur

Banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat dan berlemak saat makan malam, bukannya membuat kenyang justru membuat tubuh menjadi mudah lapar di tengah malam. Mengapa?

Karbohidrat, utamanya karbohidrat sederhana, dapat memengaruhi kadar gula darah dengan cepat, sehingga tubuh bisa merasa kenyang namun kemudian cepat lapar lagi.

Sedangkan makanan berlemak cenderung memiliki rasa yang gurih sehingga dapat meningkatkan nafsu makan di tengah malam.

Tips: Konsumsi makan malam dengan komposisi gizi yang seimbang. Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan berprotein dan berserat saat makan malam.

3. Ngemil makanan kemasan berdekatan dengan waktu tidur


Ngemil makanan yang banyak mengandung lemak, gula, garam, atau bahan pengawet, hanya membuat tubuh kenyang sesaat dan membuat nafsu makan menjadi lebih besar.

Jika dilakukan sebelum tidur, maka tubuh akan cenderung lapar di tengah malam.

Hindari kebiasaan ini, sebaiknya makanan atau minuman baik utama maupun camilan dikonsumsi paling lama 1-2 jam sebelum tidur. Hal ini bertujuan agar tubuh bisa memetabolisme makanan tersebut dengan optimal dan tidak memberatkan kerja tubuh.

4. Begadang

doktersehat-begadang
Begadang tanpa melakukan aktivitas yang penting untuk dikerjakan, merupakan salah satu penyebab tubuh menjadi sering merasa lapar di malam hari.

Tubuh yang lebih lama aktif akan membuat kebutuhan energi semakin meningkat. Hal ini tentu membuat tubuh merasa lapar saat malam hari, apalagi jika saat begadang Anda melakukan hal yang menguras otak atau tenaga.

Tips: Sebisa mungkin tidur sesuai jadwal. Hindari begadang jika memang tidak ada hal yang mendesak. Usahakan tidak kehilangan kuantitas tidur yaitu minimal 7-8 jam agar tubuh Anda bisa beristirahat dengan optimal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi