Terbit: 30 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Penderita asam urat harus pintar memilih buah-buahan, karena tidak semua jenis buah aman bagi penderita penyakit ini. Lantas, buah apa saja yang bagus untuk asam urat? Simak selengkapnya di bawah ini!

10 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Buah yang Bagus untuk Penderita Asam Urat

Konsumsi buah tertentu dengan kandungan purin yang rendah bisa membantu mengurangi jumlah asam urat dalam tubuh. Saat kadar asam urat berkurang berarti hal tersebut mencegah pembentukan kristal yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan di persendian.

Berikut ini berbagai macam buah yang baik dikonsumsi penderita asam urat, di antaranya:

1. Jeruk

Kandungan jeruk yang kaya akan vitamin C, asam sitrat, dan antioksidan dapat membantu melawan peradangan, termasuk yang disebabkan oleh serangan asam urat.

Jika dikonsumsi secara teratur, rasa nyeri akibat serangan penyakit ini pun bisa diatasi dengan efektif.

Anda dapat mengonsumsi air perasan jeruk nipis hangat setiap pagi atau sebelum tidur untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal. Jenis jeruk yang baik untuk asam urat termasuk lemon dan grapefruit.

2. Apel

Buah apel mampu meningkatkan laju metabolisme sekaligus membantu peluruhan kelebihan zat asam urat di dalam darah. Itu artinya risiko terkena serangan asam urat akan menurun dengan signifikan.

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam apel juga dipercaya mampu mengatasi peradangan dan gejala nyeri yang disebabkan oleh asam urat.

3. Stroberi

Buah dengan kombinasi rasa manis dan asam ini juga direkomendasikan untuk  penderita asam urat.

Buah stroberi mengandung antioksidan dan antiperadangan yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang akhirnya bisa membantu menurunkan rasa nyeri yang disebabkan oleh serangan asam urat.

Buah dari keluarga berry lainnya seperti blueberry dan raspberry juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita asam urat jika ingin mengatasi nyeri yang muncul

Baca Juga: Nilai Kadar Asam Urat Normal hingga Cara Mempertahankannya (Alami)

4. Pisang

Buah yang bisa mengenyangkan perut dan melancarkan pencernaan ini juga bisa membantu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh serangan asam urat.

Hal tersebut karena kandungan kalium di dalamnya yang cukup tinggi. Kalium bisa membantu peradangan dan sensasi nyeri akibat asam urat.

5. Delima

Buah berwarna merah ini juga bisa membantu meredakan nyeri akibat asam urat, lho!. Hal ini karena tingginya kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah delima juga bisa dijadikan jus yang menyegarkan.

6. Ceri

Pigmen yang memberi warna merah tua pada ceri disebut anthocyanin. Senyawa yang berguna sebagai antioksidan ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis and Rhemotology menemukan bahwa, orang yang mengonsumsi ceri memiliki risiko serangan asam urat lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Dengan mengurangi peradangan, buah ceri juga mampu mencegah asam urat mengkristal dan mengendap di persendian; yang merupakan penyebab utama asam urat.

7. Alpukat

Selain mengandung lemak sehat, vitamin, dan mineral, buah alpukat memiliki tinggi antioksidan dapat memperbaiki gejala asam urat dengan mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas di tubuh.

Buah alpukat juga kaya akan vitamin E, antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi serangan asam urat.

8. Pepaya

Pepaya diketahui mengandung papain, enzim yang merupakan antiinflamasi alami. Itu artinya, pepaya termasuk buah untuk  penderita asam urat.

Buah pepaya juga tinggi kandungan vitamin C yang dapat memberikan perlindungan bagi tubuh, termasuk asam urat.

Baca Juga: 10 Penyebab Asam Urat yang Wajib Anda Kenali

9. Nanas

Buah nanas juga dapat membantu mencegah serangan asam urat dan mengurangi intensitas gejala asam urat.

Nanas kaya akan vitamin, enzim, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi dan senyawa ini bahkan dapat mengurangi gejala asam urat, antara lain folat, serat, bromelain, dan vitamin C.

10. Kiwi

Buah kiwi menawarkan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh, salah satunya membantu menjaga kadar asam urat. Ini karena buah kiwi kaya akan potasium, folat, vitamin C, dan vitamin E.

Kandungan vitamin C termasuk dalam kelompok antioksidan yang dapat membantu mencegah penumpukan asam urat.

Nah, itulah berbagai macam jenis buah yang baik untuk penderita asam urat. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2021. Best (and Worst) Foods for Gout. https://www.webmd.com/arthritis/ss/slideshow-gout-diet. (Diakses pada 29 November 2022)
  2. Anonim. 2022. Gout Low Purine Diet. https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/22548-gout-low-purine-diet. (Diakses pada 29 November 2022)
  3. Chandler, Brynne. 2017. How to Use Papaya in Treating Gout Disease. https://healthfully.com/498005-how-to-eat-cherimoya.html. (Diakses pada 29 November 2022)
  4. Cirino, Erica. 2019. Can Eating Pineapple Help Treat Gout Flare-Ups?. https://www.healthline.com/health/gout/pineapple-and-gout. (Diakses pada 29 November 2022)
  5. Cronkleton, Emily. 2021. Is Avocado Part of a Healthy Diet for Gout?. https://www.healthline.com/health/gout/avocado-and-gout. (Diakses pada 29 November 2022)
  6. Gupta, Shreya. 2020. Struggling with high uric acid? These 6 foods can help lower levels naturally. https://www.healthshots.com/healthy-eating/superfoods/6-foods-for-high-uric-acid-that-can-help-lower-levels-naturally/. (Diakses pada 29 November 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi